Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dengan Kegiatan Rumah Belajar Kita #AksiBarengLazismu

Dalam pembukaan UUD 45 di alenia ke 4 tercantum salah satu tujuan negara Indonesia ialah Mencerdaskan Kehidupan Bangsa serta dalam pasal 31 terdapat pasal yang yang menyatakan "Setiap Warga Negara berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran yang layak". Maka seharusnya setiap orang di negara Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang layak hingga jenjang perguruan tinggi tanpa perlu ada kendala biaya maupun infrastruktur dan lainnya.


Namun kenyataannya di sekitar kita masih banyak anak putus sekolah karena tidak dapat melanjutkan pendidikan karena berbagai keterbatasan. Banyak hal yang menyalahkan pemerintah karena tidak dapat memberikan pendidikan dengan layak. Padahal anggaran triliunan rupiah sudah dikucurkan setiap tahunnya namun masih saja ditemui gedung sekolah yang rusak, jalanan yang tidak bisa dilalui, honor guru yang belum dibayar, dll.


Padahal tugas untuk mencerdakan kehidupan bangsa adalah tugas semua orang dari semua elemen masyarakat karena pendidikan sekarang adalah kebutuhan setiap orang agar bisa menjadi lebih baik.  Semua orang bisa berpartisipasi dengan memberikan ilmu kepada orang yang kurang beruntung. Dengan bantuan social media sebuah kegiatan berbagi dapat disebar luaskan agar bisa mengajak banyak orang dan membantu lebih banyak orang lagi.

Sekarang sudah banyak kegiatan yang dilakukan baik organisasi maupun komunitas agar bisa memperbaiki pendidikan lebih baik lagi. Yang tadinya kegiatan dilakukan dengan skala kecil kini mulai berkembang menjadi skala besar. Termasuk saya sendiri bermula dari kegiatan kelas inspirasi yang saya ikuti di tahun 2013 dimana saya mengajar di sebuah SD di Jakarta Selatan maka di tahun yang sama saya dan teman-teman membentuk komunitas yang ingin berperan dalam pendidikan dengan nama "Rumah Belajar Kita". Kegiatan RBK (Rumah Belajar Kita) awalnya diadakan di daerah Pisangan Pondok Kopi dengan anak didik sekitar 60 anak yang mayoritas adalah anak kurang mampu atau kaum dhuafa.

Kemudian bertambah lagi di beberapa tempat seperti di Pasar Rebo, Pasar Minggu, Lenteng Agung, Depok, Bulak Rantai, Jatiwaringin, Duren Sawit, Manggarai, dan Kuningan Barat. Tentunya dengan bertambahnya tempat tentu juga bertambah pula biaya operasional yang dibutuhkan seperti alat tulis, alat sholat dan alquran, dan donasi berupa makanan dan alat sekolah lainnya.

Alhamdulilahnya ada beberapa donatur yang menyumbangkan baik berupa materi maupun tenaga dan waktu untuk berbagi dengan adik-adik yang membutuhkan. Adik-adik yang menjadi target didik kami terdiri dari rentang pendidikan SD hingga SMA dengan kondisi ekonomi yang berbeda. Kegiatan Rumah Belajar Kita saat ini telah dinaungi oleh Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa yang terus membuka pintu donasi bagi siapa saja yang ingin terus berperan dalam perbaikan pendidikan di Indonesia. Pendidikan yang diberikan dalam kegiatan Rumah Belajar Kita bersifat pendidikan karakter seperti organisasi, sopan santun, kepempimpinan, akhlak yang islami, dll Karena dengan pendidikan karakter pulalah generasi muda kelak dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi di Indonesia.

Saat ini ialah era dimana setiap lembaga, organisasi, maupun komunitas saling berkolaborasi untuk memperbaiki hal-hal yang kurang baik di Indonesia salah satunya bidang pendidikan. Karena pendidikan pulalah salah satu solusi agar kualitas SDM bangsa Indonesia lebih baik dan dapat melahirkan pemimpin yang tidak hanya cerdas secara akademis namun memiliki moral yang mulia sehingga bisa memberikan panutan yang baik bagi orang banyak. Dengan kolaborasi hal-hal yang sulit dilakukan bisa dengan mudah dilakukan karena dengan bergandengan tangan maka hal berat bisa terasa lebih mudah


Sebagai lembaga yang sudah lama berdiri saya yakin Lazismu dapat berperan serta dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memberikan donasi berupa materi dan non materi dalam bidang pendidikan seperti Gerakan Orang Tua Asuh, Pesantren Sains, dan Save Our Schools. Saya berharap komunitas Rumah Belajar Kita bisa berkolaborasi dan menerima donasi dari Lazismu agar misi kami memberikan pendidikan hingga pelosok Indonesia bisa terwujud.

Di tahun 2015 mendatang komunitas kami berencana mengadakan kegiatan Festival Pendidikan Rumah Belajar Kita dimana kami akan memajang hasil karya adik-adik RBK yang telah dikerjakan, menampilkan bakat-bakat adik Rumah Belajar Kita serta pemberian informasi kepada masyarakat umum tentang kegiatan RBK dan pendaftaran volunter bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan Rumah Belajar Kita.

Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba