puasa aman dan tenang

Di bulan Ramadhan setelah sholat tarawih dan menunggu waktu imsak atau shubuh biasanya digunakan oleh anak-anak untuk bermain petasan atau kembang api. Awalnya agar terlihat meriah dan ramai namun tidak sedikit yang berujung celaka karena kurangnya pengawasan orang tua pada anak-anak.
Petasan atau yang dikenal dengan mercon merupakan peledak yang berbentuk bubuk yang dibungkus kertas untuk memeriahkan peristiwa seperti tahun baru, pernikahan, bahkan idul fitri.(sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Petasan)
843a2f3b0eba637be9772bb1396887f3_petasan
Di satu sisi dengan adanya petasan suasana menjadi meriah dan saya pun terkadang terbangun sahur karena mendengar bunyi petasan tapi kalau tidak hati-hati malah bisa terluka. menurut saya masih banyak cara untuk mengisi waktu sahur atau bermain yang aman misalnya kembang api, atau jika anak-anak bisa diajak untuk belajar marawis agar menyalurkan bakat seni dan menghafalkan shalawat nabi.
bermain petasan di bulan Ramadhan menurut saya tidak perlu karena bisa menggangu ketenangan orang lain apalagi jika dilempar begitu saja di jalanan, selain itu jika dilakukan sendiri tanpa pengawasan bisa menyebabkan tubuh terluka bahkan meninggal dunia. Bahkan menurut UU Darurat nomor 12 Tahun 1951 pembuat, penjual dan penyulut petasan akan dijatuhi hukuman maksimal seumur hidup apabila proses dan mekanisme nya sesuai sesuai dengan Undang-Undang. walaupun tidak semua petasan berbahaya dan dilarang beredar namun beberapa ledakan petasan bisa menghancurkan sebuah rumah . (sumber : http://www.jpnn.com/read/2014/06/28/242911/Penjual-Petasan-Bakal-Dibui-Seumur-Hidup-)
Jenis petasan yang masih dalam taraf aman adalah kembang api yang bisa dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa namun tetap harus digunakan dengan pengawasan orang tua agar menghindarkan resiko luka atau lainnya. alangkah baiknya orang tua dan masyarakat luas mengalihkan agar anak-anak bermain secara aman dari petasan ke mainan lainnya yang aman dan bermanfaat. Dan Ramadhan akan terasa aman dan tenang tanpa harus terganggu suara berisik dan resiko terbakar atau terluka
062a7053e12648223a0a04402faac6a1_tenang

Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Kulit Sehat Dan Bersinar Dengan Bahan Alami Gizi Super Cream