internet cepat untuk kita semua

komunitas TIK Indonesia mengadakan bincang netizen bincang blogger di warung daun cikini tanggal 1 September 2014 dengan tema "Akses Internet Cepat dan Murah Jalan tol menuju Kemakmuran". Awal acara dimulai dengan pemaparan oleh pak Nonot Harsono tentang apa pentingnya perkembangan ICT di Indonesia. bahwa ICT adalah penggerak ekonomi suatu bangsa. namun sayangnya masih banyak kendala yang ditemukan di Indonesia antara lain banyaknya pungutan yang diberikan dari pemerintah ke pengusaha swasta sehingga perkembangan infrastruktur menjadi lambat dan biaya operasional menjadi tinggi yang kemudian dibebankan ke konsumen.




Sebenarnya banyak manfaat dari akses internet cepat bagi kehidupan kita antara lain: mendekatkan produsen dan konsumen, mempercepat transaksi bisnis, membuka lapangan pekerjaan online, transparansi dan akuntabilitas pemerintahan, mempercepat pemerataan kualitas pendidikan, dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

 Satu lagi mindset yang perlu dirubah adalah peran Kominfo bukan sekedar departemen penerangan namun juga perlu menyediakan akses komunikasi yang cepat bagi : warga negara, dunia usaha & industri, dan pemerintahan. Teknologi Informasi dan Komunikasi sebetulnya dapat dibangun tanpa harus mengahbiskan APBN cukup berkolaborasi antara BUMN dengan swasta.
Yang diperlukan agar akses internet dan murah bisa dinikmati seluruh masyarakat adalah : regulasi yang tepat, pola pikir yang tepat, orang yang tepat, dan organisasi yang tepat.



Kesimpulan yang perlu ditekankan adalah kominfo bukan departemen penerangan, kominfo bukan dibawah menkopohukam, kominfo adalah teknologi informasi dan komunikasi bukan komunikasi publik maka yang perlu dilakukan jika menjadi kominfo adalah harus bisa membangun broadband sendiri bukan sekedar pandai berbicara di depan media massa atau kerumunan banyak orang.


selanjutnya pemaparan dari mas Teguh Prasetya sebagai praktisi yang pernah bekerja di perusahaan telekomunikasi mengatakan bahwa akses internet yang saat ini ada di Jakarta memiliki banyak variasi pilihan harga namun jika berada di luar daerah untuk mendapatkan sinyal saja sudah sulit apalagi bertransaksi via online. Padahal harga yang ditawarkan oleh provider internet juga sudah semakin terjangkau dan kecepatan juga lumayan namun fasilitas yang ada masih belum stabil dan merata. Perlu adanya koordinasi antara lembaga terkait seperti kominfo, BRTI, dan pihak swasta agar internet Indonesia bisa berkembang lebih baik bukan hanya sekedar konsumen untuk perusahaan asing seperti Google, Facebook, dan yang sedang ramai yaitu twitter.

saat ini pihak swasta banyak yang fokus pada penambahan jumlah pelanggan namun tidak diimbangi dengan penambahan infrastruktur yang memadai seperti menara BTS. hal ini disebabkan mahalnya biaya yang harus dibayarkan sehingga semakin banyak jumlah pengguna internet kecepatan yang diperoleh semakin menurun karena sinyal yang berebutan antara pengguna layanan internet.

Maka dari itu perlu dukungan semua pihak termasuk masyarakat umum agar pemerintah mau bergerak untuk membangun infrastruktur lebih baik termasuk didalamnya dengan menggunakan social media. Dengan bergerak secara massal maka kesadaran bahwa akses internet cepat bukan hanya urusan pemerintah namun perlu dukungan masyarakat maka pemerintah akan tergerak untuk membuat akses komunikasi cepat bagi semua kalangan.



Comments

  1. Sinergi antara BUMN, Pemerintah dan masyarakat akan menyelesaikan segala prasangka serta problema yang ada mengenai internet...

    ReplyDelete
  2. yup harus kompak bukan jalan sendiri-sendiri seperti sekarang :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba