Mengakses Informasi Kesehatan Menjadi Lebih Dekat

Saat ini selain umat muslim sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, di Indonesia juga sedang memasuki musim kemarau. Musim dimana cuaca akan terasa sangat panas dan sinar matahari akan terasa begitu menyengat sehingga membuat saya sendiri menjadi malas untuk keluar rumah. Agar kondisi badan bisa tetap fit dan terhindar dari penyakit tidak hanya harus menjaga pola makan atau mengkonsumsi suplemen, tapi kita juga harus tahu bagaimana mencegah penyakit dan mengatasi penyakit dengan tepat. 


Memasuki era informasi yang semakin bebas diakses, terkadang membuat saya bingung apalagi jika informasi tersebut terkait kesehatan. Tentu saya tidak ingin mendapat informasi yang salah dari sumber yang kurang tepat. Sebelumnya untuk mendapat informasi tentang kesehatan yang tepat bukanlah hal yang mudah karena jumlah penduduk yang besar dan tersebar di lokasi yang belum semuanya terjangkau oleh pemerintah. Namun akses terhadap kesehatan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, pihak swasta juga memiliki peran dalam memudahkan akses masyarakat terhadap kesehatan.



Salah satu pihak swasta yang ingin mendekatkan diri kepada masyarakat Indonesia dan memberikan informasi yang akurat karena dari dokter yang profesional, Klikdokter.com kini merilis KlikDokter Mobile Apps. Sebelumnya website Klikdokter.com sudah hadir sejak 2008 yang bekerja sama dengan salah satu Fakultas Kedokteran di Indonesia, dalam websiter tersebut memuat berbagai informasi kesehatan mulai dari berita kesehatan, gaya hidup, profil sehat dan rubrik sehat. Melihat beberapa faktor seperti makin meningkatnya jenis-jenis penyakit baru dan masih rendahnya pencegahan penyakit tiap individu. Selain itu jumlah tenaga medis seperti dokter atau perawat masih belum sebanding dengan jumlah penduduk dan pemerataan kesehatan yang sulit dijangkau.





Maka melihat trend pengguna smartphone yang meningkat di beberapa kota di Indonesia, membuat Klikdokter.com meluncurkan Klikdokter Mobile Apps pada 8 Juni 2015. Bagi saya kehadiran aplikasi ini akan mempermudah saya mencari informasi kesehatan tanpa harus pergi ke rumah sakit. Bapak Andreas Santoso selaku President Direktur PT Lintas Karsa Buwana (KlikDokter.com) mengatakan dengan adanya aplikasi ini bisa mengurangi beban pemerintah dalam memberikan komunikasi, informasi, dan edukasi kesehatan kepada masyarakat.



Kini cukup mendownload aplikasi KlikDokter melalui Google PlayStore atau Apple AppSote, kita seolah-olah memiliki dokter pribadi yang mudah diakses. Selesai mendownload aplikasi KlikDoker, ada berbagai fitur yang saya coba antara lain Health Tools yang berlogo stetoskop. Dalam fitur tersebut ada beberapa informasi penting seperti Info P3K, Kalender Kehamilan, Body Mass Index, Pengecekan Kalori, Gangguan Bipolar, Gangguan Depresi, Gangguan Ejakulasi Dini dan Gangguan Terlalu Cemas.



Jika ingin bertanya lebih lanjut dengan dokter, tersedia pula fitur Live Chat yang bisa chatting online dengan dokter jika kita sudah register dengan email. Tidak hanya itu ketika kita dalam perjalanan namun tiba-tiba badan terasa tidak enak dan ingin segera membeli obat, dalam aplikasi KlikDokter tersedia fitur Direktori yang terdapat informasi obat, dokter, apotek dan rumah sakit. Fitur ini akan membantu jika harus menemui dokter segera. Terakhir dalam aplikasi KlikDokter, terdapat fitur other yang berisi informasi slide show, video, infografis, dan istilah medis A to Z. 





Wah dengan adanya aplikasi ini bertanya dengan dokter menjadi mudah dan praktis karena bisa diakses dimana saja dengan smartphone. Semoga dengan adanya aplikasi ini, bisa memudahkan masyarakat mengakses informasi kesehatan dengan tepat dan mudah serta bisa mengurangi penyakit berbahaya di masyarakat. Selamat buat tim KlikDokter.com atas inovasinya di bidang kesehatan dan saya berharap bisa menambah fitur lebih banyak serta bisa menjangkau semua lapisan masyarakat di Indonesia. 




Comments

  1. Ternyata udah ada yah aplikasinya juga untuk Smarphone. Baru tahu juga, soalnya selama ini selalu baca informasi dari klikdokter[dot]com dari laptop saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas baru launching aplikasinya bisa didownload gratis :)

      Delete
  2. konsultasinya sebatas apa mbak kalau tidak melihat pasien secara langsung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsultasinya hanya sebatas pencegahan dan saran aja mba karena untuk diagnosa harus tatap muka dengan dokternya langsung :)

      Delete
  3. wah, harus dimanfaatkan nih. dengan adanya aplikasi ini, semoga semakin banyak masyarakat yang paham tentang berbagai penyakit dan pencegahan/pengobatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba download aja gratis dan informasinya juga berguna untuk kesehatan :)

      Delete
  4. Terima kasih informasinya yang bermanfaat ini Nisa :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

ulasan film sokola rimba

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya