Forum Digital Bagi Komunitas dan Blogger Dari Indosat

Semenjak adanya era reformasi di Indonesia dan perkembangan teknologi yang pesat, maka kebebasan berekspresi di Indonesia pun makin beraneka ragam. Jika dahulu generasi muda takut menyatakan pendapat atau bingung mencari tempat untuk menyalurkan hobinya. Kini dengan adanya social media beragam komunitas pun muncul. Komunitas muncul karena beberapa hal misalnya ingin menemukan kesamaan hobi terhadap sesuatu atau sebagai kepedulian terhadap permasalahan sosial yang kurang diperhatikan pemerintah.


Dengan hadirnya social media dan forum maka memudahkan berbagai komunitas saling menyalurkan kreatifitas baik di bidang seni ataupun lainnya, selain itu melalui social media beberapa komunitas bisa saling berkolaborasi agar bisa memberikan perubahan pada masyarakat. Begitu pula dengan blogger, dahulu menjalani profesi sebagai blogger masih dianggap aneh karena belum familiar. Namun sekarang berbagai media besar yang sudah lama menerbitkan koran maupun majalah berlomba-lomba membuat situs yang memberikan wadah bagi para blogger untuk menuliskan ide-idenya. Beberapa instansi pemerintah pun mulai mengundang blogger agar dapat menyampaikan informasi dengan detail kepada masyarakat.



Sebagai salah satu perusahaan operator telekomunikasi yang memiliki jumlah pelanggan yang cukup besar, Indosat telah menerima berbagai masukan dari beberapa komunitas agar memiliki wadah yang tidak hanya menerima ide kreatif namun juga bisa memberikan solusi. Maka pada 7 Februari 2015 lalu Indosat meluncurkan sebuah forum yang dinamakan "ICITY" dan bisa diakses melalui http://icity.indosat.com. Forum online ini merupakan crowd sourcing platform pertama di Asia Pasific. Pada acara peluncuran yang diadakan di  Indosat  mengundang beberapa komunitas blogger yang ada di Jabodetabek agar bisa memperkenalkan dan mengajak blogger untuk aktif menulis dalam forum tersebut.



ICITY sendiri awalnya bernama Forum Ngobrol Bareng yang pernah disosialisasikanpada tahun 2012. Namun forum tersebut dikembangkan lebih baik lagi agar bisa menampung masukan dari pengguna indosat dan komunitas lainnya. Kini ICITY bukan sekedar memberikan solusi sekedar gadget dan teknologi namun juga bisa mengetahui event terbaru dan komunitas yang ada di masyarakat. Sejak tahun 2014 sudah lebih dari 2000 bank solusi yang sudah terverifikasi, 18000 member sudah terdaftar, 95000 lebih posting di bulan Januari dan sebanyak 8.000.000 orang yang sudah mengakses icity.indosat.com



sumber : icity.indosat.com

Dalam ICITY terdapat berbagai level user yang terdaftar mulai dari newbie sampai master. Sistem rewards pun beraneka ragam mulai dari pulsa, voucher belanja, tiket konser, bahkan diundang secara eksklusif di acara Indosat. Kehadiran blogger di Indonesia pun kini tidak bisa dianggap remeh karena blogger dianggap memiliki kekuatan cukup besar ke 5 setelah pers atau media massa. Umumnya empat tujuan orang menulis blog ialah untuk share, connect, create dan inspire. Menurut data dari media bisnis dan marketing 81 % populasi online percaya saran dan informasi yang didapat dari blogger. Hal ini disebabkan blogger menulis berdasarkan pengalaman pribadi tanpa rekayasa yang ingin berbagi bukan sekedar menjual sebuah produk. Bahkan saya pribadi sebelum membeli produk pun biasanya membaca review blog seseorang untuk rekomendasi membeli produk.

Kini sekitar 61 % transaksi jual beli online pun terjadi atas rekomendasi blogger. Ini membuktikan rekomendasi blogger semakin dipehitungkan dan dipercaya konsumen dibandingkan iklan di media massa. Jumlah blogger di dunia pun meningkat dengan pesat, sekarang sekitar 1,5 milyar blogger aktif di internet. Lima juta lebih berasal dari Indonesia, dan kini setiap tahun diperingati pula hari blogger nasional tanggal 27 Oktober. Bahasa Indonesia termasuk dalam lima besar bahasa yang sering digunakan dalam menulis blog.

Kenapa Indosat dalam hampir setiap kegiatan sering melibatkan blogger? Ternyata blogger dan Indosat memiliki tujuan yang sama yaitu membuat masyarakat menjadi lebih baik atau "Enriching People Life". Dimana dengan adanya teknologi digital Indosat ingin bisa membantu perekonomian masyarakat menjadi lebih baik. Salah satu project yang dilakukan indosat ialah batikology. Batikology ialah sebuah platform untuk melestarikan batik dengan sistem crowdsourcing.




Bagi saya pribadi, kehadiran ICITY bagi komunitas dan blogger merupakan langkah positif bagi perusahaan untuk masyarakat. Dalam forum ini saya ingin bisa berbagi dan menyebarluaskan informasi positif mengenai kegiatan komunitas saya dan berkolaborasi dengan komunitas lainnya. Selain itu membuat saya terpacu menulis lebih baik lagi sehingga bukan sekedar mendapatkan popularitas maupun materi namun juga memberikan solusi bagi orang lain.




Pada saat peluncuran ICITY pun saya langsung mendaftar sebagai member dengan mengklik daftar pada sebelah kiri atas kemudian mengisi email dan password. Setelah daftar saya lalu mendapat email konfirmasi kemudian di klik untuk mengaktifkan akun saya. Ternyata sangat mudah untuk menjadi member di ICITY. Saya pun berencana untuk menuliskan profil komunitas dan menginformasikan event komunitas saya dalam ICITY. Semoga kedepannya member ICITY semakin bertambah dan forum digital Indosat bisa membawa nama positif Indonesia ke tingkat mancanegara.


Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang