Pesta Wirausaha 2015 "Indonesia Juara MEA"

Dalam rangka menyambut era globalisasi dan menuju pasar bebas Asia Tenggara atau yang disebut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan membuka arus perdagangan, jasa bahkan tenaga kerja untuk negara-negara yang masuk dalam kawasan Asia Tenggara. Perdagangan mengalami mobilisasi antar negara yang lebih mudah, pertukaran tenaga kerja yang lebih handalpun tidak dapat dielakkan, namun apakah Indonesia sudah siap dengan menghadapi MEA yang tinggal beberapa bulan lagi?



Kalau dilihat dari kekayaan alam, bukan hal yang mustahil Indonesia menjadi juara MEA namun jika melihat SDM di Indonesia banyak hal yang perlu dipersiapkan. Untuk itulah Komunitas Tangan Diatas (TDA) komunitas bisnis yang saat ini mempunyai wilayah perwakilan di kota 55 kota seluruh pelosok Indonesia dan 3 negara diluar Indonesia yang memiliki Visi "Membentuk pengusaha-pengusaha tangguh dan sukses yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban " yang salah satu Misinya adalah menciptakan 10.000 pengusaha milyarder hingga tahun 2018.



Pada konferensi pers yang diadakan Komunitas TDA dan  Nurbaya Initiative di Balai Kartini 13 November 2014 Menurut Direktur Pesta Wirausaha, Bapak Mustofa Romdloni Pesta Wirausaha 2015 ini mengambil tema "Indonesia Juara MEA"akan diadakan di 15 kota di Indonesia yang diawali di Bekasi tanggal 15 November dan diakhiri di Jakarta pada tanggal 3,4,5 April 2015 di Gedung Sasono TMII Jakarta. Dalam acara tersebut akan dihadiri 5000 enterpreneur, 15.000 pengunjung, 250 + stand expo dan 35 + lokal & international expo. Yang lebih istimewa lagi akan mengundang pembicara baik skala lokal maupun internasional seperti Paul Rivera dan Princess Reema dari Kerajaan Arab Saudi.



Pembicara kedua Bapak Roni selaku pendiri Komunitas TDA mengatakan pesta wirausaha sebenarnya sudah dimulai sejak 2007 namun hanya bisa diikuti kalangan internal yang sudah bergabung dalam komunitas tersebut dalam rangka memperingati ulang tahun TDA. Namun sejak 2009 pesta wirausaha mulai ditujukan untuk umum / nasional. Pesta wirausaha sendiri merupakan gathering atau puncak kegiatan yang telah dilakukan TDA dalam satu tahun. Kegiatan TDA yang telah diadakan dalam satu tahun antara lain workshop, seminar, networking bahkan kunjungan ke luar negeri agar menambah wawasan para pengusaha dalam negeri.



Tema yang dipilih tahun ini "Indonesia Juara MEA" karena kita harus mendapatkan solusi atau langkah yang tepat untuk menghadapi MEA bukannya bersikap takut atau pesimis karena mau tidak mau Indonesia harus menghadapinya.



Selanjutnya menurut Bp Andi Sjarif selaku CEO Nurbaya Initiative mengatakan Ekonomi Indonesia 75 % telah dibantu UKM tapi masalahnya baru 0.4 % UKM yang terkoneksi internet. Sedangkan menurut data dari lembaga survey asing mengatakan jumlah transaksi internet di Indonesia pada tahun 2013-2014 mencapai 50 triliun dan akan terus meningkat setiap tahunnya. Maka dari itu 50 juta UKM di Indonesia harus terkoneksi internet agar bisa bersaing dengan negara lain dan melayani pembeli hingga luar negeri jika tidak transaksi yang diperkirakan 106 triliun di tahun depan akan lari ke luar negeri. Maka Nurbaya Initiative memfasilitasi para UKM agar bisa terkoneksi di internet.



Kemudian Bapak Wempy Dyocta Koto selaku pengusaha sukses yang pernah tinggal di luar negeri mengatakan beliau bergabung dengan komunitas TDA sejak 2 tahun lalu dengan membagikan ilmunya di beberapa kota antara lain Makassar, Banjarmasin, Padang, dll. Dengan bergabung dengan komunitas TDA maka Pak Wempy ingin membawa inspirasi dunia ke Indonesia dengan menghadirkan pembicara tingkat internasional yang dapat membagikan ilmunya ke pengusaha Indonesia.

Dengan adanya komunitas TDA dan kegiatan Pesta Wirausaha 2015 maka akan membawa perubahan positif pada masyarakat Indonesia agar bisa mandiri dan siap bersaing dengan negara lain serta menciptakan lapangan kerja tanpa harus meminjam ke bangsa lain.



Acara diakhiri dengan sesi potong tumpeng sebagai tanda dimulainya kegiatan Pesta Wirausaha 2015 yang bekerja sama dengan banyak pihak agar kegiatan berjalan lancar dan bermanfaat bagi banyak orang.






Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang