cinta indonesia cinta batik




batik saat ini merupakan pakaian yang banyak dipakai bahkan di beberapa kantor mewajibkan
memakai batik setiap hari jumat. padahal sebelumnya batik sering dianggap pakaian yang ketinggalan jaman namun semenjak pertengahan tahun 2009 ketika batik akan diklaim oleh Malaysia orang mulai banyak menggunakan batik dan puncaknya ketika UNICEF mengesahkan bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia maka pamor batik dimata masyarakat pun mulai menaik dan banyak desainer muda yang menggunakan batik sebagai bagian dari desainnya yang lebih casual, dan bisa digunakan dalam berbagai acara baik formal maupun santai.

Pengalaman saya menggunakan batik awalnya digunakan untuk acara resmi atau kondangan namun 2 atau 3 tahun terakhir banyak modifikasi batik yang didesain lebih santai untuk remaja atau dewasa misalnya rok, atasan, rompi, kemeja, dll.  saya sendiri membeli batik berupa atasan dan dress untuk acara yang lebih resmi.
saya pribadi lebih merasa percaya diri dan bangga jika menggunakan batik karena telah mendukung produk Indonesia dan desain batik yang kaya motif membuat identitas orang Indonesia lebih kelihatan.

Di Indonesia sendiri ada beberapa buku yang mengulas tentang batik yang bisa dijadikan referensi generasi
muda antara lain :  buku "Teknik dan Ragam Hias Batik Yogya dan Solo" karangan Sri Soedewi Samsi, 
buku  Batikku, Pengabdian Cinta Tak Berkata karangan  Ibu Negara Ani Yudhoyono, dan The 20th Century Batik Masterpieces karangan Tumbu Ramelan. (sumber:http://www.tempo.co/read/news/2011/04/11/109326670/Buku-buku-Penguat-Sejarah-Batik)




selain buku tentang batik ada juga museum batik yang dapat dikunjungi orang Indonesia dan orang asing sebagai bukti warisan budaya Indonesia serta workshop pembuatan batik pada museum Batik Danar Hadi. dengan adanya museum ini saya dan masyarakat Indonesia lainnya bisa lebih mengenal tentang sejarah , pembuatan batik dan corak yang ada pada batik sehingga bisa lebih bangga terhadap batik. (sumber: http://www.houseofdanarhadi.com/workshop.php)





Kecintaan terhadap batik juga mendorong sutradara muda Nia Dinata membuat film dokumenter tentang batik, sebelum membuat film ini ia membuat riset tentang batik di beberapa kota di pulau Jawa yaitu : Cirebon, solo, Jogja, Pekalongan, Madura Lasem . film yang berjudul Batik: Our Love Story" ini menceritakan masalah yang dihadapi oleh pengrajin batik yaitu regenerasi. diharapkan dengan adanya film ini generasi muda memiliki keinginan untuk menekuni usaha batik dan melestarikan budaya membuat batik.
(sumber: http://female.kompas.com/read/2011/10/01/07011024/Cerita.Perempuan.di.Balik.Kain.Batik?utm_source=WP&utm_medium=Ktpidx&utm_campaign=)

selain dengan riset dan pembuatan film dokumenter batik, penggunaan teknologi dalam memasarkan batik dapat juga memasyarakatkan batik secara luas dengan adanya toko batik  www.berbatik.com secara online. dengan adanya pemasaran batik online  www.berbatik.com maka masyarakat dapat merasakan kemudahan dalam bertransaksi pembelian baju batik. dengan membuka website berbatik  www.berbatik.com maka masyarakat dapat berbelanja  www.berbatik.com secara online   www.berbatik.com dengan melihat model batik dan ukuran yang sesuai kemudian memesannya. dengan adanya website  www.berbatik.com maka butik batik  www.berbatik.com menjadi mudah diakses dimana pun dan kapan pun.

Sekarang membeli batik dapat menjadi lebih mudah dan praktis serta membantu pengrajin batik untuk memasarkan produknya secara cepat dan murah kepada masyarakat umum. saya merasa senang dengan adanya kehadiran toko batik online dan saya berharap toko batik online dapat meningkatkan kesejahteraan pengrajin batik di daerah dan membuat generasi muda Indonesia lebih mencintai batik dan menghargai proses pembuatan batik








Comments

  1. OOOOOO...Ada filmnya juga to...kayak

    http://amir-silangit.blogspot.com/2013/01/batik-warisan-budaya-yang-harus-di-jaga.html

    Komen balik ya ?
    Thanks.

    ReplyDelete
  2. adalah makanya wajib nonton biar pada tau :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Kulit Sehat Dan Bersinar Dengan Bahan Alami Gizi Super Cream