Konsisten Ngeblog Dan Raih Penghasilan Dengan Afiliasi

Dengan semakin murah dan mudahnya akses internet dan teknologi membuat siapa pun bisa memanfaatkan internet untuk menambah penghasilan. Mulai dari membuka toko online, memasarkan barang melalui media sosial, dan bekerja sama dengan afiliasi melalui blog. Jika dahulu banyak orang berfikir untuk memulai usaha butuh modal besar dan harus menyewa bangunan secara fisik. Kini menjadi lebih mudah karena bisa berjualan tanpa harus memiliki toko dan bisa menyalurkan hobi melalui menulis blog serta memaksimalkan potensi blog untuk menambah penghasilan. 
Awal saya menulis blog di tahun 2012, saya hanya berpikir untuk menyalurkan hobi dan berbagi informasi kepada orang lain. Tanpa diduga setiap tahun tawaran untuk menghadiri acara semakin banyak dan peluang mendapatkan penghasilan pun bertambah. Namun untuk bisa menjadi blogger yang berpengaruh dan memiliki penghasilan yang besar butuh proses dan usaha. Selain itu harus meningkatkan skill dan pengetahuan agar bisa menyesuaikan dengan tren yang ada di masyarakat. Salah satu kegiatan yang diadakan untuk blogger yaitu "Ngopi (ngobrol penuh insirasi) Bareng Tiket.com" kemarin diadakan di Hong Kong Cafe tanggal 13 Februari 2016.


Kegiatan Ngopi ini memiliki tema Hasilkan Uang Lewat Blogmu diadakan oleh salah satu perusahaan yang bergerak di bidang travel online yaitu www.tiket.com. Karena tema acara yang menarik dan pembicara yang sudah berpengalaman yaitu mba Indah Juli membuat saya ingin datang ke acara tersebut. Setelah pagi harinya menghadiri acara di Balaikota Jakarta Pusat, sekitar jam 12 saya sampai dan bertemu dengan teman-teman blogger lainnya. Acara dimulai jam 13.00 dibuka oleh mc cantik yang kemudian diserahkan ke Mba Nuniek blogger dan moderator. 


Dua bulan yang lalu saya ketemu mba Nuniek dengan rambut pendek sebahu, kemarin tampil beda dengan rambut yang panjang dan cantik. Tanpa menunggu lama, mba Nuniek pun mempersilahkan pak Gaery Undarsa selaku Chief Communication Officer tiket.com mempresentasikan profil tiket.com. Sebelum membuka usaha travel online, ia kuliah dan bekerja di luar negeri. Karena kecintaannya dengan Indonesia, ia lalu memutuskan pulang dan membuka bisnis di Indonesia. Walaupun banyak yang meragukan, ia tetap yakin Indonesia merupakan pasar yang potensial untuk bisnis travel online. 


Dua atau tiga tahun terakhir kecenderungan orang membeli tiket secara online meningkat, termasuk saya yang lebih memilih membeli tiket pesawat atau kereta api melalui internet. Selain lebih praktis kadang jika beruntung bisa mendapatkan harga tiket yang lebih terjangkau jika ada program promo. Pada tahun 2015 lebih dari tiga juta tiket pesawat terjual dan rata-rata sepuluh ribu transaksi per hari. Selama empat tahun beroperasi tiket.com telah memiliki 250 karyawan dan menjual tiket kereta api, pesawat, event atau attraction dan voucher menginap di hotel


Selanjutnya blogger yang sudah tidak asing dan salah satu pendiri komunitas yang saya ikuti yaitu Komunitas Emak Blogger mba Indah Juli berbagi pengalaman menulis blog yang juga banyak diajak kerja sama berbagai brand besar. Bagi mba Indah sendiri tidak terlalu memikirkan keuntungan saat menuliskan blog. Baginya yang penting ia menulis cerita dengan jujur sesuai dengan pengalaman pribadi. Namun dengan konsistensi dan menjadi diri sendiri ia pun banyak mendapat tawaran pekerjaan melalui blog. Bagi blogger lainnya ia pun memberikan beberapa tips agar bisa diajak kerjasama dan mendapatkan penghasilan melalui blog.

Beberapa tips dari mba Indah antara lain harus memperhatikan desain blog agar lebih mudah diakses melalui smartphone karena pembaca sekarang banyak yang membaca dengan smartphone, jadilah diri sendiri saat menulis agar memiliki ciri khas yang membedakan dengan blogger lainnya. Ketika akan mendapat tawaran job dari klien kenali dan pahami job yang diterima apakah sesuai dengan pembaca dan karakter tulisan, baca dengan teliti brief dan SKK agar tidak salah paham di kemudian hari, riset atau survey keyword yang banyak digunakan atau sedang tren dan bagikan tulisan kita di social media agar banyak dibaca orang lain. 

Jika blog kita sudah memiliki pembaca yang banyak dan ingin menambah penghasilan maka peluang pekerjaan yang bisa dicoba blogger antara lain program afiliasi salah satunya dengan tiket.com, google adsense, placement, backlink review, dan konten berbayar berupa artikel review atau produk review. Apabila akan membuat tulisan dalam blog mengenai review produk maka harus menuliskan sesuai dengan pengalaman pribadi bukan kata orang lain, kalau belum pernah mencoba jangan ragu untuk membeli atau meminjam barangnya dari klien. 


Setelah mendengar tips yang informatif dari mba Indah, pak Novasta selaku Head B2B tiket.com yang menjelaskan program partnership dengan blogger. Dengan pengalaman kerja yang lama di bidang sales, pak Novasta optimis dengan berbagai konsep baru pemasaran Business to Business tiket.com. Ada tiga cara yang disediakan tiket.com bagi partner yang ingin bekerja sama yaitu Widget, API dan DOTA. Bagi blogger cara yang tepat ialah memasang widget berupa kotak pencarian yang memudahkan pengunjung mencari tiket atau voucher. Untuk API dan DOTA lebih tepat jika menjadi agent yang menjual tiket secara langsung. 


Langkah memasang widget cukup mudah yaitu melengkapi data untuk kode widget, generate kode untuk widget, dan memasang kode widget di blog kita. Apabila ada transaksi untuk tiket pesawat maka akan mendapat komisi Rp 10.000 per seat, tiket kereta api Rp 2.500 per booking dan Rp 5.000 dan Rp 15.000 untuk penjualan tiket event. Salah satu partner tiket.com yang sukses menjual tiket secara online yaitu pak Adam membagikan pengalamannya di depan para blogger. Melalui web travelkita, awalnya pak Adam menjual tiket untuk kepentingan pribadi dan keluarganya berkembang menjadi bisnis secara profesional. 


Tips dari pak Adam agar dikenal secara luas ialah rajin berpromosi dari mulut ke mulut dan menulis berbagai artikel tentang perjalanan yang mendorong pembaca datang ke websitenya. Mendengar tips dan cerita menarik ketiga pembicara, teman-teman blogger pun tak sabar untuk bertanya. Berbagai pertanyaan seputar keamanan transaksi, layanan keluhan, bonus transaksi dan mengenai blogger membuat saya mendapat informasi penting. Untuk keamanan transaksi di tiket.com tidak perlu khawatir karena sejak Agustus 2014 sudah bebas dari penyalahgunaan kartu kredit. Jika ada penumpang yang ingin mengadukan keluhan karena pembatalan atau penundaan tiket pesawat, tim customer service tiket.com akan siap melayani 24 jam sehari dan 365 hari dalam satu tahun. 


Pertanyaan mengenai blogger sendiri yang menarik bagi saya ialah tren influencer di social media seperti twitter dan instagram yang sedang tren. Banyak blogger yang juga menjadi influencer atau sebaliknya. Bagi mba Indah masing-masing ada suka dukanya tergantung karakter kita apakah suka menulis cerita di blog atau hanya memposting tentang produk secara singkat di social media. Yang penting jangan suka nyinyir atau galau di akun social media. Semuanya butuh proses dan konsistensi. Jika kita konsisten menulis blog maka bisa mendapatkan penghasilan sesuai yang diinginkan. 


Tak terasa dua jam acara Ngopi Bareng Tiket diadakan banyak hal menarik yang saya dapatkan mulai dari tips menulis blog supaya bisa menghasilkan dan peluang afiliasi yang menarik dari tiket.com. Selesai pengundian doorprize dan pengumuman live tweet semua blogger yang datang foto bersama dan menukarkan kuesioner dengan goodiebag di meja registrasi. Untuk info mengenai kegiatan dan program partner bisa memfollow twitter @tiket dan like fanpage tiket.com. Sekarang blogger tidak hanya menjadi konsumen namun juga bisa menjadi partner travel online dengan konsisten menulis blog dan meningkatkan skill agar jumlah pembaca juga meningkat. 





Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Kulit Sehat Dan Bersinar Dengan Bahan Alami Gizi Super Cream