Sahabat Yang Selalu Menemani Wanita Selama 21 Tahun

Setiap bulan sebagai perempuan pasti akan merasakan nyeri ketika tamu bulanan datang. Sejak SMA saya sering kesakitan ketika tamu bulanan itu datang apalagi sejak SMA saya aktif ikut ekskul Paskibra, kemudian ketika kuliah mengikuti kegiatan fotografi dan pers mahasiswa. Karena terbiasa dengan banyak kegiatan, makan dan istirahat yang tidak teratur maka ketika hari pertama datang bulan rasanya sakit, lemas, bahkan sampai terkapar di tempat tidur. Melihat anaknya selalu lemas ketika datang bulan, ibu saya selalu menasihati untuk meminum jamu beras kencur dan kunyit asam supaya memperlancar datang bulan.


Awalnya saya kurang suka minum jamu karena rasanya yang pahit dan aroma yang menyengat. Namun karena terbiasa minum setiap bulan lambat laun menjadi suka dan nyeri perut menjadi berkurang setelah meminum jamu. Saat di tahun 2004, ibu saya harus kerja keluar kota sampai seminggu lebih, terpaksa saya sendirian menahan sakit di hari pertama datang bulan bahkan saya tidak masuk kuliah karena tidak kuat keluar rumah dengan kondisi lemas. Sore harinya ibu pun menelpon menanyakan kabar saya ketika saya menjawab badan saya yang lemas bahkan tidak masuk kuliah, ibu langsung menyarankan untuk membeli Kiranti agar nyeri perut berkurang.






Awalnya saya tidak percaya kalau ibu menyuruh membeli dan meminum Kiranti, karena saya sering melihat iklan di televisi namun belum pernah meminumnya.  Karena ingin segera menghilangkan nyeri dan menuruti nasehat orang tua, saya langsung menuju toko terdekat untuk membeli Kiranti. Waktu itu 1 botol harganya hanya Rp 2.500 dengan uang Rp 5.000 saya membeli dua botol dan langsung meminum ketika sampai di rumah. Sebelum minum terlebih dahulu saya mengocok sebentar lalu diminum. Ketika diminum rasanya seperti jamu yang biasa saya minum yaitu kunyit asam.

 

Tanpa terasa 21 tahun Kiranti telah menemani wanita Indonesia dan menjadi sahabat di kala datang bulan. Ketika saya menghadiri perayaan 21 tahun Kiranti 22 April 2015 di Balai Kartini Jakarta. Ternyata apa yang saya alami ketika datang bulan merupakan hal yang wajar, karena menurut dr Ardiansjah Dara, SpOG ketika menstruasi lapisan dinding rahim luruh dan kelar dari tubuh menyebabkan kadar estrogen dan progesteron berkurang. Maka ketika menstruasi tubuh wanita akan mudah lelah dan mood swing.Rasa nyeri saat menstruasi muncul karena tubuh melepas hormon prostaglandin yang merangsang kontraksi otot untuk meluruhkan lapisan dinding rahim. Selain otot rahim berkontraksi dalam upaya meluruhkan lapisan dinding rahim, muncul juga rasa kram atau nyeri.



Setelah mendengar penjelasan medis dari dr Dara, dr Sophia Hage pun berbagi pengalaman saat mengalami menstruasi. Ia baru mulai merasakan nyeri saat duduk di bangku kuliah karena ketika mendapat jadwal koas ia makan tidak teratur hanya dengan satu porsi mie instan ditambah tekanan ketika harus membantu dokter yang tugas di UGD. Setelah merasa nyeri yang cukup lama, ia akhirnya memutuskan untuk merubah pola hidup menjadi teratur dengan mengikuti yoga seminggu tiga kali. Alasan dr Sophia memilih yoga ialah karena dalam yoga terdapat meditasi yang mengatur pernafasan sehingga membantu mengurangi rasa cemas atau stress. 

Hal lain yang ia lakukan ialah mengurangi makan junk food, kemudian mengkonsumsi bahan yang terbuat dari alami atau herbal. Akhirnya ia kini  sudah terbebas dari rasa nyeri menstruasi selama lima tahun. Ia berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat untuk memiliki pola hidup sehat dan mengkonsumsi obat herbal karena bahan herbal lebih mudah diserap tubuh dan tidak memiliki efek samping.



Sebagai brand ambassador Kiranti, Citra Kirana atau yang biasa dipanggil Ciki pun berbagi pengalaman pertama ketika menstruasi. Ia pertama kali menstruasi ketika kelas 1 SMP dan rasanya bingung karena ada sesuatu yang berbeda dalam tubuhnya. Ia juga sempat mengalami nyeri ketika menstruasi dan tidak dapat beraktifitas. Untung ada ibunya yang memberikan informasi untuk meminum Kiranti yang terbuat dari rempah alami agar bisa menjalani aktifitas dengan lancar.





Sebagai minuman herbal yang terbuat dari kunyit segar, kencur, jahe, asam jawa dan gula jawa. Kiranti telah melakukan riset untuk mengetahui masalah kesehatan wanita yang banyak dialami dari 72 % wanita Indonesia yang menstruasi, sebesar 62,7 %  menderita nyeri haid. Maka dengan kandungan bahan alami dan  sertifikasi CPOTB dari Menteri Kesehatan tahun 2005 Kiranti efektif mengurangi nyeri menstruasi dan aman jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan tidak menyebabkan kerusakan organ tubuh lainnya. Anjuran yang tepat untuk meminum Kiranti sebaiknya tiga hari sebelum, saat dan tiga hari setelah datang bulan.






Jika selama ini Kiranti identik dengan minuman untuk wanita, ada varian lain yang bisa diminum pria yaitu Kiranti Pegel Linu yang mengandung jahe, kunyit, kencur, dan madu untuk mengatasi pegal-pegal, keletihan dan menghangatkan tubuh. Selain itu bagi wanita yang kurang menyukai rasa jamu, bisa meminum Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice dimana kandungan jamu digabungkan dengan kesegaran buah jeruk. Kiranti selalu berusaha untuk dekat dengan konsumen wanita dengan membuat tema social media mulai dari facebook, twitter, dan website dengan nama DiaryKiranti agar bisa mencurahkan perasaan seperti halnya menulis diary ungkap bu Yuna Eka Kristina selaku Head Of Marketing Communication OT Group.





Setelah mendengar beberapa penjelasan dan pengalaman yang informatif, staf Kiranti membagikan satu botol Kiranti kepada tamu yang hadir. Pas banget karena itu hari pertama saya datang bulan dan terasa agak nyeri, kemudian secara serentak kami semua meminum Kiranti. Kue ulang tahun Kiranti pun dikeluarkan, semua pembicara termasuk direktur utama Kiranti pun ikut meniup lilin sebagai perayaan 21 tahun Kiranti hadir di Indonesia.



Sebuah perayaan yang menyenangkan dan membanggakan karena tidak terasa produk Indonesia bisa menjadi sahabat wanita yang telah menemani selama 21 tahun. Acara ini bertepatan pula dengan hari pertama saya datang bulan sehingga Kiranti yang diberikan langsung saya minum. Saya juga tak melewatkan untuk foto bareng dengan Citra Kirana yang cantik dan teman-teman Komunitas Emak Blogger. Semoga Kiranti akan terus hadir menjadi sahabat wanita Indonesia dan bisa berinovasi sehingga menghasilkan pilihan produk yang lebih banyak. 








Comments

  1. Ulasannya menarik banget, Nisaa

    ReplyDelete
  2. enak bnegt emang minum kiranti saat menstruasi bikin badan ngak pegel ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba bikin badan jadi mendingan mentruasi jadi lancar deh :)

      Delete
  3. Replies
    1. gak ada kok kayak minum jamu biasa cuma kemasannya berbeda :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba