Sambut Jerman Fest Di Indonesia Bersama Menuju Masa Depan

Sebagai salah satu negara yang memiliki hubungan kerjasama yang cukup lama baik di bidang ekonomi, politik dan budaya, Indonesia menjadi negara yang dipilih pada kegiatan Jerman Festival tahun ini. Tahun-tahun sebelumnya Jerman Festival diadakan di berbagai negara seperti Cina, Rusia Brazil, dan tahun depan akan diadakan di Meksiko. Jerman Festival diadakan atas inisiatif Kementrian Luar Negeri Jerman yang diselenggarakan berkat kerja sama Goethe Institut, Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, dan EKONID. Penjelasan itu dikemukakan langsung oleh Mr. Heinrich Blömeke Direktur Goethe Institut saat Blogger Gathering Jerman Fest pada 19 Agustus 2015 di Goethe Institut Jakarta.



sumber : http://deutschesaison.com/


Pada festival yang berlangsung dari bulan September sampai Desember, akan ada banyak kegiatan yang melibatkan seniman Indonesia dan Jerman serta diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia. Pembukaan Jerman Festival akan dilaksanakan tanggal 5 September 2015 di Teater Taman Ismail Marzuki yang akan menayangkan film bisu "Metropolis" karya Fritz Lang yang juga 60 musisi yang tergabung dalam Orkes Film Babelsberg. Film ini juga akan ditayangkan di Ciputra Hall Sekolah Ciputra Surabaya tanggal 7 September 2015 dan Aula Barat ITB tanggal 9 September 2015.

sumber : http://deutschesaison.com/


Selain kegiatan pemutaran film, pada Jerman Festival juga akan mengadakan konser paduan suara interaktif yang menghadirkan paduan suara tertua radio Jerman yang memperoleh tiga Grammy Award tahun 2008, 2009, dan 2011Konser paduan suara ini akan berkolaborasi dengan Paduan Suara Paragita UI tanggal 21 Oktober 2015 di Aula Simfonia Kemayoran Jakarta, Paduan Suara Unpad tanggal 27 Oktober 2015 di Aula Universitas Padjajaran dan E Deum Voice tanggal 24 Oktober 2015 di Auditorium Universitas Sumatera Utara Medan. Keistimewaan konser ini ialah akan ada beberapa lagu yang dinyanyikan bersama penonton sehingga lebih interaktif.

sumber : http://deutschesaison.com/
Kegiatan unik lainnya yang melibatkan seniman dua negara yaitu pameran seni rupa yang diadakan di ruang publik Pasar Tebet Timur dan Pasar Tebet Barat. Salah satu seniman mas Ade Darmawan yang juga merupakan co founder Ruang Rupa mengatakan pameran ini memiliki banyak tantangannya antara lain tempat pameran yang beda dari biasanya sehingga membutuhkan riset yang tidak sebentar dan melibatkan seniman asing yang berbeda budaya. Kerjasama bidang budaya lainnya ialah kolaborasi antara teater boneka Papermoon dari Yogyakarta dan Refrofuturisten, Teater Garasi dan Rimini Protokol untuk proyek 100 % Yogyakarta yang merefleksikan masyarakat urban dan juga mengikutsertakan masyarakat umum selama pementasan di panggung.


Bagi penggemar bola, tentu sudah mengetahui kehebatan timnas Jerman yang berhasil memenangkan piala dunia 2014 di Brazil. Nah Jerman Festival akan memberikan kesempatan bagi pecinta bola di Indonesia untuk memenangkan tiket nonton antara Jerman dan Belanda di Hanover bulan November ini. Caranya cukup mudah, dengan mengirimkan video durasi 90 detik yang menunjukkan dukungan ke timnas Jerman dengan kreatif. Salah satu juri kompetisi ini, presenter sepak bola Pangeran Siahaan membocorkan agar bisa menang harus tampil beda tidak sekedar memakai kostum timnas Jerman namun bisa mencoba menggali sisi personal timnas Jerman misalnya kebiasaan atau hal yang disukai.

sumber : http://deutschesaison.com/

Bagi saya event Jerman Festival bukan sekedar menampilkan kolaborasi antara Jerman dan Indonesia, tapi juga memberikan kesempatan Indonesia menjadi Negara Tamu Kehormatan di Frankfurt Book Fair bulan Oktober ini. Tentu kesempatan ini akan membawa nama Indonesia di tingkat internasional. Selain itu berbagai kegiatan yang diadakan di Indonesia juga menarik untuk disaksikan agar menambah wawasan dan pengalaman tentang budaya yang berbeda. Apalagi pembukaan dan pameran dilaksanakan secara gratis sehingga memberi kesempatan masyarakat umum untuk datang dan terlibat langsung. Yuk datang ke event Jerman Festival tahun ini, info lebih lengkap bisa klik www.jermanfest.com



Comments

  1. wah asik dateng ah bikin kangen jerman ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dateng aja mba seru eventnya banyak :)

      Delete
  2. Wah berarti Indonesia keren ya bsa krjasama Dg Jerman.
    Pasti Nanti kolaborasi seniman Indonesia dg Jerman bkalan bgus bgt.
    Bangga jadinya. Mg festival beginian mkin maju dan diadakan tiap tahunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga sering sering diadakan di Indonesia yaa

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

ulasan film sokola rimba

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya