Minum Jamu Indonesia Buat Badan Sehat Dan Lebih Keren #SMESCONV

Karena saya lahir dan dibesarkan di Semarang yang terkenal dengan produksi jamu tradisionalnya, maka jamu sudah menjadi minuman yang mudah ditemui sejak kecil. Awalnya saya kurang suka dengan rasa dan baunya yang menyengat, namun berkat kesabaran ibu saya lama-lama saya menjadi terbiasa menjadi minum jamu. Jamu merupakan minuman tradisional yang mudah ditemui, memiliki khasiat yang bermanfaat buat tubuh dan harganya yang murah karena dibuat dari bahan alami yang mudah ditemui. Bahan yang digunakan untuk membuat jamu antara lain akar-akaran, daun-daunan, kulit batang, dan buah.


sumber : www.travel.kompas.com
Sedangkan manfaat yang saya peroleh setelah saya meminum jamu badan akan terasa lebih segar, pegal terasa berkurang, datang bulan menjadi lebih lancar dan tidak mudah jatuh sakit. Jenis jamu yang biasa saya minum yaitu beras kencur, kunir asam, cabe puyang dan sinom. Khasiat jamu sudah tidak perlu diragukan lagi karena jamu sudah digunakan di Indonesia sejak jaman Majapahit. Hal ini bisa dilihat di relief candi Borobudur yang menggambarkan kegiatan meracik jamu. Karena bahan untuk membuat jamu merupakan rempah-rempah asal Indonesia yang dibuat secara turun temurun maka jamu pun bisa dibilang sebagai minuman asli Indonesia.

Ketika meminum jamu selain mencium aroma khas rempah-rempah, merasakan jamu dan melihat warna berdasarkan bahan pembuatnya. Rempah-rempah yang biasanya dijadikan minuman jamu antara lain :

sumber : www.makassar.tribunnews.com
  • Kunyit 
Rempah yang berwarna kuning dan sedikit oranye ini memiliki banyak manfaat antara lain menyembuhkan penyakit radang sendi, mencegah sel kanker dalam tubuh dan melancarkan datang bulan. Kunyit biasanya diolah dengan temulawak, biji kedawung dengan sinom atau daun asam muda menjadi jamu kunir asam atau kunyit asam.

sumber : www.sehat99.com
  • Kencur 
Tanaman kencur mudah ditemukan di pegunungan yang subur. Manfaat dari kencur untuk kesehatan antara lain mengobati masuk angin, mengobati diare dan anti oksidan. Kencur umumnya ditumbuk sampai halus dan dicampur dengan beras dan gula merah yang direbus kemudian disaring menjadi jamu beras kencur yang siap diminum

www.sambiloto.org
  • Sambiloto 
Tanaman herbal yang berasal dari India dan Sri Lanka yang tinggi pohonnya bisa mencapai 90 cm. Khasiat sambiloto untuk kesehatan yaitu mengobati diare, influenza, dan kencing manis. Bahan sambiloto digabungkan dengan brotowali yang kemudian direbus hingga tersisa air rebusan separuhnya kemudian diminum. 


Seiring perkembangan jaman dan teknologi, jamu yang biasanya diminum langsung dari penjual jamu dan kurang tahan lama kini menjadi lebih praktis dengan kemasan sachet atau pil. Tidak hanya dikonsumsi orang Indonesia, produk jamu juga diekspor ke beberapa negara di Asia, Eropa bahkan Amerika sebagai bahan herbal yang alami dan tanpa efek samping. Beberapa perusahaan jamu besar memiliki kantor dan pabrik di Semarang seperti Nyonya Meneer, Sido Muncul dan Jamu Jago. Minuman jamu yang sebelumnya diolah secara tradisional telah berinovasi menggunakan mesin produksi yang canggih sehingga menghasilkan jamu kualitas ekspor.


Sebagai negara yang memiliki kekayaan budaya yang beraneka ragam dari berbagai daerah, sewajarnya memiliki tempat bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah untuk memasarkan produknya baik ke wisatawan dalam negeri maupun wisatawan manca negara. Melihat besarnya potensi Usaha Kecil dan Menengah atau UKM, Menteri Negara Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Suryadhama Ali membuka dan meresmikan UKM Gallery pada 3 April 2009. UKM Gallery ini berada di Gedung SME Tower Jalan Jend Gatot Subroto Kav 94 yang juga dikenal dengan gedung SMESCO.


SMESCO sendiri merupakan kepanjangan dari "Small Medium Enterprise and Cooperatives" atau Koperasi Usaha Kecil dan Menengah. SMESCO Indonesia didirikan pada Maret 2007 dengan tujuan mempromosikan produk unggulan buatan Indonesia kepada dunia internasional. Salah satu tempat yang disediakan untuk mempromosikan produk buatan Indonesia ialah UKM Gallery. UKM Gallery terdiri dari dua lantai yang memiliki berbagai kategori produk antara lain makanan, batik, tenun, kerajinan tangan, perhiasan, aksesori, keramik dan patung.




Agar bisa bersaing dengan produk impor yang banyak dijual di Indonesia, SMESCO berusaha merubah tampilan galeri menjadi lebih modern atau kekinian menjadi Galeri Indonesia Wow! Salah satu produk yang bisa dibeli Galeri Indonesia Wow! SMESCO ialah makanan, minuman tradisional dari berbagai daerah di Indonesia termasuk jamu. Produk jamu yang dijual masih menjaga keasliannya namun dengan kemasan yang lebih praktis menyesuaikan gaya hidup masyarakat yang menginginkan sesuatu yang orisinal dan praktis. Ada beberapa pilihan jamu yang dapat dibeli antara lain dengan kemasan sachet kecil yang berjumlah sepuluh buah harga Rp 16.000 dan kemasan mangkok plastik ukuran 260 gram harga Rp 25.000.


Dengan tersedianya produk jamu di dalam Galeri Indonesia Wow! SMESCO, produk jamu akan semakin dikenal baik bagi orang Indonesia maupun orang asing yang berkunjung ke Jakarta. Hal ini membuktikan brand atau merk lokal pun bisa bersaing dengan minuman herbal dari luar negri bahkan diekspor ke berbagai negara. Dengan membeli dan mengonsumsi jamu, kita juga turut berkontribusi memajukan merk lokal. Beruntunglah ada pihak yang memberikan tempat bagi UKM Indonesia mempromosikan produknya. Sampai sekarang pun saya masih bangga meminum jamu dan mengajak lingkungan terdekat saya untuk meminum jamu dan membeli produk lokal daripada produk asing.


Yuk tunjukkan kepada dunia bahwa produk lokal Indonesia lebih keren dan bisa bersaing dengan produk asing. Tunjukkan dengan setia membeli produk lokal dan membagikannya melalui media sosial. Hidup lebih sehat dan keren dengan minum jamu.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba