Inovasi Teknologi Komunikasi Dalam Negeri Untuk Kemudahan Berkomunikasi

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan yang penting dari anak-anak hingga dewasa di berbagai kota di Indonesia. Jika sehari tidak dapat mengakses internet rasanya seperti tinggal di gua bertahun-tahun, karena tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain dan ketinggalan banyak informasi penting. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang mengalami peningkatan, membuat perusahaan provider telekomunikasi berlomba -lomba memberikan layanan terbaik bagi konsumennya mulai dari paket internet yang murah dan kemudahan dalam berkomunikasi baik dengan video dan teks dengan berbagai aplikasi pesan yang mudah diunduh.






Dengan pertumbuhan pengguna internet yang meningkat, membuat beberapa perusahaan asing pun berlomba-lomba membuka kantornya di Indonesia misalnya Google, Facebook dan Twitter. Mereka menyadari Indonesia menjadi pasar yang penting selain negara maju di benua Eropa maupun Amerika. Sebagai perusahaan dalam negeri yang bergerak di bidang telekomunikasi, Telkom tidak ingin ketinggalan dengan terus melakukan inovasi untuk memudahkan pelanggan dalam berkomunikasi. Telkom meluncurkan konten untuk memperkaya Indihome (indihome.co.id)yaitu layanan video call UmeetMe yang dapat memudahkan pelanggan Indihome berkomunikasi dan memantau keluarga dirumah. UMeetMe (umeetme.id) adalah aplikasi video call yang mudah, untuk berkoloborasi kapan saja dan dimana saja, dengan diakses melalui laptop,gadget android atau windows.




Saat perkenalan layanan UMeetMe, Chief of Telkom DDB Accelerator Achmad Sugiarto menjelaskan bahwa dengan membeli paket Indihome maka pelanggan langsung mendapatkan user ID UMeetMe. Aplikasi UMeetMe dapat didownload di http://umeetme.id. Setelah menginstal UMeetMe pelanggan Indihome cukup login dan menikmati layanan video call UMeetMeNah dengan aplikasi ini bisa memudahkan pula bagi karyawan yang sibuk namun ingin melanjutkan kuliah, bisa mengikuti perkuliahan secara online walaupun dari jarak jauh sekalipun. Keunggulan   video call pada UMeetMe yang dapat digunakan secara multiuser dengan fitur lengkap seperti telemeeting, agenda, presentasi, chatting, dan dekstop share.



Pada acara Demo Produk DDB Accelerator tanggal 9 April 2015 di Gedung Menara Multimedia Jakarta, Telkom juga memperkenalkan layanan kesehatan dengan nama UDoctor (www.udoctor.co.id). Layanan ini memudahkan bagi orang yang ingin berkonsultasi dengan dokter tentang suatu penyakit tanpa harus ke rumah sakit. Dokter yang digandeng dalam layanan ini adalah dr Tiwi sebagai dokter spesialis anak yang akan berbagi sebagai narasumber dan penyedia konten.  Dokter Tiwi sendiri awalnya mengaku gaptek dengan social media, namun karena banyak pasien yang menanyakan akun twitter untuk berkonsultasi lambat laun ia pun berpikir untuk aktif di social media. Hal lain yang ia lihat dari dampak social media ialah dapat menyebarluaskan informasi positif dengan cepat ke berbagai kalangan.




Selain memperkenalkan fitur UMeetMe dan UDoctor, Telkom juga menampilkan mini drama yang terdapat sepasang suami istri awalnya ingin menghubungi kerabat dan teman yang menghubungi di Jogja dan di Bali. Kemudian dengan menggunakan layanan dari Telkom hal tersebut menjadi lebih mudah karena komunikasi dapat dilakukan melalui televisi yang menggunakan indihome dengan jelas dan mudah. Ketika pasangan tersebut panik melihat anaknya yang demam namun ingin bertanya penanganan yang tepat sebelum ke rumah sakit, maka cukup mengakses www.udoctor.co.id dapat mengetahui langkah apa yang harus dilakukan  untuk mengatasi demam pada anak.




Dari acara ini, saya jadi mengetahui bahwa perusahaan telekomunikasi dalam negeri pun memiliki layanan yang canggih dan bermanfaat. Walaupun masih banyak kendala dalam infrastruktur, namun Telkom terus melakukan inovasi agar bisa menjadi perusahaan dalam negeri yang memberikan kemudahan berkomunikasi. Selain mengembangkan berbagai layanan, Telkom juga mengembangkan inovasi dalam bentuk akselerasi agar start up lokal Indonesia bisa menjadi bagian dari pengembang aplikasi yang akan memperkaya konten Indihome maupunTelkomsel. Melalui Divisi Digital Business (DDB) Accelerator, Telkom mengemas program bagi start up mulai dari perencanaan hingga program aksi.





Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba