Instagram Sebagai Sarana Promosi Gratis

Dengan maraknya social media yang hadir di dunia termasuk di Indonesia dimana Indonesia merupakan salah satu negara pengguna social media terbanyak di dunia maka banyak yang menggunakan social media sebagai sarana untuk branding atau promosi gratis. Selain facebook, twitter, google+, social media yang banyak juga digunakan adalah instagram.


Instagram ialah social media yang memfokuskan pada tampilan foto instan sebagai salah satu cara mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat dimana saat ini  banyak digemari karena dapat mempromosikan barang, mudah digunakan, dan digunakan para selebritis untuk berbagi foto kepada para penggemarnya. Selain untuk berbagi foto instagram kini juga banyak digunakan sebagai sarana untuk berjualan secara online karena jumlah penggunanya yang semakin banyak setiap harinya bahkan diperkirakan sampai 200 juta pengguna aktif di seluruh dunia.



Karena banyaknya wanita yang memanfaatkan instagram sebagai sarana promosi dalam berjualan secara online maka Women Script Community mengadakan workshop optimalisasi social media untuk bisnis dan personal branding dengan salah satu social media yang dibahas ialah instagram pada hari Kamis 6 November 2014 di fx Sudirman.



Workshop ini dimentori oleh mba Nuty Laraswaty sebagai salah seorang praktisi  yang rutin memberikan training seputar cara promosi melalui social media dan juga mengisi program talkshow di radio Gaya FM. Pada umumnya barang yang dijual pada instagram ialah barang -barang yang bukan premium yang mudah didapat dan harga terjangkau seperti pakaian, aksesori, makanan, mainan anak-anak, dll. Namun sering kali kita melihat pada instagram selebritis banyak yang berkomentar mempromosikan produknya sehingga bisa dikategorikan sebagai spam. Jika selebritis tersebut keberatan maka akun kita di instagram bisa dilaporkan dan di nonaktifkan.

Cara promo yang sopan di akun instagram ialah dengan memfollow akun instagram lain yang memiliki bisnis yang serupa atau bisa melengkapi dengan memberikan komentar maka akun kita akan memiliki rekanan dan juga follower dengan cara yang sopan.

Kunci agar akun instagram kita bisa memiliki banyak follower antara lain dengan : memasang foto yang menarik dengan rutin, menggunakan hashtag agar dapat dicari secara online, mengisi profil dengan lengkap seperti blog, youtube, kontak person yang dapat dihubungi. hashtag atau tanda pagar sebaiknya diletakkan tepat di depan sebuah kata karena dapat berfungsi sebagai branding atau promosi, pengarahan kepada media tertentu, membuat pengelompokkan konten, mempermudah pencarian konten yang diinginkan.

Agar bisa mengetahui hashtag yang banyak dicari oleh pengguna akun maka bisa menggunakan aplikasi gratis yaitu www.tagsforlikes.com atau http://top-hashtag.com/hashtag/indonesian kemudian bisa dicopy di akun instagram milik kita. Tips dalam memilih hashtag pada instagram antara lain : gunakan hashtag yang umum dipakai atau natural, jangan gunakan hashtag yang terlalu panjang, bila ingin dikenal maka gunakan hashtag yang ramah SEO. Tips lainnya ialah rajin mengganti hashtag satu jam sekali agar bisa berada di nomer satu tempat pencarian.

Salah satu cara agar promosi di akun instagram kita bisa dilihat banyak orang ialah menghubungkan instagram dengan facebook fan page karena jumlah orang yang bisa melihat dan melike bisa ribuan bahkan lebih dibandingkan facebook personal. Jika kita ingin mengendorse para selebritis maka bisa mengontak ke profil selebritis tersebut atau mengadakan chat secara personal agar produk kita bisa diterima dan bukan dianggap sebagai spam.



Terakhir pesan dari mba Deka selaku moderator ialah pentingnya branding diri kita di tengah persaingan yang kompetitif ialah agar kita bisa dikenal dengan ciri khas atau kelebihan yang kita miliki baik itu sebagai personal maupun bisnis. selain itu kolaborasi antar komunitas kini juga menjadi penting agar memudahkan mencapai hasil yang diinginkan. personal branding tidak harus menunggu menjadi besar bisa dimulai dari sekarang dengan fokus, berada di jalur yang tepat  dan konsisten seperti apa kita ingin dikenal.

Comments

  1. Hai Mba Nisa,

    Salam kenal. Wah seru dan bermanfaat sekali ya acaranya. Sekarang memang makin banyak ya aplikasi yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan promo di instagram.
    Ohya kalo boleh sharing juga, ini ada artikel untuk memaksimalkan penggunaan Instagram
    http://empathic.marketing/manual-menggunakan-instagram-untuk-pemasaran/ Semoga bermanfaat ya. Terima kasih sudah boleh berbagi

    ReplyDelete
  2. Netter semua pasti butuh promosi
    Info alat promosi yang paling simple/ tidak melelahkan dan Bermanfaat

    Silahkan langsung aja gunakan
    http://saranapromosigratis.blogspot.co.id

    GRATIS, Simple, Real Human/ bukan boot/ robot

    Semoga Bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

ulasan film sokola rimba

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya