Dengan Social Enterpreneur dapat merubah dunia menjadi lebih baik lagi

Minggu lalu tanggal 12 Agustus 2014 di gedung Summitmas I Japan Foundation mengadakan sharing session mengenai social enterpreneur. Awalnya para peserta yang datang mendengar penjelasan langsung dari orang Jepang langsung melalui skype. penjelasan ini berupa pemaparan tentang usaha perusahaan Jepang yang membantu petani cokelat lokal di Sulawesi. setelah diolah cokelat maka  dijual ke Jepang dalam bentuk sake, parfum dan makanan lainnya.


setelah presentasi dan sesi tanya jawab maka ada sesi kerja kelompok dimana peserta yang hadir dibagi menjadi kelompok dengan 4 orang anggota . tiap kelompok diberi tugas yaitu membuat strategi untuk merubah dunia menjadi lebih baik lagi. tiap-tiap kelompok memiliki ide yang berbeda misalnya tentang green development, dan change mindset. setelah mengerjakan kurang lebih 10 menit maka tiap orang berpindah ke kelompok lain untuk mendengarkan ide yang berbeda dari kelompok yang lain. ada satu orang yang tetap di tempat untuk menjelaskan kepada anggota kelompok lain tentang ide yang telah dibuat.


pada akhir acara diambil kesimpulan bahwa social enterpreneur ialah orang yang ingin membuat dunia menjadi lebih baik. banyak cara yang dilakukan untuk merubah sebuah keadaan salah satunya di bidang pendidikan. Japan foundation saat ini sedang melakukan sebuah project di kawasan Jakarta Utara untuk mengurangi tingkat polusi yang ada. Kegiatan yang saat ini dilakukan ialah mengadakan penyuluhan di tingkat SMP agar mereka berani mengemukakan pendapat dan merubah kebiasaan yang kurang baik di sekitar mereka.

Comments

  1. keren juga diskusinya, ada semacam kerja kelompok lalu ada pemecahan masalah bari dikasih teori apa itu entrepreuner social...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang