Kolaborasi Antara Bank Sinarmas dan Nurbaya Initiative dalam mendukung UMKM

Usaha Mikro kecil dan Menengah atau yang biasa disebut UMKM merupakan pelaku usaha  yang juga turut berperan dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. dengan adanya UMKM maka banyak hal positif dapat tercipta seperti terbukanya lapangan pekerjaan, meningkatkan taraf ekonomi suatu masyarakat, memberikan devisa bagi negara, serta membawa nama Indonesia hingga mancanegara .



Ekonomi di Indonesia bisa stabil diantaranya ditopang oleh banyaknya UMKM yang juga berkontribusi pada pemasukan negara. Dalam mengembangkan usahanya pelaku UMKM tentu membutuhkan mitra yang bisa memberikan dukungan baik berupa finansial, teknologi, pelatihan, dan promosi karena tanpa mitra yang terpecaya maka UMKM tidak bisa mengembangkan usahanya baik dalam ruang lingkup nasional bahkan internasional.



Untuk itulah PT SITTI yang sebelumnya lebih dikenal sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang platform iklan digital kontekstual dalam bahasa Indonesia membentuk anak perusahaan Nurbaya Initiative. Nurbaya Initiative sebagai ekosistem online memfokuskan kepada pengembangan teknologi para UMKM sehingga mereka memiliki akses ke pasar online yang ditargetkan mencapai 106 trilyun di tahun 2015. Diharapkan para UMKM Indonesia dapat menjadi sangat kompetitif di abad 21 ini. Dengan bantuan teknologi maka UMKM bisa melayani pembeli dari Sabang sampai Merauke bahkan mancanegara serta melihat report keuangan bulanan secara online.

Agar bisa membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya maka perlu menggandeng perbankan yang memiliki visi yang sama untuk membantu pembiayaan pelaku UMKM. Bank yang pertama berkolaborasi dalam pembiayaan pelaku UMKM di Pasar Tanah Abang dan Thamrin City ialah Bank Sinarmas.



Penandatangan MOU antara Bank Sinarmas dan Nurbaya Initiative  diadakan pada Jumat 7 November 2014 di loby Thamrin City. Sebelum penandatangan MOU, Direktur Bank Sinarmas bapak Freenyan Liwang mengatakan Unit Usaha yang masuk dalam kategori UMKM merupakan urat nadi perekonomian daerah dan nasional. Pelaku ekonomi mayoritas di Indonesia 99 % adalah pelaku UMKM yang terus tumbuh dan signifikan dan menjadi penopang stabilitas perekonomian nasional. Maka Bank Sinarmas melihat ini sebagai peluang besar untuk mengembangkan produk-produk yang berorientasi ekspor. Selain itu Bank Sinarmas berencana menyalurkan pembiayaan UMKM sebesar 400 milyar hingga akhir Desember 2015, tentunya dengan suku bunga yang kompetitif dan bersaing di pasar.



Sambutan kedua diberikan oleh Founder Nurbaya Initiative bapak Andi Sjarif mengatakan UMKM tidak perlu dibantu karena 56 % ekonomi Indonesia telah dibantu namun UMKM hanya perlu mitra agar bisa sustainable dengan bantuan teknologi dan finansial. maka penandatangan ini adalah sejarah karena bank yang pertama kali berkolaborasi adalah Bank Sinarmas.Selain itu perjanjian ini merupakan terobosan dimana penguatan UMKM terjadi dari sisi finansial dan teknologi.



Menurut ibu Yulia Pandansari Corporate Communication Nurbaya Initiative banyak benefit yang akan diperoleh bagi UMKM yang tergabung dalam ekosistem Nurbaya Initiative antara lain pinjaman modal dari 2,5 juta hingga puluhan juta, promosi secara online di marketplace yang bekerjasama dengan Nurbaya Initiative serta akan ada sharing bagaimana mengembangkan usaha dengan bantuan teknologi.

Syarat bergabung dalam ekosistem Nurbaya Initiative pun cukup mudah cukup mengisi formulir pendaftaran, kemudian membayar keanggotaan sebesar 2,5 juta per tahun atau meminjam biaya keanggotaan dari Nurbaya Initiative, memiliki alamat toko yang jelas dan benar, jika hanya memiliki toko online pun juga bisa asalkan ada alamat dan nomor telepon yang jelas serta telah beroperasi minimal 1 tahun.

Dengan bergabung dalam ekosistem Nurbaya Initiative maka peluang UMKM untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar karena didukung secara teknologi oleh Nurbaya Initiative dan finansial oleh Bank Sinarmas.


Comments

  1. Mantap nih Mba, pemberdayaan UKM nya ya :)
    Acaranya seru gak Mba Nisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih komentarnya Mba ani :) acaranya lumayan seru kok...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Kulit Sehat Dan Bersinar Dengan Bahan Alami Gizi Super Cream