Menjelajah Sudut Kota Jakarta Dan Menjadikannya Nyaman Seperti Di Rumah



Tak terasa di tahun 2015 ini tujuh tahun saya menginjakkan kaki di Jakarta yang awalnya hanya bekerja kemudian melanjutkan sekolah, kini saya juga mendalami pekerjaan sesuai minat saya menulis, jalan-jalan dan menonton film. Setiap tahun banyak perubahan yang terjadi di Jakarta mulai dari bangunan perkantoran, apartemen, hotel, tempat makanan baru dan transportasi baru. Dulu saya menganggap Jakarta hanya tempat untuk mencari nafkah, melanjutkan sekolah dan bertemu dengan teman-teman. Kini saya mulai ingin mengenal Jakarta lebih dalam dengan mengunjungi berbagai tempat yang unik seperti museum, pasar, klenteng dan taman. 

Dengan mengunjungi tempat-tempat unik di Jakarta, saya merasakan banyak manfaat antara lain memperoleh wawasan baru yang belum saya ketahui, memiliki teman baru yang memiliki kesamaan, menghilangkan kejenuhan dan mendapatkan insirasi baru untuk menulis blog. Jika dilihat penduduk kota Jakarta jumlahnya terbilang banyak  sekitar 11 juta orang, namun sebagian besar lebih suka mencari hiburan di mall seperti menonton film, makan di restoran dan berbelanja. Saya sendiri lebih suka menghabiskan waktu dengan mengunjungi tempat-tempat menarik seperti museum, taman atau perpustakaan.

Donna Imelda Founder Jakarta Corners
Ketika akhir pekan tiba atau liburan sekolah, kebanyakan orang Jakarta memilih untuk berlibur ke luar kota seperti Bandung dan Bogor bahkan ke luar negeri. Padahal di Jakarta sendiri banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi anak-anak dan keluarga. Namun banyak orang belum mengetahui informasi obyek wisata tersebut. Melihat kebutuhan akan informasi berbagai tempat yang bisa dijadikan obyek wisata, membuat para blogger yang suka liburan ke berbagai tempat berpikir untuk membuat situs yang khusus mengupas berbagai hal tentang Jakarta. Setelah dipikirkan dengan matang konsep yang akan dibuat, maka dibikin dan diluncurkan situs www.jakartacorners.com yang berisi informasi seputar Jakarta seperti makanan, kegiatan, dan obyek wisata.
 

Acara launching Jakarta Corners sendiri diadakan pada tanggal 24 Oktober 2015 di hotel Grand Zuri BSD. Pada acara launching selain mengundang para blogger juga terdapat talkshow dengan pembicara mas Teguh Sudarisman seorang travel writer yang sudah berpengalaman. Dari data yang dijelaskan mas Teguh mengenai penduduk Jakarta tahun 2014 sekitar 9 juta lebih namun turis asing yang datang ke Jakarta hanya 2 juta orang. Jumlah ini  jauh lebih sedikit dibandingkan Thailand dimana jumlah turis asing yang datang ke Bangkok bisa mencapai 18 juta orang per tahun padahal jumlah penduduk lebih sedikit dibandingkan Jakarta.

Teguh Sudarisman
Ternyata jika dilihat dari data kunjungan turis yang ke Jakarta, justru turis yang mendominasi berasal dari dalam negeri atau daerah di luar Jakarta sebanyak 17 juta lebih. Pesatnya pembangunan infrastruktur dan beragamnya obyek wisata membuat orang daerah tertarik mengunjungi Jakarta saat liburan tiba. Beberapa obyek wisata DKI Jakarta yang banyak dikunjungi orang antara lain Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Ragunan, Monas dan Museum Nasional. Saya teringat pertama kali datang ke Jakarta dari Semarang tempat yang ingin saya datangi saat itu ialah Monas dan Ancol karena sering saya lihat iklan atau beritanya di televisi.

Banyaknya tempat wisata di Jakarta bisa menjadi bahan tulisan yang menarik untuk diulas di blog. Kalau kita kehabisan ide untuk menulis, tinggal datang saja ke restoran atau café kemudian mereview makanan yang menjadi menu unggulan di blog kita. Selain itu jumlah hotel berbintang di Jakarta juga lima ratus lebih bisa diulas satu persatu setiap harinya yang bisa dua tahun baru selesai karena jumlah yang bertambah setiap bulannya. Masih banyak fasilitas lainnya yang bisa kita eksplore seputar Jakarta misalnya museum, taman bermain, waterpark, galeri seni, pulau di sekitar Jakarta, dan lapangan golf. Wah melihat hal ini saya jadi merasa malu karena banyak museum yang belum saya datangi di Jakarta. Ternyata banyak hal di sekitar kita yang bisa menjadi obyek tulisan namun kadang kita tidak menyadarinya.

Dengan kita meliput beberapa tempat di Jakarta sebenarnya banyak kelebihan yang bisa kita rasakan antara lain banyak kegiatan yang ada setiap minggunya sehingga tidak akan kehabisan ide, banyak transortasi umum yang bisa digunakan bahkan ada aplikasi ojek online yang memudahkan kita, biaya yang terjangkau, banyak fasilitas umum seperti toilet, masjid dan lainnya, banyak tempat wi-fi gratis dan bisa dilakukan dalam satu hari. Sebelum melakukan liputan tentu ada baiknya kita melakukan persiapan agar kegiatan meliput bisa berjalan lancar. Hal yang perlu dipersiapkan antara lain ketahui minat yang ingin kita tulis, kerjakan sesuai dana dan waktu, dan cari informasi sebanyak-banyaknya melalui internet atau buku agar tahu kondisi tempat yang kita tuju.

Setelah mendengar banyak tips dari mas Teguh tentang tempat yang bisa dieksplore di Jakarta dan tips menulis yang mudah untuk dipraktekkan membuat saya untuk mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah saya datangi. Salah satu tempat yang berhubungan dengan wisata dan kini banyak direview oleh blogger, hotel kini bukan lagi sekedar tempat menginap saat kita berlibur. Namun hotel juga memiliki fungsi lain sebagai tempat meeting perusahaan, tempat mengadakan pesta pernikahan atau ulang tahun atau tempat bercengkrama dengan keluarga saat akhir pekan. 

Bp Dimara Wakil General Manager Hotel Grand Zuri
Salah satu hotel yang menawarkan konsep kenyamanan seperti di rumah, ialah Hotel Grand Zuri BSD City. Sebelum peluncuran situs Jakarta Corners, bapak Dimara selaku Wakil General Manager Hotel Grand Zuri mengatakan bahwa Grand Zuri BSD tergabung dalam naungan Zuri Hotel Manajemen yang berpusat di Pekanbaru dan saat ini berjumlah 18 hotel. Ada tiga jenis hotel secara umum yang tergabung dalam Zuri Hotel Manajemen yaitu The Premier, Grand Zuri yang terdapat di BSD, Jababeka dan Kuta Bali, dan Zuri Ekspress  yang terdapat di Mangga Dua, Lippo Cikarang dan Pekanbaru.
 

Total kamar yang tersedia di Hotel Grand Zuri BSD City ada 132 kamar yang terdiri dari Superior, Deluxe, Executive atau Balcony, Junior Suite dan Presidential Suite. Fasilitas yang terdapat di Hotel Grand Zuri BSD yang akan membuat tamu nyaman seperti di rumah sendiri antara lain Fitness Cente, kolam renang di lantai tiga, ruang meeting, loby, dan Cerenti Restaurant yang buka selama 24 jam. 

 
Agar lebih maksimal dalam membuat tamu merasa seperti di rumah sendiri, hotel ini memiliki slogan “We Know How To Please You dan menyediakan mobil  shuttle yang dapat mengantarkan tamu ke tiga tempat yaitu Teras Kota, The Breeze, dan ICE. Kelebihan yang ditawarkan bagi tamu yang akan berkunjung ke Hotel Grand Zuri BSD yaitu dekat dengan bandara, lapangan golf, dan pusat perbelanjaan yang sedang tren AEON Mall. Seusai acara peluncuran Jakarta Corners, blogger yang datang diberi kesempatan untuk melihat langsung kamar hotel, kolam renang, tempat fitness dan fasilitas lainnya.


Saat saya melihat langsung fasilitas yang ada, lokasi Grand Zuri BSD memang strategis karena terletak diantara perkantoran dan pusat perbelanjaan. Dan pelayanan staf hotel juga ramah apalagi saat mba Dini staf PR yang sabar menemani blogger yang ingin melihat dan menjawab pertanyaan blogger tentang fasilitas hotel dengan penuh senyuman. Kamar yang kami lihat didesain dengan modern, bersih dan ditunjang dengan fasilitas lengkap LCD TV dan wifi. 



Sekarang saya mulai menyadari bahwa kejenuhan dan kelelahan setelah beraktivitas di Jakarta bisa dihilangkan dengan mengunjungi tempat yang berbeda di Jakarta pula. Dengan kemauan untuk menjelajah sudut yang ada di Jakarta, rasa ingin tahu akan sisi lain Jakarta dan ingin berbagi informasi kepada orang lain. Jika ingin mengunjungi tempat di sekitar Jakarta dan berkumpul dengan keluarga dengan fasilitas yang lengkap maka Hotel Grand Zuri BSD pilihan yang tepat. Yuk jelajahi Jakarta dan temukan hal unik yang belum pernah Anda rasakan dan rasakan kenyamanan seperti di rumah dengan menginap di Hotel Grand Zuri BSD. 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog Jakarta Corners yang disponsori oleh Hotel Grand Zuri BSDCity.

Comments

  1. Bakalan semakin mudah lagi untuk menemukan kuliner, objek wisata, dan info lainnya seputar Jakarta. Asyik... gak akan kesasar lagi bulan Desember nanti, kebetulan bangad Jakarta menjadi salah satu destinasi yang akan saya kunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas semoga membantu berkeliling Jakarta bulan depan :)

      Delete
  2. Terima kasih sudah ikut serta, mbak :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Kulit Sehat Dan Bersinar Dengan Bahan Alami Gizi Super Cream