cara asiik ngabuburit

alhamdulilah bisa dipertemukan kembali di bulan ramadhan tahun ini. bulan ramadhan tentunya sudah ditunggu jutaan orang di dunia karena di bulan ini kita bisa mendapat banyak berkah dan pahala jika kita sungguh-sungguh dalam beribadah. Nah sambil menunggu waktu berbuka banyak kegiatan atau hal yang bisa dilakukan yang biasa disebut ngabuburit dalam bahasa sunda yang artinya menunggu atau menghabiskan waktu sampai adzan magrib atau berbuka puasa.
kalo kita seharian nganggur atau tidur buat saya akan menjadi kegiatan yang membosankan tapi kalau kita mengisi dengan kegiatan positif seperti silaturahmi ke rumah teman, bisnis kue atau kolak buat takjil, membaca al quran serta mengajar anak yatim di akhir pekan akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. selain menambah pahala juga bisa menambah ilmu dan rejeki bagi kita sendiri.
untungnya saya tergabung dalam komunitas rumah belajar kita dimana setiap weekend sabtu / minggu diisi dengan mengajar anak yatim piatu atau dhuafa soft skill atau ketrampilan sehingga lebih terasa bermakna di bulan ramadhan.
selain itu kegiatan lainnya ialah menulis blog seperti sekarang ini supaya melatih kemampuan menulis agar menjadi lebih baik dan tentunya bisa memenangkan hadiah uang untuk mudik dan bayar zakat fitrah. Amiin...
kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan antara lain dengan syiar atau mengajak orang untuk umroh melalui marketing travel haji atau umroh agar bisa menuaikan ibadah umroh dan bisa juga mempererat silaturahmi dengan orang lain.
nah untuk menambah uang jajan alias THR bagi freelancer seperti saya bisa juga mengadakan bisnis kue lebaran atau parcel untuk bingkisan di hari lebaran dan juga kolak atau timun suri untuk berbuka puasa. omsetnya lumayan loh kalau memang dikerjakan dengan serius.
ngabuburit asik lainnya dengan bersih-bersih kamar atau rumah sekalian renovasi rumah. mumpung bulan puasa gak ada salahnya dong beresin kamar atau rumah biar lebih bersih, nyaman, dan keliatan baru padahal gak baru banget juga sih tapi karena penataannya lebih rapi dan beda maka bisa terlihat baru. yah itung-itung bantuin ortu sama olahraga juga sih hehehe...
yah itu beberapa cara asik buat ngabuburit di bulan ramadhan ini. saya yakin banyak cara lainnya yang lebih seru dan bervariatif. tergantung minat dan kebutuhan masing-masing, asalkan dilakukan dengan ikhlas dan tulus insya allah bisa menjadi berkah Amiin

Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

ulasan film sokola rimba

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya