Belajar Bahasa Mandarin Kini Menjadi Mudah Dan Menyenangkan

Sewaktu masih anak-anak saya suka mendengarkan musik baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Walaupun belum lancar mengucapkan bahasa inggris namun saya suka mendengarkan musik dan liriknya. Dengan sering mendengarkan musik dari luar negeri membuat saya ingin belajar bahasa inggris supaya bisa lancar mengucapkan dan menyanyikannya. Perlahan-lahan saya mulai belajar bahasa inggris ketika mendapat pelajaran bahasa inggris di jenjang SMP. Dari SMP hingga perguruan tinggi saya menganggap bahasa inggris merupakan bahasa asing yang wajib dipelajari dan dipraktekkan.

Kini dengan perkembangan ekonomi dunia, bahasa asing tidak cukup hanya satu. Bahasa Inggris tidaklah cukup kini dibutuhkan pula kemampuan untuk bisa mengerti dan memahami bahasa asing lainnya. Salah satu bahasa asing yang banyak digunakan di dunia ialah bahasa Mandarin. Bahkan milyaran orang di dunia berbicara menggunakan bahasa asing. Saya mulai menyadari pentingnya bahasa Mandarin beberapa tahun terakhir melihat perkembangan ekonomi Cina yang semakin pesat mengalahkan negara maju lainnya. Namun bagi saya belajar bahasa Mandarin tidak mudah karena jumlah huruf yang sangat banyak dan kata yang butuh waktu lama untuk memahaminya.



Melihat potensi pentingnya bahasa Mandarin terkait bisnis dan pekerjaan dan akan lebih baik jika dipelajari sejak anak-anak. Celestial Tiger Entertainment (CTE) bekerja sama dengan PT MNC Sky Vision meluncurkan saluran anak-anak berbahasa Mandarin yang diberi nama Miao Mi. Agar dekat dengan anak-anak Miao Mi menggunakan maskot kucing yang lucu dan menggemaskan. Saat peluncuran Miao Mi di Playland Lotte Shopping Avenue tanggal 28 Januari 2016, dekorasi dan tempat dibuat nuansa yang cerah dan ceria seperti pesta ulang tahun anak-anak.



Menurut Ofanny Choi Executive TV President Celestial Tiger Entertainment, saluran Miao Mi ditujukan anak usia 3-6 tahun untuk membantu mempermudah belajar bahasa Mandarin. Kelebihan saluran Miao Mi dibandingkan saluran anak dari Barat ialah memiliki nilai moral dan sudut pandang orang Asia. Selain itu memiliki fitur audio dalam bahasa Indonesia dan Mandarin.



Sedangkan bagi pak Yudha Wibawa sebagai deputi CEO PT MNC Skyvision saat ini belajar bahasa Mandarin penting untuk kepentingan bisnis atau pekerjaan. Kesempatan untuk belajar juga semakin luas dibandingkan jaman dahulu yang hanya digunakan orang keturunan Tionghoa. Karena butuh waktu lama untuk belajar bahasa Mandarin, maka akan lebih baik jika dipelajari sejak anak-anak.

Bagi saya hadirnya saluran Miao Mi di Indonesia bisa membantu orang tua untuk mengajarkan bahasa Mandarin dengan mudah dan menyenangkan. Dengan tampilan warna, gambar, suara yang menarik serta interaktif membuat anak-anak jadi mudah mengikuti kata-kata yang diajarkan. Orang tua bisa mendampingi menonton sambil mengajak anak untuk mengulang kata-kata yang dipelajari setiap hari.



Pengalaman ini ternyata dirasakan juga oleh Melisa Kariem seorang ibu satu anak yang juga bekerja di dunia seni. Sebagai seorang ibu, ia selektif memilih tayangan televisi yang sesuai anak-anak karena anak-anak akan meniru apa yang ia tonton dan ia lihat. Dengan hadinya Miao Mi ia menyambut dengan senang karena bisa mengajarkan bahasa Mandarin dengan mudah dan sesuai dengan usia serta karakter anaknya. Ia pun berharap kelak anaknya bisa lancar berbahasa Mandarin ketika dewasa.



Acara peluncuran ditandai dengan keluarnya maskot kucing, foto bersama antara direksi dan staf PT MNC Sky Vision dan Celestial Tiger Entertainment. Setelah itu simulasi anak-anak TK yang menonton tayangan Miao Mi bersama-sama. Tayangan Miao Mi diputar selama 24 jam, memiliki beberapa program yang menarik yaitu Star Babies, Happy Friends, Miao Mi Class Room, Pleasant Goat and Big Big Wolf, Rubi Animals and Nature, Bellbug Popo dan Secret Y.


Saluran Miao Mi dapat dinikmati di Indovison, Okevision dan Play Media. Bagi orang tua yang memiliki anak remaja atau ingin belajar bahasa Mandarin tidak perlu khawatir, karena Celestial akan membuat program bahasa Mandarin untuk remaja dan dewasa untuk ditayangkan di Indonesia. Wah saya jadi ingin belajar bahasa Mandarin karena sekarang banyak alat atau media yang bisa membantu dengan mudah.Saluran Miao Mi bisa menjadi pilihan orang tua agar anak bisa mendapatkan tontonan yang edukatif dan menghibur.








Comments

  1. Iya bener.. apalagi sekarang banyak lapangan pekerjaan yang mengharuskan bisa berbahasa mandarin

    ReplyDelete
  2. nah jadi lebih enak kalau belajar dari anak-anak mba :)

    ReplyDelete
  3. Asma paling kepo kalo saya liat film luar negri, selalu tanya artinya. Wong saya aja gak ngerti. Wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha berarti harus belajar bahasa asing nih mba :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang