ulasan film 99 cahaya di langit eropa

Dua minggu yang lalu saya dan teman saya akhirnya bisa memiliki kesempatan menonton film 99 cahaya di langit Eropa. film yang sudah lama ingin saya tonton karena setelah saya baca resensinya di internet memuat tentang sejarah dan peradaban Islam di benua Eropa.
Alasan itulah yang membuat saya tertarik menonto film ini apalagi cerita ini didalamnya terdapat pelajaran sejarah yang belum banyak diketahui orang dan diambil dari kisah nyata putri Amien Rais.



Film diawali dari keseharian Hanum dan Rangga yang tengah melanjutkan kuliah di Austria. Dimana Islam menjadi agama minoritas dan dipandang sebelah mata oleh orang Eropa. Tinggal di benua Eropa tidaklah seenak yang kita bayangkan selama ini. Mencari makanan halal, menjalankan sholat di ruangan kecil, bahkan jadwal ujian yang bentrok dengan sholat jumat merupakan ujian yang dihadapi umat Islam di Eropa.

Pertemuan Hanum dengan Fatma Pasha yang mengajarkan tentang kedamaian Islam dan bagaimana bersikap ketika Islam diremehkan oleh orang Eropa. hal yang sangat mengena di saya ialah Islam bukan kekerasan atau pedang tapi Islam adalah perdamaian dan kreatifitas.Hal lainnya yang mengundang simpati adalah ketika putri Fatma diolok-olok teman sekolahnya karena mengenakan jilbab dan gurunya malah menganjurkan untuk melepaskan jilbab agar tidak diolok-olok oleh teman sekolahnya.

Perjalanan berlanjut ke Paris ketika Hanum menemani suaminya mengikuti konferensi di Paris dan bertemu Marion Latimer seorang ilmuwan World Institute di Paris. Hanum menemukan banyak fakta antara lain Napoleon Bonaparte adalah seorang muslim dan Eropa berhutang banyak pada Islam karena berkat Islamlah peradaban Eropa menjadi besar dan maju.

Di akhir cerita Hanum merasa terkejut dan terharu ketika mengetahui bahwa putri Fatma mengidap penyakit kanker yang ganas dan memiliki hati yang besar ketika menghadapi masalah. dan Hanum serta saya makin merasa bangga akan Islam dan ingin mempelajari Islam lebih dalam lagi.

Bulan Maret atau April 2014 kelanjutan film ini akan ditayangkan di bioskop dimana akan menjelajah Spanyol untuk menjelajah jejak Islam di Eropa. semoga saya masih berkesempatan menonton kelanjutan film ini.

Comments

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan