Semakin Berusia Lanjut Semakin Produktif Membangun Berbagai Infrastruktur

Semakin hari usia manusia akan semakin bertambah maka kemampuan yang meningkat lama-lama akan menurun. Usia negara Indonesia memang sudah 60 tahun namun bukan berarti pembangunan harus terhenti justru pembangunan harus semakin ditingkatkan agar bisa bersaing di era globalisasi. Pembangunan menjadi penting jika dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat dan didukung masyarakat dengan menjaga dan merawat hasil pembangunan. Karena Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke maka pembangunan infrastruktur menjadi penting agar mempermudah komunikasi antar pulau dan mobilitas warga dari satu pulau ke pulau yang lain.

Ketika saya masih berusia delapan tahun, saya pernah diajak ibu saya ke pulau Sulawesi tempat kelahiran ibu tepatnya di kab Soppeng. Untuk mencapai daerah tersebut, tidak mudah karena harus melewati jalanan berkelok di pegunungan dan sering menemui jalanan yang rusak atau jembatan yang sudah rapuh. Saat itu kondisi infrastruktur di pulau Sulawesi masih jauh tertinggal dibandingkan di pulau Jawa. Namun sekarang cerita dari saudara dan teman yang tinggal di Sulawesi, kondisi jalanan sudah jauh membaik bahkan sama dengan pulau Jawa.

Mendengar cerita itu saya senang dan kagum dengan pesatnya pembangunan yang mempermudah aktivitas warga. Cerita lainnya ialah ketika saya mudik setiap tahun dari Jakarta ke Semarang mengunakan bus. Walaupun terletak di jalur pantai utara Jawa atau pantura kondisi jalan yang rusak dan macet membuat perjalanan mudik menjadi kurang nyaman bahkan lebih lama dari perkiraan sampai di Semarang. Bertahun-tahun saya harus bersabar untuk mudik dan berharap supaya bisa sampai lebih cepat sehingga bisa berkumpul dengan keluarga di Semarang.

sumber : www.bisniskeuangan.kompas.com
Kabar gembira dari pemerintah pun akhirnya tiba dengan dibangunnya jalan tol Cikopo - Palimanan atau Cipali sepanjang 116.754 km yang diresmikan presiden pada 13 Juni 2015. Walaupun masih baru, ketika melalui jalan tol tersebut perjalanan mudik terasa lebih nyaman dan lebih cepat sampai dari biasanya. Selain jalan tol Cipali, infrastruktur lain yang juga telah dibangun pemerintah melalui Bina Marga ialah jembatan Suramadu yang menghubungkan kota Surabaya dan Pulau Madura. Jembatan ini diresmikan presiden pada 10 Juni 2009.

sumber : www.pustaka.pu.go.id
Dengan adanya jembatan Suramadu, diharapkan dapat meningkatkan pemerataan ekonomi di wilayah Surabaya dan Madura dan mempermudah mobilitas warga ke dua tempat tersebut. Selain dua infrastruktur tersebut masih banyak jalan tol, jembatan atau jalan raya yang telah dibangun Bina Marga agar mempermudah pemerataan ekonomi di wilayah Indonesia. Di tahun 2015 ini, Bina Marga dibawah kementrian Pekerjaan Umum memasuki usia ke 70 jika diibaratkan manusia usia tersebut sudah menua dan sudah waktunya pensiun. 




Namun berbeda dengan manusia, Dirjen Bina Marga semakin giat produktif membangun dan terus berupaya agar semua wilayah Indonesia bisa memiliki infrastruktur yang layak. Tanpa terasa sudah 70 tahun membangun berbagai jalan tol, jembatan, dan jalan raya di berbagai kota yang membuat transportasi dan pengiriman barang menjadi lebih mudah.



Semoga di usia yang sudah matang, Dirjen Bina Marga bisa terus membangun infrastruktur di wilayah terpencil Indonesia yang memudahkan distribusi dan pemerataan ekonomi serta memberikan akses memperoleh pendidikan. Dirgahayu Dirjen Bina Marga terima kasih atas infrastruktur yang dibangun yang telah menghubungkan berbagai kota yang ada di Indonesia. Berkat infrastruktur Bina Marga masyarakat seperti saya terbantu apabila bepergian ke luar kota bahkan luar Jawa karena menjadi lebih mudah dan nyaman. 



Comments

  1. Wah, selamat milad Bina Marga. :) Semoga saya bisa merasakan melewati jalan tol. Hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

ulasan film sokola rimba

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya