Lingkungan Milik Kita Bersama

Sebagai makhluk hidup ciptaan Tuhan YME yang tidak dapat hidup sendiri manusia membutuhkan makhluk hidup lainnya seperti tanaman dan hewan serta segala sesuatu yang ada di alam semesta seperti air, udara, sinar matahari, dll. Namun sayangnya tindakan manusia terhadap lingkungan dalam beberapa hal sudah masuk dalam kondisi parah seperti membuang sampah sembarangan, membakar hutan untuk membuka perkebunan kelapa sawit, menangkap ikan dengan bahan peledak, mengkonsumsi sirip ikan hiu dsb.

Rusaknya lingkungan sebagian besar disebabkan ulah manusia yang hanya memikirkan diri sendiri untuk memperoleh keuntungan besar tanpa memikirkan kelangsungan hidup lingkungan di masa yang akan datang. Padahal Tuhan sudah menciptakan alam beserta isinya untuk dijaga dan dirawat untuk masa depan anak cucu kita sayangnya masih banyak orang yang tidak memperdulikan hal itu sehingga wajar jika banyak terjadi bencana alam seperti banjir, kabut asap,tanah longsor dan lainnya.

Bencana alam yang terjadi baru-baru ini di Indonesia harusnya membuat manusia belajar untuk menghargai lingkungan agar menjaga dan merawat bukan sekedar mengeksploitasi untuk keuntungan sesaat. lebih baik masyarakat dan pemerintah saling mendukung dalam program pembangunan yang berkesinambungan dengan lingkungan karena kalau saling menyalahkan tidak akan memecahkan masalah.

Saya sebagai masyarakat atau bagian dari alam semesta bisa memulai dari hal kecil di lingkungan sekitar yang nantinya bisa menjadi membesar dan mempengaruhi banyak orang. Sebagai orang yang hobi menulis dan memiliki blog salah satu hal yang bisa saya lakukan yaitu dengan menulis dan mengajak orang lain berbuat positif untuk mencegah kerusakan lingkungan yang ada. Berawal dari blog namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh akan dapat menjadi gerakan positif yang dapat merubah banyak hal di sekitar kita.

Beberapa hal yang sudah saya lakukan dan akan saya lakukan dalam menjaga lingkungan antara lain :

a. membawa tempat minum sendiri atau tumbler dimanapun dan kapanpun
09ad7c9cca9fbdd5b232088ca2c27d45_ecobottle
dengan membawa tempat minum sendiri dimanapun dan kapanpun dapat mengurangi penggunaan botol plastik dan juga sampah plastik. mengingat sampah plastik tidak dapat terurai dan seringkali sampah plastik dibuang ke sungai maka salah satu cara sederhana yang dapat kita lakukan ialah membawa tempat minum sendiri dan mengisi ulang ketika mengunjungi restoran atau rumah makan.

b. menggunakan transportasi umum
https://www.google.com/search?q=transportasi+umum&hl=id&site=imghp&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=CNUuU7qGF8mCiQen7YGADg&ved=0CAcQ_AUoAQ&biw=1360&bih=641#hl=id&q=aptb+bogor+blok+m&tbm=isch&facrc=_&imgdii=_&imgrc=xkqVT49lDVfQNM%253A%3BwTch_F_qv6wBjM%3Bhttp%253A%252F%252Fstatik.tempo.co%252Fdata%252F2012%252F10%252F04%252Fid_143425%252F143425_620.jpg%3Bhttp%253A%252F%252Fwww.tempo.co%252Fread%252Fnews%252F2013%252F09%252F23%252F083515874%252FIni-Rute-Tambahan-Bus-APTB-Integrasi-Busway%3B620%3B354
karena saya tinggal di Jakarta dan belum mempunyai kendaraan sendiri maka saya sering menggunakan transportasi umum ketika bepergian seperti kereta rel listrik, transjakarta, kopaja, metro mini, angkutan umum dan yang terbaru adalah bis angkutan perbatasan terintegrasi busway atau yang biasa disebut aptb. dengan menggunakan kendaraan umum maka kita dapat mengurangi polusi udara di Jakarta dan mengurangi kemacetan yang ada di Jakarta. asap kendaraan pribadi yang terlalu banyak di jalan dapat membuat polusi udara sehingga menyebabkan penyakit pernafasan dan binatang seperti burung mengalami kepunahan.

c. membuang sampah pada tempatnya
82a89fd061d81af61d714fa690c9c19c_buang-sampah
hal yang satu ini kelihatannya sepele namun masih banyak dijumpai masyarakat yang buang sampah seenaknya entah di angkutan umum, di jalan raya, di sungai, di pantai, di gunung dan di tempat lainnya . padahal semua orang sudah tahu akibat membuang sampah sembarangan namun banyak yang kurang perduli akan akibatnya. menumpuknya sampah di sungai serta di pantai membuat orang enggan berkunjung ke obyek wisata karena kotor dan kumuh dan membuat kerusakan lingkungan yang parah sehingga tangkapan ikan nelayan menurun karena tercemarnya laut oleh sampah.

d. membawa tas kain ketika berbelanja di supermarket
c250f8704f32defa262b4672d069f352_tas-daur-ulang
ketika berbelanja di supermarket atau pusat perbelanjaan saya mengakui masih sering menggunakan kantong plastik. namun ketika beberapa tahun belakangan muncul gerakan untuk mengurangi sampah plastik salah satunya tas plastik maka saya berniat untuk membawa tas belanjaan sendiri yang bisa didaur ulang yang terbuat dari kain atau bahan bekas yang tidak terpakai lagi. ini adalah salah satu upaya masyarakat untuk mengurangi sampah plastik yang bisa dimulai saat ini juga tanpa harus menunggu peraturan dari pemerintah

e. mengikuti kegiatan sosial berupa membersihkan jalanan dari sampah


4a600eb1288ef1e542d255eb3a9290ea_goodlife
29cfaef4eb81c981ede4856d4fe60443_good-2
sejak tahun 2012 saya tergabung dalam komunitas goodlife society yang salah satu kegiatan rutin setiap bulannya ialah bersihkan jalan sehatkan badan dimana di hari minggu kami biasana berkumpul di depan fx jam 7 pagi kemudian berjalan hingga bunderan hi sambil memunguti sampah yang ada di sepanjang jalan sudirman baik itu di trotoar , di taman dan pinggir jalan. melalui kegiatan ini kami ingin mengajak masyarakat luas untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya melalui kegiatan yang menyenangkan tanpa menggurui.

itu adalah beberapa tindakan yang sudah dan akan saya lakukan untuk memberikan kembali apa yang sudah saya dapat dari alam semesta walaupun masih banyak kegiatan lainnya yang bisa kita lakukan seperti mematikan air dan listrik ketika tidak digunakan, menghindari makanan berupa sup sirip hiu, menangkap ikan dengan cara yang aman, berpartisipasi dalam kegiatan earth hour dari wwf dengan mematikan lampu selama satu jam.

selain itu apabila pemerintah membuat kebijakan yang kurang tepat kita sebagai warga negara berhak untuk mengkritik dengan cara yang damai seperti mengirimkan petisi online atau memberikan masukan kepada anggota dewan perwakilan rakyat agar merubah keputusan yang salah berkaitan dengan lingkungan.

sekian tulisan di blog saya semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi orang lain untuk lebih perduli terhadap lingkungan.

Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba