Inilah Wajah Baru Dirjen Bea Cukai Soekarno Hatta

Jika dahulu saya mendengar kata bea cukai maka akan terlintas banyak hal negatif seperti pungutan liar saat mengurus dokumen, penyitaan barang bawaan saat di pesawat serta petugas yang korup karena sering memeras penumpang yang akan menaiki pesawat di bandara.



Namun semua hal itu telah berubah ketika saya dan teman -teman blogger berkesempatan mengunjungi kantor Bea Cukai di Bandara Soekarno Hatta disambut dengan senyum petugas yang ramah serta fasilitas ruangan yang lengkap membuat kami para blogger merasa nyaman berkunjung ke kantor Bea Cukai.


Sebelum kami memasuki aula di lt 2, terlebih dahulu mengisi registrasi kemudian berfoto bersama dengan layar backdrop petugas imigrasi. Setelah kami memasuki aula, langsung disambut alunan musik dari band petugas bea cukai yang fasih menyanyikan lagu barat dan Indonesia.



Sambutan awal dari Dirjen Bea Cukai dari pak Okto agar mudah mengenali petugas bea cukai antara lain : mengenakan seragam, terdapat nama dan tulisan custom sehingga kita tidak salah persepsi ketika bertemu di bandara karena banyak orang mengira petugas bea cukai hampir sama dengan petugas satpam karena seragam yang dikenakan hampir sama.



Selanjutnya menurut Bapak Iwan Agung bea cukai di Indonesia telah menerapkan sistem INSW yaitu sistem Indonesia Single Window yang kemudian diadopsi oleh negara-negara lain yang mempermudah mengurus perijinan / dokumen secara online. Selain itu Custom bea cukai tidak dapat dibubarkan karena sudah ada organisasi yang mengatur secara internasional yaitu WCO (World Custom Organization) dimana sekitar 150 negara sudah tergabung termasuk Indonesia.



Peranan Bea Cukai bagi bangsa Indonesia sangatlah penting karena merupakan penjaga barang yang akan masuk dan keluar dari Indonesia. Banyak pihak yang mengeluh karena barangnya ditahan oleh pihak bea cukai padahal barang tersebut belum diurus izinnya secara resmi sedangkan di Indonesia sendiri terdapat 18 lembaga yang mengeluarkan izin. Pihak Bea Cukai tidak akan mempersulit jika barang tersebut sudah sesuai dengan izin yang berlaku.



Sambutan terakhir diberikan oleh Bapak Sofyan Helmi selaku Kepala Seksi Pelayanan Informasi mengatakan kantor Bea Cukai yang terdapat di bandara Soekarno Hatta merupakan kantor Bea Cukai bandara terbesar di Indonesia yang melayani barang cargo dan penumpang dari yang terbesar hingga yang terkecil berupa serum 10 mg.



Prestasi yang patut diacungi jempol bagi petugas Bea Cukai ialah berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba hingga 8 ton dalam satu tahun. Hal ini tentu langkah positif dalam rangka menyelamatkan masyarakat dari penyalahgunaan narkoba.

Dengan reformasi birokrasi yang baru masyarakat jika ingin memberikan kritik dan saran bisa dilakukan secara online tanpa harus takut berhadapan dengan petugas bea cukai. Selain itu dalam melacak barang yang akan dikirim pun bisa dilakukan secara online melalui website www.bcsoetta.net

Tips bagi yang akan bepergian ke luar negeri hal-hal yang harus diperhatikan agar barang kita tidak dikenakan biaya tambahan maka peraturan yang harus ditaati adalah : nilai barang palin banyak per orang adalah 250 USD atau 1000 USD per keluarga per kedatangan, 200 batang sigaret, 25 batang cerutu atau 100 gram tembakau dan 1 liter minuman mengandung etil alkohol. Ketentuan instansi teknis lainnya yang berlaku ialah : pakaian jadi maksimal 1000 USD, elektronika maksimal 1500 USD, cakram optik maksimal 10 keping, dan alat telekomunikasi maksimal 2 unit.



Dengan sistem baru yang ada di Dirjen Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta maka patut diapresiasi karena seperti inilah harusnya lembaga pemerintah bekerja yaitu transparan, jujur dan ramah. Sehingga jika ada penyalahgunaan kekuasaan maka dengan mudah ditindak dan dicegah. Semoga kinerja Bea Cukai Soekarno Hatta terus meningkat dan menjadi inspirasi bagi instansi pemerintah lainnya untuk berubah ke arah yang lebih baik.



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang