Menghilangkan Kejenuhan Dengan Kegiatan Mewarnai

Dewasa ini dengan perkembangan informasi yang begitu pesat menimbulkan efek yang berbeda pada manusia. Di satu sisi manusia dapat terbantu dengan mudahnya informasi, namun di sisi lain jika tidak bisa menyaring informasi dengan benar maka bisa menimbulkan kejenuhan akibat luapan informasi bahkan stress. Ditambah dengan banyaknya masalah dihadapi orang dewasa mulai dari tuntutan ekonomi, kemacetan, dan bencana alam membuat tingkat stress pada orang dewasa menjadi lebih tinggi. Maka sekarang di kota-kota besar di Indonesia maupun negara lainnya mulai banyak kegiatan relaksasi yang banyak diikuti orang dewasa. Kegiatan tersebut antara lain dengan yoga, meditasi, liburan ke tempat yang jauh dari keramaian dan mewarnai.
Kegiatan mewarnai saat ini menjadi tren di berbagai negara baik di benua Asia, Eropa, Australia bahkan Amerika tidak hanya untuk anak-anak juga untuk orang dewasa. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya buku Secret Garden : An Inky Treasure Hunt and Colouring Book di tahun 2013. Buku ini banyak dibeli orang dewasa untuk sekedar meluangkan waktunya untuk mencurahkan perasaaan melalui goresan warna. Awalnya bagi saya kegiatan mewarnai atau menggambar hanya sesuai dilakukan anak-anak kecil. Ternyata dengan adanya buku mewarnai untuk dewasa membuka pemikiran saya bahwa kegiatan mewarnai juga bisa dilakukan orang dewasa.

Bapak Yandramin Halim
Setelah melihat tren dan hasil riset di berbagai negara, salah satu produsen alat gambar yang sudah berpengalaman selama ratusan tahun, Faber Castell meluncurkan buku Colouring For Relaxation yang juga dilengkapi dengan connecting pen 45 warna. Acara peluncuran ini diadakan pada 31 Oktober 2015 di Gramedia Matraman yang dihadiri rekan media dan blogger. Menurut pak Yandramin Halim selaku Managing Director Faber Castell Internasional Indonesia kegiatan mewarnai memiliki banyak manfaat antara lain dapat meningkatkan mood, menghilangkan stress, dan meningkatkan komunikasi dalam keluarga terutama dengan anak-anak.

Kegiatan mewarnai akan lebih dilakukan bersama dengan anak-anak agar bisa memiliki kenangan yang menyenangkan dan hubungan orang tua dengan anak menjadi lebih harmonis tanpa ketergantungan gadget. Buku Colouring For Relaxation dipersiapkan di Indonesia selama sekitar lima bulan dengan detail yang lebih kecil agar bisa lebih menggunakan banyak warna. Kelebihan dari conecting pen Faber Castel sendiri warna yang dihasilkan lebih bagus dan bisa tahan lama hingga dua puluh lima tahun. Sehingga hasil kreasi warna kita bisa menjadi kenangan yang tak lekang oleh waktu.
mba Dian Vita Co Founder Komunitas Tabrak Warna
Dengan mulai berkembangnya tren mewarnai untuk orang dewasa, maka di Indonesia telah hadir komunitas Tabrak Warna yang mulai berdiri bulan Juni 2015 dan memiliki 2200 anggota dari berbagai profesi. Kegiatan rutin yang diadakan komunitas ini ialah berkumpul bersama di tempat yang disepakati kemudian mewarnai bersama dan saling bertukar pengalaman sesama anggota. Mba Dian Vita selaku Co Founder menyambut positif hadirnya buku Colouring For Relaxation yang bisa mewarnai dalam satu buku dan bisa disimpan sebagai kenangan di masa yang akan datang.

mas Gembong Store Manager Gramedia Matraman
Pihak toko buku Gramedia sendiri menurut mas Gembong selaku Store Manager Gramedia Matraman, mengatakan tren saat ini orang ke toko buku bukan sekedar membeli buku namun juga menjadi kegiatan yang menyenangkan. Dilihat data penjualan setiap bulannya, buku yang banyak dibeli di akhir pekan ialah fiksi dan komik. Menariknya lagi 70 % pembeli komik adalah orang dewasa dan 30 % anak-anak. Maka buku yang kini dibutuhkan orang dewasa lebih bersifat menghibur termasuk di dalamnya buku Secret Garden. Sejak awal tahun 2015 telah terjual 100 buku Secret Garden dalam dua bulan.


Bahkan buku Colouring For Relaxation ketika saya lihat lokasi rak bukunya di taruh di bagian depan di deretan buku best seller di toko buku Gramedia Matraman. Wah berarti tidak perlu malu jika membeli atau membawa buku mewarnai kemanapun. Ketika mewarnai pun tidak perlu takut dengan hasilnya karena tidak ada target yang membebani dan ekspresikan diri dengan bebas sesuai imajinasi kita. Ketika kita bosan menunggu atau sedang mengalami hal yang kurang menyenangkan maka bisa disalurkan dengan kegiatan mewarnai. Saat mewarnai kita bisa menikmati dunia yang menyenangkan seperti anak-anak.


Hadirnya buku Colouring For Relaxation ini bisa menjadi solusi bagi orang dewasa untuk menghilangkan kejenuhan atau stress yang menyenangkan. Kegiatan mewarnai jauh lebih bermanfaat dibandingkan meluapkan emosi atau kemarahan melalui media sosial yang bisa mempengaruhi orang lain. Nah daripada galau menulis status di media social lebih baik mewarnai buku Colouring For Relaxation dengan Faber Castell.




Comments

  1. Mahal gak bukunya? Itu kalo kita beli include dengan pinsil warnanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukunya 200 rban termasuk pennya dari Faber Castell

      Delete
  2. Tak kira cuma saya orang usia 20+ yang masih suka mewarnai buku bergambar. Wah, jadi bisa menyalurkan hobi nih. Kayanya harus segera meluncur ke toko buku biar ngga kehabisan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba jadi lebih PD beli buku mewarnai :)

      Delete
  3. lagi happening ya ini... aku pengen beliii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba lagi tren sekarang di toko buku :)

      Delete
  4. aku biasanya mewarnai bareng si ken mak, :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba