Belanja Kekinian Dalam Genggaman Dengan Aplikasi Bukalapak

Sebagai anak perempuan dalam keluarga, saya sejak kecil sering diajak ibu ke pasar tradisional berbelanja kebutuhan sehari-hari mulai dari sayuran, buah-buahan, dan perabot rumah tangga. Bagi saya kegiatan berbelanja merupakan kegiatan yang menyenangkan karena bisa membeli banyak makanan dengan harga murah dan banyak memperoleh tips yang praktis dari ibu saya. Setelah saya lulus kuliah, saya menjadi jarang belanja ke pasar tradisional karena sibuk bekerja dan waktu luang yang semakin berkurang. Saya sempat beralih belanja di pasar modern atau supermarket karena lebih bersih dan nyaman namun saya kurang nyaman ketika harus mengantri di kasir
Bertahun-tahun kemudian, perubahan tren gaya hidup pun terjadi di kota-kota besar. Banyak bermunculan mini market baru di sekitar komplek perumahan yang memudahkan orang belanja kebutuhan sehari-hari. Selain munculnya minimarket dan tempat belanja yang nyaman, orang kini lebih menyukai belanja secara online. Sekitar dua tahun terakhir bisnis ecommerce atau jual beli melalui situs online banyak diminati orang yang tinggal di kota besar. Umumnya orang membeli barang secara online karena lebih praktis, mudah, dan banyak harga promo yang lebih murah dibandingkan di pasar swalayan.

sumber : www.thejakartapost.com
Dengan semakin banyaknya situs belanja online yang hadir di Indonesia, pilihan belanja pun semakin beragam. Inovasi terus dilakukan agar belanja menjadi lebih mudah dan bisa dilakukan dimanapun tanpa harus membuka layar komputer. Maka di tahun 2015 aplikasi mobile menjadi tren dimana setiap orang bisa mengakses melalui smartphone baik ketika di rumah atau dalam perjalanan pulang menuju ke rumah. Banyaknya pengguna smartphone di Indonesia yang diperkirakan mencapai 55 juta orang hingga akhir tahun 2015. Menurut survey yang dilakukan Google dan TNS Research pada Januari sampai Maret 2015, sekitar 67% pengguna smartphone lebih memilih menggunakan smartphone untuk berbelanja online.


Melihat data tersebut, para pendiri dan pemilik situs jual beli online pun berupaya lebih mendekatkan diri dengan konsumen dengan membuat layanan aplikasi mobile yang bisa diunduh di smartphone. Salah satu situs jual beli ternama Indonesia, www.bukalapak.com kini hadir dalam genggaman berupa aplikasi yang mempermudah penjual dan pembeli melakukan transaksi. Bagi saya hadirnya aplikasi ini, menjual atau membeli barang menjadi lebih praktis. Agar belanja menjadi lebih mudah, maka cukup mengunduh aplikasi bukalapak di Google Play Store atau App Store. Karena saya pengguna android, maka mengunduh aplikasi ini bisa dilakukan dengan mudah asalkan koneksi internet lancar dan minimal sudah menggunakan OS Jelly Bean. Aplikasi bukalapak telah diunduh sebanyak satu juta kali dan hanya membutuhkan memori sebanyak 7,04 MB. 



Setelah mengunduh, aplikasi dengan logo huruf BL dengan warna latar merah yang merupakan kependekan dari bukalapak bisa langsung dibuka. Setelah membuka, pilih logo strip tiga di sebelah kiri atas untuk register. Maka akan muncul beberapa kolom biodata yang harus diisi mulai dari nama lengkap, username, alamat email, password, dan jenis kelamin. Setelah mendaftar maka akan menerima email konfirmasi dari bukalapak dan bisa segera menggunakan akun untuk membeli barang. Selain mendaftar kita juga bisa masuk atau log in dengan akun facebook atau Google +.  



Ketika sudah login, maka kita bisa mulai memilih barang yang akan dibeli bisa dari kategori atau diskon yang sedang promo hari ini. Barang yang dijual dengan harga promo sangat beragam mulai dari buku novel, bandana, batu akik, makanan, sepatu olah raga, sampai PS3. Jumlah diskon yang tersedia juga bervariasi mulai 5 % sampai 60 %. Melihat potongan harga yang lumayan besar dan murah membuat belanja menjadi aman karena tidak perlu takut jumlah tagihan atau biaya yang membengkak. 


Jika memilih membeli barang berdasarkan kategori, maka pilihan yang tersedia pun sangat beragam. Mulai dari produk perawatan tubuh, handphone, elektronik, onderdil mobil, batu cincin, sampai perlengkapan kantor. Setiap kategori ketika dipilih pun terdiri berbagai pilihan yang lebih spesifik yang memudahkan pembeli memilih barang yang diinginkan. Ketika memilih salah satu kategori misalnya makanan, pembeli bisa langsung mencari nama makanan berdasarkan nama atau jenisnya atau mengunakan filter yang mencari lebih detail berdasarkan lokasi dan harga. Setelah menemukan makanan atau barang yang cocok kita bisa mengklik gambar agar mengetahui informasi lengkap misalnya berat atau manfaat barang tersebut.


Setelah yakin dengan barang yang akan dibeli, bisa langsung mengklik beli di sebelah kanan bawah. Secara otomatis barang akan masuk ke keranjang belanja dan tercantum harga yang harus dibayar belum termasuk ongkos kirim. Selanjutnya akan muncul alamat pengiriman, nama, dan nomer telepon. Kemudian untuk pembayaran tersedia pilihan metode pembayaran dari dompet bukalapak, transfer bank, internet banking dan kartu kredit. Pilih sesuai metode yang sesuai dan bank yang sesuai dengan yang dipunya. Jika memilih transfer bank maka ada empat pilihan bank yang ada yaitu Mandiri, BCA, BNI dan BRI. 


Selesai melakukan pembayaran melalui atm, maka pembeli harus melakukan konfirmasi pembayaran agar barang bisa segera dikirim. Begitu pembeli mengkonfirmasi pembayaran, maka pihak bukalapak akan mengirimkan pemberitahuan ke pembeli untuk mengirimkan barang ke alamat pembeli. Jika dalam batas waktu penjual belum mengirimkan barang, maka uang yang telah dibayarkan pembeli akan dikembalikan sehingga pembeli tidak kehilangan uangnya. Sebaliknya jika penjual sudah mengirimkan barang ke alamat pembeli, maka pembeli harus segera mengkonfirmasi dan uang dari pembeli bisa dicairkan ke rekening penjual. 


Saya sudah mengetahui dan mendaftar menjadi anggota bukalapak sejak Juli 2013 dan mulai aktif menjual barang melalui aplikasi sebulan terakhir. Semenjak adanya aplikasi bukalapak, membeli barang menjadi lebih mudah dan bisa dilakukan kapanpun. Cukup membuka aplikasi kemudian memilih barang yang diinginkan melalui smartphone, membayar dan menerima barang tanpa repot antri atau terkena macet. Tidak perlu lagi menyalakan PC atau laptop untuk membeli barang. Belanja online kini bisa dilakukan dalam genggaman tangan. Bagi anda yang ingin belanja dengan kekinian melalui smartphone aplikasi bukalapak pilihan yang tepat. Yuk unduh segera aplikasinya dan segera nikmati kemudahan belanja dalam genggaman.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang