Ingat Takjil Ingat...

Di bulan Ramadhan ini banyak hal yang banyak kita lakukan dan lewati dari kegiatan ngabuburit yang seru, tempat ngabuburit yang asik, sampai takjil favorit untuk berbuka puasa. Yang namanya takjil di bulan ramadhan , banyak jenis makanan dan minuman yang dijual yang membuat kita penasaran ingin mencobanya. dan terkadang banyak variasi baru dalam membuat takjil yang sayang kalo dilewatkan...
    


Takjil identik dengan makanan atau minuman untuk berbuka puasa, padahal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah takjil (ta'jil) berarti mempercepat (dalam berbuka puasa). Hal ini sesuai dengan akar katanya dalam Bahasa Arab, yakni ''ajila atau menyegerakan. Bisa jadi, awal mula kata takjil terbentuk adalah karena orang-orang Arab menyegerakan berbuka puasa dengan kurma. Jadi, kurma dianggap sebagai salah satu jenis takjil, yang kemudian berkembang menjadi makanan dan minuman kecil untuk memulai berbuka puasa. 
     
Sekarang takjil sering dikaitkan dengan makanan / minuman untuk berbuka puasa dari kurma, es kolak, es buah, es cendol, kacang hijau ,dll. Saya sendiri menyukai takjil buatan ibu seperti es kacang hijau dan es palu butung makanan khas yang berasal dari Sulawesi Selatan yang terbuat dari pisang yang dipotong-potong dan bubur tepung beras yang disajikan dengan sirup berwarna merah. 



selain itu makanan khas yang sering dijumpai adalah es kolak dan es timun suri yang biasanya banyak dijumpai di Jakarta. berhubung sekarang saya ngekos di jakarta maka takjil favorit saya adalah air putih dan kurma walaupun sederhana namun dari segi kandungan gizi juga bermanfaat bagi kesehatan.

3d181a1f0bdb97b9c8e38852a82aca98_kurma
    
manfaat kurma bagi kesehatan antara lain mengontrol kolesterol dalam darah, mengandung banyak serat sehingga pas bagi yang sedang menjalani program diet selain itu ketika memakan kurma terkandung banyak energi yang dapat mengurangi nafsu makan dan membuat kita merasa kuat. 

yang terpenting saat menyantap takjil ialah harus diawali dengan basmalah agar menjadi berkah dan dilakukan dengan rasa bersyukur agar nikmat yang kita peroleh dapat ditambah oleh Allah SWT.

Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba