Saatnya Pakai Formula Untuk Gigi dan Mulut Yang Lebih Sehat

Bicara kesehatan gigi dan mulut di masyarakat Indonesia, masih banyak ditemukan beberapa masalah yang ada salah satunya adalah gigi berlubang. Menurut data dari Riskesda tahun 2013, bahwa 72 % masalah gigi berlubang. Padahal sosialisasi untuk menyikat gigi sudah sering dilakukan ke berbagai sekolah di beberapa kota di Indonesia. Ternyata salah satu penyebabnya ialah perawatan kesehatan gigi dan mulut yang kurang tepat diantaranya pemilihan pasta dan sikat gigi yang kurang tepat.







Untuk mengatasi gigi berlubang, tentunya butuh kesadaran yang dimulai dari diri sendiri untuk memperbaiki mindset yang selama ini kurang tepat. Hal yang sering terjadi pada saya maupun masyarakat umum lainya ialah malas mengganti sikat gigi. Bahkan saya pernah dalam setahun hanya dua kali mengganti sikat gigi karena malas dan kurang perduli terhadap kesehatan gigi dan mulut. Ternyata kebiasaan tersebut memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan gigi dan mulut karena menurut peneliti dari University of Manchester menemukan lebih dari 200 juta bakteri pada bulu sikat gigi jika tidak diganti lebih dari tiga bulan.




Fakta lain yang menyangkut kebiasaan masyarakat Indonesia adalah ganti sikat gigi hanya satu kali dalam sepuluh bulan padahal idealnya minimal tiga bulan sekali mengganti sikat gigi. Selain itu, masyarakat menggunakan pasta gigi secara turun temurun tanpa fungsi dan kandungan yang tepat untuk gigi. Melihat fakta tersebut, Formula sebagai merk produk perawatan mulut dan asli Indonesia sejak tahun 1984 mengadakan kampanye edukasi "Ayo Ganti Pakai Formula" yang digagas oleh Formula Oral Care agar masyarakat Indonesia memiliki gigi dan mulut yang lebih sehat. Dalam acara media dan blogger gathering yang diadakan di Double Tree Hilton Menteng 14 April 2015, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group Yuna Eka Kristina mengatakan tujuan dari kampanye tersebut bertujuan mengedukasi masyarakat agar mengganti sikat gigi rutin tiga bulan sekali dan menggunakan pasta gigi yang melindungi gigi dari asam penyebab keropos.




Menurut Prof.Dr.drg.Melanie S Djamil, MBiomed FICD Lab Biocare dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti dari 90 % orang yang menyikat gigi hanya 2.5 % yang menyikat gigi dengan benar. Padahal kesadaran untuk menyikat gigi sudah meningkat namun cara menyikat gigi masih banyak yang kurang tepat. Cara yang tepat dalam menyikat gigi ialah menyikat dari arah gusi ke gigi secara perlahan-lahan. Agar gigi dan mulut lebih sehat masyarakat dianjurkan untuk memakai sikat gigi yang nyaman yang ujung kepala mengecil sehingga bisa menjangkau bagian mulut belakang, berbulu lembut agar tidak melukai gusi, dan memiliki gagang yang tidak terlalu berlekuk dengan ukuran yang sesuai bentuk genggaman tangan.




Pemilihan pasta gigi juga merupakan hal yang penting. Sisa makanan di dalam mulut akan menjadi asam, dan gigi kita sangat rentan akan serangan asam. Jika gigi kita terpapar asam terus menerus, maka kalsium gigi akan mengeropos dan gigi cepat rusak. Formula hadir dalam berbagai pilihan dan dibuat dengan teknologi tinggi yang menghasilkan sikat dengan ujung yang bulat dan bulu yang lembut, ujung kepala mengecil, serta gagang yang nyaman digenggam. Untuk menjawab kebutuhan pasta gigi, Formula memiliki Pasta Gigi Strong Protector yang mengandung System Protective Layer (SPL) yang memiliki duo fluoride agar melindungi email gigi dari asam.



Untuk membuktikan kandungan SPL, Formula mengadakan percobaan Eggsperimen yang menggunakan cangkang telur karena gigi dan cangkang telur memiliki kesamaan yang memiliki kandungan kalsium serta menggunakan cuka dapur yang menggambarkan asam. Setelah cangkang telur direndam dalam pasta gigi Formula Strong Protector dan pasta gigi lainnya selama empat hari, kemudian pasta gigi dibersihkan menggunakan air dan dikeringkan dan dimasukkan ke dalam cairan cuka.






Saat melihat Eggsperimen dipraktekkan, saya melihat cangkang telur yang tidak menggunakan pasta gigi Formula lama-kelamaan kulitnya mengelupas dan menjadi rapuh sedangkan cangkang kulit yang menggunakan Formula tetap utuh dan kuat. Saya pun menjadi yakin kandungan SPL pada Formula bukan sekedar iklan namun fakta karena telah dipraktekkan hasilnya. Hal tersebut juga diyakini oleh Maia Estianty selaku brand ambasaddor yang sebelumnya tidak terlalu perduli akan kesehatan gigi dan mulut serta memiliki banyak gigi berlubang kini menjadi lebih perduli dengan Formula. Maia mengatakan penyebab giginya berlubang karena ia sering meminum kopi dan memakan permen yang bukan sugarfree atau bebas gula.






Dengan produk sikat gigi dan pasta gigi Formula, saya tanpa pikir panjang ingin segera beralih agar gigi lebih kuat dari dampak negatif asam. Mengingat beberapa gigi saya sudah ada yang berlubang, maka butuh perlindungan agar tetap kuat dan tidak mudah keropos. Mari kita dukung kampanye edukasi "Ayo Ganti Pakai Formula" dengan memakai sikat dan pasta gigi Formula agar mengurangi masalah gigi pada masyarakat Indonesia.









Comments

  1. ganti sikat gigi 3 bulan sekali?
    saya malah ga pernah ganti, wong saya pake siwak :)
    he he he

    eh ada maia estianty?
    kalo liat beliau, gimana gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh pake siwak toh mas... jadi gimana Mas emangnya?? hehehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

ulasan film sokola rimba

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya