liputan kopdar Mozilla : Mozilla bukan sekedar internet browser

Sebagai salah satu internet browser yang terkemuka dan memiliki banyak pengguna di Indonesia, maka komunitas mozilla mengadakan kopdar atau gathering di kafe steakology tanggal 29 Agustus 2014 pukul 18.00. Ketika saya datang tadinya saya mengira hanya kegiatan seminar biasa mengenai produk mozilla, namun ternyata kegiatan lebih dari itu. Awal kegiatan diisi sambutan oleh Mr Gen Kanai yang datang langsung dari Jepang, kemudian Michelle Thorne yang berasal dari Jerman.



Pada perkenalan dari komunitas mozilla, dijelaskan bahwa mozilla bukan internet browser yang selama ini kita kenal namun adakah sebuah organisasi non profit yang mendukung akses internet secara terbuka. Dan mozilla sendiri memiliki banyak program dan kegiatan di dalamnya.











Setelah itu para peserta berdiri untuk memperkenalkan diri, kemudian dibagi menjadi 6 kelompok. Masing-masing kelompok kemudian dijelaskan tentang kegiatan dan program dari mozilla sendiri.Kegiatan yang terdapat di mozilla antara lain:

a. L10N
kegiatan ini merupakan transalasi web atau artikel dari bahasa inggris menjadi bahasa asing lainnya termasuk bahasa Indonesia. kegiatan ini dapat dilakukan oleh siapa saja dengan mendaftar di account mozilla terlebih dahulu. Untuk bahasa Indonesia sendiri sudah terdapat  3 bahasa daerah yaitu : Sunda, Jawa, dan Minang. saat ini di seluruh dunia sudah terdapat 150 bahasa per Juli 2014

b. Student Ambassador
Untuk memperkenalkan program dan kegiatan mozilla di dalam lingkugan kampus, maka mozilla bekerja sama dengan beberapa kampus untuk mengajak orang yang berada di dalam lingkungan kampus seperti dosen, mahasiswa, staf administrasi, staf TU, dll untuk bersama mensosialisasikan fitur -fitur mozilla. manfaat yang didapat antara lain : mendapatkan ilmu tentang leadership, tergabung dalam komunitas global, serta akses staf mozilla untuk datang ke kampus.



c. Firefox OS
saat ini sedang dikembangkan firefox OS yang bisa didownload di smartphone android maupun apple sehingga dalam satu smartphone dapat memiliki dua OS sekaligus secara bersamaan. selain itu akan diluncurkan smartphone yang berbasis firefox OS.



d. Support Mozilla dan Women in Mozilla
apabila ada orang yang kesulitan dan ingin bertanya tentang mozilla maka kita bisa menjadi volunteer untuk menjawab atau menjelaskan tentang mozilla kepada orang lain. selain itu kita bisa mendukung woman in mozilla agar peran wanita dalam dunia teknologi informasi menjadi lebih penting dari pria.

 e.Mozilla Webmaker
jika kita menyukai design grafis dan ingin belajar design dengan mudah maka bisa mengakses mozilla webmaker untuk membuat kartu ucapan, mengedit foto, mendesain website secara mudah. program ini bisa diakses siapa aja, dan akan mendapatkan kode html yang bisa kita copy dan share di social media milik kita.




Setelah menjelaskan program dan kegiatan dari mozilla maka tiap kelompok bergantian ke meja kelompok lain selama 10 menit untuk menjelaskan kegiatan yang ada. Setelah kurang lebih selama 1 jam maka sesi selanjutnya ada sesi tanya jawab dan diskusi tentang program tadi serta pesan dan kesan.


terakhir ada sesi foto bersama dan makan malam di kafe eatology dan undangan untuk mengikuti kegiatan di esok harinya yang bertempat di Taman Suropati Mentang



Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang