Lebih Perduli Dengan Berdonasi Melalui Bulan Dana PMI

Beberapa bulan lalu, masyarakat Indonesia mengalami masalah yang hampir terjadi setiap tahun yang sampai menjadi masalah internasional karena dampaknya sampai ke negara tertangga. Masalah tersebut ialah kabut asap yang terjadi karena pembakaran hutan di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan lainnya. Akibat kabut asap tersebut aktivitas warga menjadi terganggu, banyak sekolah diliburkan, anak-anak pun terkena dampaknya bahkan sampai meninggal dunia. Jarak pandang pun menjadi terbatas sehingga warga tidak bisa melihat jalanan dengan jelas dan beberapa bandara ditutup karena kondisi yang kurang aman jika menerbangkan pesawat.

Melihat kondisi ini, saya pun turut prihatin dengan korban yang terkena penyakit akibat kabut asap dan berharap masalah seperti ini  tidak terulang lagi setiap tahunnya. Sebagai bentuk solidaritas kepada korban kabut asap yang banyak, beberapa teman di Jakarta pun mengumpulkan donasi berupa obat-obatan, tabung oksigen, dan makanan. Berbagai lembaga dan organisasi berupaya mengumpulkan dan menyalurkan donasi agar masyarakat bisa terbantu dari masalah kabut  asap. Salah satu lembaga yang selalu sigap jika ada bencana atau masalah sosial dan aktif mengadakan kegatan donor darah ialah PMI atau Palang Merah Indonesia.

sumber : sport.bisnis.com
Keberadaan PMI di Indonesia terutama di Jakarta semakin matang setiap tahunnya karena sejak 1945 sudah mulai ada dan mulai diresmikan sejak 29 Desember 1970 di lima wilayah kota. Pada tahun 2006 PMI menambah satu cabang lagi di Kabupaten Kepulauan Seribu sehingga kini PMI Jakarta memiliki lima cabang kotamadya dan satu cabang kabupaten. Setiap ada bencana PMI selalu sigap memberikan bantuan baik berupa ambulans, dapur umum, relawan, terapi psikologi, pengolahan air bersih dan lainnya. 

sumber : http://pmidkijakarta.or.id/
Untuk memberikan bantuan sebanyak itu, tentu bukanlah hal yang mudah karena harus menyiapkan peralatan yang lengkap, sumber daya manusia yang terampil, pengetahuan untuk menangani bencana dan dana yang cukup besar untuk operasional selama di lokasi bencana. Sebagai orang awam saya juga ingin membantu masyarakat yang menjadi korban bencana. Namun karena berbagai keterbatasan seperti fisik, waktu, pengetahuan bukan berarti saya diam saja dan tidak perduli. Beberapa hal yang sudah saya lakukan untuk mendukung kegiatan PMI ialah memberikan donasi berupa pakaian layak pakai di kantor PMI dan memberikan donasi berupa uang.

sumber : https://blogaanwati.files.wordpress.com
Beberapa kali saat akan menonton bioskop, biaya yang dibayarkan ditambahkan karena akan digunakan untuk donasi Bulan Dana PMI. Tanpa pikir panjang pun saya mengiyakan karena jumlah yang tidak besar dan akan digunakan untuk membantu PMI jika ada bencana alam. Kegiatan donasi seperti ini menurut saya cukup bagus karena mengajak masyarakat umum memberikan donasi berupa uang yang terjangkau. Walaupun sekarang sudah jarang donasi seperti itu, namun masyarakat umum juga bisa memberikan donasi kepada PMI. 

sumber : http://pmidkijakarta.or.id/

Donasi yang diberikan bisa ditransfer langsung ke rekening resmi PMI yang terdiri dari tiga nomer dari tiga bank yang berbeda antara lain : 
  • Bank Mandiri Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

Nah dengan adanya rekening langsung kita bisa langsung memberikan donasi berapapun sesuai kemampuan dan keikhlasan kita dan ikut mendukung kegiatan PMI. Kegiatan yang rutin diadakan PMI baik di kantor maupun di pusat perbelanjaan yang melibatkan masyarakat umum ialah donor darah yang akan dikumpulkan, disimpan, dan didistribusikan ke beberapa rumah sakit yang memiliki bank darah. Kegiatan donor darah merupakan kegiatan positif yang bisa diikuti karena bisa membantu nyawa orang lain dan meregenerasi sel darah dalam tubuh kita. 

sumber : https://djoshe.files.wordpress.com
Walaupun saya belum pernah ikut donor darah karena tekanan darah saya yang tergolong rendah, namun saya mengapresiasi kegiatan donor darah dan mengajak teman-teman untuk ikut kegiatan tersebut. Dari informasi teman yang sering ikut donor darah, PMI telah membuat kartu donor darah yang lebih modern seperti kartu atm. Dengan kartu ini, data pendonor akan tersimpan secara otomatis dan bagi yang sering melakukan donor darah minimal 10 kali akan mendapat piagam penghargaan dari PMI. Wah sebuah upaya yang bagus dari lembaga sosial kemanusiaan yang melibatkan masyarakat dan memberikan penghargaan bagi yang aktif dan berjiwa sosial yang tinggi. 

sumber : http://media.viva.co.id/
Menjelang pergantian tahun 2016, mari tingkatkan kepedulian dengan membantu saudara atau masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan kemampuan. Bantuan bisa berupa pakaian, tenaga, makanan, obat-obatan, dan uang. Ayo peduli bantu sesama dengan memberikan donasi berupa uang melalui rekening resmi PMI. Tak perlu menunggu bencana datang jika ingin membantu sesama, bantuan donasi bisa dimulai dari sekarang dengan niat yang tulus. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Kulit Sehat Dan Bersinar Dengan Bahan Alami Gizi Super Cream