Buku Memberikan Inspirasi Dalam Hidup

Buku merupakan  benda yang sudah kita kenal sejak kecil mulai dari TK hingga perguruan tinggi kita pasti membaca buku walaupun didominasi buku - buku pelajaran. Selain buku pelajaran, buku yang biasa dibaca ketika masih mengenyam bangku sekolah ialah komik maupun cerita fiksi non fiksi.

14138006101393501675

Ketika beranjak remaja aku mapun remaja lainnya suka membaca buku-buku teenlit seperti Me VS High Heel, Lupus, Eiffel I'm In Love dimana buku teenlit tersebut lebih ringan dibaca dan bercerita tentang kehidupan remaja seperti pelajaran sekolah, cinta monyet, dll. Selain buku -buku teenlit buku yang dulu booming bahkan menyihir jutaan anak di dunia adalah Harry Potter yang menceritakan sekelompok anak yang bersekolah di Hogwarts dan terjual jutaan kopi di seluruh dunia yang membuat pengarangnya JK Rowling menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

141380065485703996

Perlahan-lahan aku pun mulai mengenal jenis-jenis buku yang biasa dibaca atau dijual ditoko buku antara lain buku karya sastra seperti novel fiksi dan non fiksi, buku motivasi seperti The Secret, buku cerita anak-anak, buku pelajaran sekolah, buku biografi dan autobiografi, komik, ensiklopedi, dll.

Masing -masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung dari selera dan kepribadian tiap-tiap orang yang membacanya dan pesan apa yang ingin disampaikan penulis melalui buku tersebut. Dan dengan membaca buku akan memperoleh banyak manfaat antara lain : menambah wawasan akan hal baru yang belum pernah dilakukan, mendapatkan inspirasi dari tokoh terkenal dan sukses, menambah daya ingat akan sebuah informasi, mengasah kemampuan menulis, menambah kosa kata sehingga percaya diri jika berbicara di depan umum.

14138006921814956348

Ketika duduk di perguruan tinggi aku pun mulai membaca buku-buku motivasi seperti The Secret yang aku lihat dari tayangan oprah winfrey di televisi. Dalam buku tersebut aku belajar bagaimana memusatkan pikiran agar keinginan kita dapat terwujud. Ternyata ketika aku praktekkan hal itu benar bisa terjadi yaitu ketika akan tes masuk perguruan tinggi negeri di Depok, aku benar-benar fokus akan hal tersebut dan berdoa selama berhari-hari dan ketika hasil tes diumumkan ternyata aku diterima di kampus tersebut.

14138007251494152892

Di tahun 2008 ada buku dan film sangat terkenal dimana -mana yaitu Laskar Pelangi bahkan filmnya ditonton hingga 5 juta orang di seluruh Indonesia. dalam buku tersebut diceritakan kisah anak di pulau kecil di dekat Sumatera yaitu Bangka Belitung yang terus semangat belajar di tengah keterbatasan. Buku sangat tersebut menginspirasi banyak orang untuk terus bermimpi dan menggapai cita-cita walaupun banyak keterbatasan dan kekurangan yang kita miliki. Bahkan dengan adanya buku dan film tersebut Pulau Bangka Belitung menjadi ramai dan menjadi obyek pariwisata yang terkenal karena keindahan alamnya.

1413801122159954192

Semenjak resign beberapa bulan lalu, saya menekuni dunia tulis menulis online atau blogger dimana banyak hal positif yang saya rasakan antara lain menghadiri peluncuran dan bedah buku misalnya buku : Selfie, Potret dua sahabat. Dalam buku tersebut menceritakan persahabatan dua oarang wanita dari SD sampai sekarang sudah berkeluarga kurang lebih selama 34 tahun. Dalam buku tersebut saya belajar bahwa persahabatan bisa bertahan lama jika antara sahabat saling mengkritik dan menasihati satu sama lain serta bagaimana permainan di masa anak -anak yang sangat terbatas namun menyenangkan karena dilakukan bersama -sama, sahabat sejati adalah anugerah yang sulit dicari bahkan lebih berharga dari harta sekalipun.

14138011541498600930

Buku terakhir yang saya baca ialah buku autobiografi bapak Iwan Sunito seorang pengusaha sukses asal Indonesia yang menjadi pengusaha properti di Australia. Dalam buku tersebut cerita yang ditampilkan apa adanya tanpa berkesan menggurui. Quote yang ada pun mudah dipahami sehingga bisa menjadi bahan kultwit atau membaca jika sedang menunggu busway atau krl datang.

Quote yang saya suka dari buku otobiografi dari Pak Iwan adalah "You often hear people say "Dont work hard, work smart", but I say work hard first then you will work smarter. There is no easy road" Ketika orang lain mengatakan untuk kerja pintar bukan kerja keras namun menurut pak Iwan kerja keras dahulu baru kita akan menemukan cara untuk kerja pintar karena tidak ada jalan mudah untuk mencapai sukses.

Banyak hal yang aku dapatkan ketika membaca buku antara lain menambah informasi akan hal-hal baru, bisa mengetahui dan mengenang permainan di masa anak-anak, fokus untuk mencapai sesuatu yang diinginkan, survive di masa sulit untuk mencapai kesuksesan, dan terakhir ialah membagikan cerita yang kita punya agar bisa menginspirasi orang lain dan bermanfaat bagi sekitar kita. Karena kesuksesan sebuah buku ialah ketika pesan yang disampaikan penulis bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi orang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan