Posts

Showing posts from July, 2014

Hari yang dinanti Hari Idul Fitri

Image
Bagi yang telah menjalani selama bulan Ramadhan pasti akan menunggu momen atau hari Idul Fitri yang akan dirayakan oleh jutaan umat muslim di dunia. Lebaran sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada satu syawal setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Walaupun banyak versi tentang arti kata lebaran namun yang bisa ditarik kesimpulan ialah hari dimana kita selesai menjalankan puasa yang juga menahan hawa nafsu selama satu bulan penuh. Lebaran identik dengan mudik atau kegiatan pulang kampung untuk bersilaturahmi. kegiatan mudik ini meliputi transportasi darat, laut, dan udara. Jutaan orang mudik tiap tahunnya untuk menemui sanak saudara atau teman-teman di kota asal. Selain mudik kegiatan penting lainnya ialah membayar zakat fitrah untuk membersihkan diri dengan harta. dengan berzakat kita diajak untuk berbagi rezeki dengan masyarakat yang kurang mampu. rezeki yang kita miliki juga ada hak orang lain yang wajib kita bantu a…

Hari Gini Nunggu THR??

Image
Menjelang Idul Fitri di tengah meningkatnya harga sembako dll banyak karyawan dan pengusaha yang sedang sibuk menanti dan membagikan THR alias Tunjangan Hari Raya. THR merupakan tambahan gaji yang diberikan menjelang Idul Fitri bagi karyawan yang sudah bekerja minimal 3 bulan. Bagi yang sudah bekerja 1 tahun maka mendapatkan THR sebesar 1 bulan gaji, jika belum maka mendapatkan THR secara proporsional.

Kebanyakan orang menggunakan THR untuk berbelanja kebutuhan menjelang Idul Fitri seperti baju muslim, kue-kue kering / biskuit, membeli sembako dan persiapan untuk memasak ketupat , opor dan rendang. Sisanya digunakan untuk membayar zakat fitrah, keperluan mudik, dan ditabung. Karena mendapatkan THR hanya setahun sekali maka biasanya orang menggunakannya cenderung berlebihan dengan berbelanja bukan sesuai kebutuhan namun sesuai keinginan. Padahal jika dilihat tidak semua barang harus dibeli cukup seperlunya sesuai dengan kebutuhan. Dan THR bisa digunakan untuk investasi ma…

nikmatnya berbagi rejeki di bulan Ramadhan

Image
Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dimana setiap hal yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang lebih dibandingkan bulan biasa. Apalagi yang menyangkut kegiatan keagamaan seperti tarawih, membaca alquran, membantu orang lain termasuk didalamnya bersedekah. apa sih yang dimaksud sedekah dan apa saja yang bisa disedekahkan pada bulan ramadhan ini ? Sedekah sendiri memiliki makna mengantarkan atau memberikan segala bentuk kebaikan dan manfaat atau segala bentuk kebaikan dan kebajikan (sumber : http://ummi-online.com/berita-420-luasnya-makna-sedekah.html) jadi sedekah dapat diberikan tidak hanya berupa harta saja namun juga berupa ilmu, nasihat, doa, dll

alangkah indahnya apabila di bulan Ramadhan ini kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain yang kurang beruntung. karena dengan kita banyak bersedekah maka akan menumbuhkan rasa persaudaraan, menambah pahala kita, memperlancar rejeki, mengurangi sifat kikir dalam diri manusia. maka jika masih diberi kesempatan sep…

menciptakan pemimpin masa depan yang pintar dan berkarakter mulia

Image
Beberapa hari yang lalu bangsa Indonesia telah melewati proses pemilihan umum baik pemilihan caleg maupun capres dan cawapres untuk pemimpin Indonesia periode 2014-2019. Di masa yang akan mendatang pemimpin bangsa Indonesia akann menghadapi berbagai tantangan baik itu di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya , dll maka dibutuhkan pemimpin yang tidak hanya cerdas namun juga tangguh dan memilik akhlak atau karakter yang positif yang akan menjadi panutan seluruh masyarakat Indonesia.
menciptakan pemimpin yang tangguh dan cerdas bukanlah proses yang instan namun  harus dimulai sejak anak-anak sampai dewasa.


untuk menciptakan generasi penerus yang cerdas dilakukan oleh banyak pihak dari mulai lingkungan terkecil yaitu keluarga atau orang tua, kemudian sekolah yang dilakukan oleh guru, kemudian masyarakat luas termasuk di dalamnya media massa.

menjadi seorang pendidik bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam menjalani proses mendidik selama bertahun-tahun. p…

puasa aman dan tenang

Image
Di bulan Ramadhan setelah sholat tarawih dan menunggu waktu imsak atau shubuh biasanya digunakan oleh anak-anak untuk bermain petasan atau kembang api. Awalnya agar terlihat meriah dan ramai namun tidak sedikit yang berujung celaka karena kurangnya pengawasan orang tua pada anak-anak.
Petasan atau yang dikenal dengan mercon merupakan peledak yang berbentuk bubuk yang dibungkus kertas untuk memeriahkan peristiwa seperti tahun baru, pernikahan, bahkan idul fitri.(sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Petasan)

Di satu sisi dengan adanya petasan suasana menjadi meriah dan saya pun terkadang terbangun sahur karena mendengar bunyi petasan tapi kalau tidak hati-hati malah bisa terluka. menurut saya masih banyak cara untuk mengisi waktu sahur atau bermain yang aman misalnya kembang api, atau jika anak-anak bisa diajak untuk belajar marawis agar menyalurkan bakat seni dan menghafalkan shalawat nabi.
bermain petasan di bulan Ramadhan menurut saya tidak perlu karena bisa menggangu…

hari gini kampanye... ?? bisa banget....

Image
setelah melewati kurang lebih hiruk pikuk kampanye politik dua bulan dan pemilihan capres dan cawapres 9 juli kemaren kalo denger kata kampanye kesannya politik banget padahal kampanye kan gak cuma politik tapi bisa juga sosial, kesehatan , budaya , dll.
kenapa para tokoh politik  harus kampanye?? ya jawabannya banyak biar bisa punya banyak massa, dikenal banyak orang, visi misinya diketahui banyak orang, yang terakhir biar bisa dapet banyak suara pas pemilu nanti.


kalo bukan tokoh politik emang bisa kampanye?? yah pastinya bisa banget lah. kan setiap orang pasti punya aspirasi atau impian  atau cita-cita apalagi kalau menyangkut banyak orang. supaya impian kita bisa didenger banyak orang dan cepet terwujud ya harus disosialisasikan karena semakin banyak orang tau semakin cepat terwujud impian atau program yang akan dilaksanakan.

jaman dulu orang kampanye biasa keliling dari kampung ke kampung pake pengeras suara di lapangan terbuka. jaman canggih sekarang ya harus modern dong kalo ma…

Ingat Takjil Ingat...

Image
Di bulan Ramadhan ini banyak hal yang banyak kita lakukan dan lewati dari kegiatan ngabuburit yang seru, tempat ngabuburit yang asik, sampai takjil favorit untuk berbuka puasa. Yang namanya takjil di bulan ramadhan , banyak jenis makanan dan minuman yang dijual yang membuat kita penasaran ingin mencobanya. dan terkadang banyak variasi baru dalam membuat takjil yang sayang kalo dilewatkan...

Indah Pada Waktunya

Image
Bulan Ramadhan ialah bulan dimana kita menahan haus dan lapar serta hawa nafsu. Hal yang tidak mudah dilakukan ialah melawan hawa nafsu misalnya menahan emosi, ngomongin orang, berfikir negatif dll. untuk menjadi orang yang sabar butuh proses dan kemauan dari diri sendiri untuk melakukannya. Nah bulan Ramadhan tahun 2014 ini bertepatan dengan pemilu yang akan memilih capres dan cawapres . Masing -masing tim sukses akan berlomba -lomba dengan berbagai cara untuk mengkampanyekan pasangan yang akan diusung. Yang sekarang gencar dilakukan oleh masing-masing kubu dengan menyebarkan berita negatif alias black campaign. Black campaign ini dilakukan baik melalui media massa seperti tv, koran, radio bahkan melalui media internet tujuannya agar orang berpaling atau tidak memilih salah satu pasangan capres dan cawapres.
Bagi orang yang kurang sabar alias mudah marah akan terpancing berbuat kerusakan bahkan kriminalitas. ini tentu saja sangat disayangkan mengingat di bulan ramadhan …

Tiada Hari Tanpa Air Yang Sehat dan Layak

Image
Setiap hari makhluk hidup membutuhkan air baik itu manusia ,hewan , dan tumbuhan. Baik itu untuk minum, makan, mandi, mencuci, dll. manusia sendiri dalam tubuhnya terdiri dari 80% air maka kebutuhan air minum pada manusia juga lumayan banyak atau tinggi. Untuk mencukupi kebutuhan airminum pada manusia telah dilakukan beberapa upaya oleh pemerintah antara lain mendirikan badan usaha atau perusahaan air minum daerah agar bisa menyuplai kebutuhan airminum masyarakat. di perkotaan saja tidak semua orang atau wilayah bisa mendapatkan akses airminum tersebut. kalaupun ada kebanyakan mengeluhkan tingginya kandungan kaporit sehingga tidak bisa langsung diminum atau diolah. bagi yang tidak mendapat akses airminum dari pemerintah biasanya membuat sumur dari dalam tanah yang kemudian di simpan atau di tampung yang akan dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari. menurut artikel kesehatan yang sering kita baca minimal kita harus meminum minimal 8 gelas sehari atau setara 1,9 liter ditujukan bagi o…

cara asiik ngabuburit

alhamdulilah bisa dipertemukan kembali di bulan ramadhan tahun ini. bulan ramadhan tentunya sudah ditunggu jutaan orang di dunia karena di bulan ini kita bisa mendapat banyak berkah dan pahala jika kita sungguh-sungguh dalam beribadah. Nah sambil menunggu waktu berbuka banyak kegiatan atau hal yang bisa dilakukan yang biasa disebut ngabuburit dalam bahasa sunda yang artinya menunggu atau menghabiskan waktu sampai adzan magrib atau berbuka puasa.
kalo kita seharian nganggur atau tidur buat saya akan menjadi kegiatan yang membosankan tapi kalau kita mengisi dengan kegiatan positif seperti silaturahmi ke rumah teman, bisnis kue atau kolak buat takjil, membaca al quran serta mengajar anak yatim di akhir pekan akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. selain menambah pahala juga bisa menambah ilmu dan rejeki bagi kita sendiri.
untungnya saya tergabung dalam komunitas rumah belajar kita dimana setiap weekend sabtu / minggu diisi dengan mengajar anak yatim piatu atau dhuafa sof…