Pentingnya Kebersihan Air Sungai Bagi Kehidupan Manusia di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan jumlah sungai yang cukup banyak yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Jumlah sungai yang ada di Indonesia sekitar 5590 buah. (sumber : http://www.ampl.or.id/old/detail/detail01.php?row=7&tp=laporan_ampl&ktg=&kd_link=1&jns=&kode=349). Jumlah ini bukanlah angka yang sedikit, namun pemanfaatan air sungai untuk kehidupan manusia yang belum maksimal. Banyak manfaat sungai yang kita ketahui untuk kepentingan manusia antara lain untuk pembangkit tenaga listrik , untuk mengairi sawah, untuk pariwisata dan untuk tempat hidup binatang seperti ikan , buaya dll. Dalam pelajaran sejarah dulu ketika SMP dan SMA disebutkan bahwa kerajaan yang ada di Indonesia terletak di tepi sungai seperti Sungai Mahakam, sungai Citarum, sungai Brantas, dll. Itu membuktikan bahwa air memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia.
c80b1969d003d9162557a29be4218dd8_sungai
Dalam tubuh manusia sendiri terdapat sekitar 80 % air dimana kadar tertinggi terdapat dalam otak dan darah manusia. (sumber:http://www.hidupsehat.web.id/2014/02/khasiat-dan-manfaat-minum-air-putih.html) sehingga manusia membutuhkan air bersih agar dapat terus melakukan aktivitas dengan normal. Namun sayangnya kerusakan lingkungan air baik yang ada di sungai maupun laut merupakan ulah manusia. Manusia Indonesia banyak yang kurang bersyukur dengan banyaknya air yang diberikan Tuhan. Banyak orang yang membuang sampah seenaknya di sungai, membuang limbah pabrik di sungai sehingga membuat air sungai menjadi kotor, bau dan tercemar sehingga menimbulkan busa. Padahal air sungai juga diolah untuk air minum manusia yang disalurkan ke rumah tangga melalui perusahaan air minum milik pemerintah.
369b61df4610f07bd36cf55a469ea084_ciliwung-2
Beberapa kota di Indonesia memiliki tingkat pencemaran sungai yang cukup parah seperti Jakarta, Bandung, Semarang dll. Sungai yang dulu bisa digunakan untuk berenang, mandi ,dll . Pencemaran ini menjadi tanggung jawab bersama untuk diselesaikan dari tingkat pemerintah daerah sampai masyarakat sekitar. Maka jangan heran jika musim hujan tiba sering terjadi musibah banjir di kota-kota besar di Indonesia akibat sampah yang menumpuk, bangunan liar di tepi sungai, mengecilnya lebar sungai akibat pembangunan yang tidak memperhatikan dampak lingkungan. Contoh sungai yang tercemar ialah Sungai Ciliwung, Sungai Citarum, Sungai Kali Asin di Semarang. (sumber: http://www.koran-sindo.com/node/310292)
5a24b82318bd10d1dfc701e74389eb0b_ciliwung
Padahal dengan air sungai yang bersih banyak manfaat yang bisa diperoleh antara lain bisa untuk pariwisata yang bisa menambah pendapatan masyarakat dan pemerintah daerah, untuk mengairi sawah para petani, sarana transportasi, dan juga sebagai tempat berkembang biaknya satwa atau tumbuhan. Perlu adanya kerja keras dari berbagai pihak agar sungai yang sudah tercemar dapat menjadi bersih sehingga air yang dihasilkan layak dan sehat dikomsunsi. Antara masyarakat perlu berkolaborasi agar bisa merubah kondisi sungai yang tercemar. dari pemerintah perlu ada peraturan yang tegas bagi masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan dan menyediakan tempat sampah yang banyak di sekitar sungai. Bagi masyarakat perlu adanya edukasi sejak anak-anak untuk ikut menjaga kebersihan sungai dengan membuang sampah di tempat sampah dan menanam pohon di sekitar sungai untuk mencegah banjir. Jika perlu diadakan kegiatan membersihkan sungai secara massal antara pemerintah daerah dan masyarakat umum secara rutin seminggu sekali agar jumlah sampah berkurang. Setelah dibersihkan kemudian dibuat lomba per wilayah agar termotivasi untuk menjaga kebersihan sungai. Selain itu bisa dibuat festival tahunan yang berlokasi di sungai seperti lomba perahu hias, lomba mendayung , dan festival kebudayaan di sepanjang sungai.
memang membutuhkan wakatu yang lama dan proses yang panjang agar sungai di Indonesia menjadi bersih dan air yang dihasilkan layak untuk dikonsumsi. namun jika tidak dimulai dari sekarang maka sungai yang akan tercemar tidak akan menjadi bersih. perlu kesadaran dari diri sendiri untuk menjaga air sungai agar bersih serta kolaborasi banyak pihak air yang bersih dapat dikonsumsi orang Indonesia menjadi lebih sehat.
semoga setelah membaca blog ini banyak masyarakat yang tersadar akan pentingnya menjaga kebersihan air sungai dan mulai membuang sampah pada tempatnya karena dengan menjaga kebersihan air maka juga membantu kehidupan manusia yang lebih sehat

Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang