kelas inspirasi : bangun mimpi anak indonesia

di bulan januari sewaktu saya membaca artikel kelas inspirasi di koran nasional saya langsung merasa
wah keren sekali program ini dan besoknya saya langsung mendaftar di websitenya kelasinspirasi.org di hari terakhir dan sore hari.

saya sebetulnya berharap bisa diterima dan menjadi bagian dari program yang menurut saya
akan memberikan dampak luas bagi masyarakat namun jika tidak diterima juga tidak masalah bagi saya.

namun saat pengumuman tiba saya sangat kaget dan senang ternyata bisa kepilih menjadi pengajar
dalam kelas inspirasi dan tidak sabar untuk segera membaca modul serta datang saat brifing kelas inspirasi

 di gedung indosat 9 februari 2013. dan diluar dugaan saya banyak sekali orang yang datang dengan semangat dan suasana gembira yang membuat saya salut dengan panitia dengan kerja keras mereka.







setelah brifing di gedung indosat dibagilah kelompok dengan anggota antara 8-14 orang dan akan mendapatkan 1 sekolah di berbagai lokasi di jakarta. saya kebagian kelompok 44 dengan lokasi sekolah di sd menteng atas 01 jakarta. setelah rapat dengan kelompok yang lain maka diputuskan survey dilakukan tanggal 14 februari 2013 jam 11-13 pas hari valentine. Malamnya sebagian ngumpul alias rapat buat pembagian kelas dan tugas di grand indonesia di restoran Carls Jr




setelah rapat di malam valentine's day kita saling kontak via email atau whatsup dan tibalah hari H tanggal 20 februari 2013 hari rabu untuk mengajar di kelas yang sudah dibagi :) deg-degan banget menuju kelas dan walaupun datang agak telat tapi masih sempet buat upacara bareng dipagi hari dan berdoa bersama sebelum mulai mengajar :)






dan ternyata pas hari H antusiasme anak-anak luar biasa semangat dan mereka sangat aktif menjawab setiap pertanyaan dan waktu 50 menit tidak terasa begitu cepat dan suara , tenaga , dan pikiran terkuras habis walau mengajar 3 kelas yang berbeda. karena jumlah anak di kelas cukup banyak dan mereka sangat aktif
dan semangat menjawab setiap pertanyaan maka suara dan tenaga terasa berkurang banyak.
siangnya ketika makan bersama para guru para relawan pengajar tampak lahap memakan makan siang
karena merasa lapar dan lelah sekaligus senang :). kami para relawan salut kepada para guru yang telah berdedikasi mengajar selama puluhan tahun dan tidak pernah mengeluh sedikitpun malah merasa enjoy :)

setelah mengajar 3 hari kemudian diadakan refleksi atau renungan dari apa yang telah diajarkan di auditorium plaza mandiri lt 3. di refleksi ini dibagi kelompok lagi untuk memmbahas apakah jika memiliki anak bersedia disekolahkan di tempat relawan mengajar serta hal apa yang patut disyukuri dari tanggal kita mengajar kemarin






setelah dirundingkan kelompok kami memutuskan untuk tidak menyekolahkan di sekolah tersebut karena ingin adanya pemerataan kesempatan dengan anak orang mampu sekolah di swasta maka anak yang kurang mampu akan diterima di sekolah negeri dan pemerintah akan meningkatkan kualitas di sekolah negeri sehingga anak yang kurang mampu dapat merasakan kualitas di sekolah negri dengan layak.

begitulah rangkaian acara kelas inspirasi dari brifing, acara mengajar hingga refleksi diadakan banyak orang
merasa positif dan mulai perduli dengan pendidikan di sekitar mereka dan pesan yang ingin disampaikan ialah bahwa kita dapat menjadi solusi atas masalah pendidikan dengan turut andil dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.

semoga acara ini dapat terus diadakan bahkan setahun 2 atau 3 kali dan di setiap kota di Indonesia agar semua anak dapat bermimpi dan bekerja meraih cita-cita setinggi mungkin. dan pemerataan pendidikan dapat terwujud dari sabang sampai merauke

Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Kulit Sehat Dan Bersinar Dengan Bahan Alami Gizi Super Cream