Merubah Gaya Hidup Menjadi Lebih Sehat Dengan Berolah Raga

Pada bulan Desember lalu, saya pernah menuliskan keinginan untuk berolahraga secara rutin di tempat yang tepat. Keinginan itu pun bisa diwujudkan dengan mengikuti kelas yoga dan mendengar penjelasan dari Celebrity Fitness. Setelah mengikuti kelas yoga, saya lalu menjadi member di Celebrity Fitness dan mendapat kesempatan untuk latihan dengan bantuan Personal Trainer sebanyak enam kali. Latihan pertama saya awali di minggu terakhir bulan Desember dengan personal trainer mas Ramzy.

Sebelum memulai latihan, saya mengisi biodata terlebih dahulu dan  berdiskusi program yang tepat untuk latihan serta target yang ingin diraih. Setelah dijelaskan berbagai program yang ada di Celebrity Fitness, saya disarankan untuk program #DROPaDRESSsize dimana program tersebut untuk menurunkan berat badan dan lemak yang tidak diinginkan agar bisa pas mengenakan baju seksi yang ingin dipakai. Bagi saya program tersebut sesuai karena ingin menurunkan lemak di bagian perut dan pinggang sehingga lebih mudah dalam membeli baju.


Langkah selanjutnya saya diukur lingkar pinggang, lingkar perut dan ditimbang berat badan. Hasilnya berat badan 53.4 kg ternyata naik 2 kg dibandingkan bulan November yaitu 51 kg. Selain itu lemak yang ada pada tubuh sebesar 17,3 kg dan lemak yang harus diturunkan sebanyak 8,3 kg. Melihat angka yang lumayan banyak menjadi tantangan saya untuk semangat latihan olah raga. Menurut mas Ramzy jika latihan dengan rutin dan menjaga pola makan maka target menurunkan lemak bisa dicapai.


Latihan pertama langsung dimulai setelah menimbang berat badan, dengan pemanasan di treadmill selama sekitar 20 menit. Setelah itu tangan dan kaki dilemaskan terlebih dahulu untuk latihan selanjutnya. Setelah itu latihan untuk perut, paha, pantat, kaki dan lengan. Karena saya jarang berolahraga badan masih terasa kaku dan belum bisa mengatur nafas dengan baik. Pada beberapa latihan menggunakan alat bantu seperti BOSU yang berbentuk setengah lingkaran berwarna biru dan bola besar untuk menyangga punggung.


Sempat berhenti seminggu karena sakit, saya melanjutkan latihan dengan personal trainer pengganti mba Thea di minggu kedua bulan Januari. Latihan kedua ditujukan untuk menguatkan kaki agar bisa menyangga tubuh dengan kuat. Alat bantu yang digunakan ialah ViPR yang berbentuk seperti pipa panjang berwarna hitam. Dengan alat ini bisa membentuk kekuatan dengan menggerakkan tubuh menggunakan beban yang membuat tubuh kebih kuat dan fit.

sumber : http://www.self.com/

Latihan berikutnya saya diajarkan gerakan yang bisa menguatkan lengan, perut, paha dan pantat dengan berbagai alat bantu seperti barbel kecil, RMT dan sand bag. Awalnya paha, betis dan lengan sempat terasa kram karena belum terbiasa olahraga dengan alat seperti itu. Namun selanjutnya tubuh saya menjadi terbiasa dan bisa mengikuti dengan baik instruksi dari personal trainer.


Agar lebih maksimal dalam berolahraga, dianjurkan untuk latihan fisik dengan konsep 3D yang menggabungkan cara berdiri dan bergerak. Dengan konsep ini, otot pada tubuh manusia akan terlatih bergerak setelah seharian duduk di depan komputer. Jika hanya berolah raga dengan metode yang manual, kita kurang mendapat hasil yang maksimal karena sama saja dengan berjalan di kantor sambil mengirim sms. Dengan latihan menggunakan metode 3D kita dituntut untuk fokus, berpikir dan mengikuti gerakan dengan benar sehingga bisa meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan konsentrasi.


Ketika pertama kali datang ke Celebrity Fitness, saya memilih olahraga dengan latihan yang ringan menggunakan treadmill dan kurang percaya diri melihat peralatan olahraga lain yang sepertinya berat dan susah digunakan. Padahal ketika saya mencoba latihan dengan personal trainer alat-alat tersebut tidak sesulit yang dibayangkan dan memiliki manfaat yang langsung terasa di tubuh. Seperti alat yang digunakan untuk sit up dengan posisi duduk dan alat yang melatih otot perut pada samping kanan dan kiri.

Untuk memudahkan wanita berolahraga, Celebrity Fitness mengeluarkan program “Power to the Girls” sebuah kampanye untuk mendorong wanita mencoba latihan yang lebih menantang seperti Body Combat, Fast Fit, Kick Boxing dan latihan dengan peralatan 3D. Program body combat terinspirasi dari gabungan bela diri seperti taekwondo, karate, tinju, muay thai, capoeira dan taichi. Sedangkan fast fit menggabungkan latihan kekuatan cardio dan pilates untuk meningkatkan stamina dan kekencangan otot.

sumber : m.groupon.sg
Setelah menjalani sesi latihan enam kali dengan personal trainer saya jadi  membiasakan diri untuk ber olah raga walaupun kadang timbul rasa malas. Namun karena saya memiliki tujuan menurunkan lemak dan menjaga kebugaran agar tidak mudah sakit, tiap sesi latihan saya ikuti hingga selesai. Selama latihan otot pada tubuh yang awalnya terasa kaku menjadi terbiasa, nafas yang sebelumnya kurang teratur menjadi teratur mengikuti latihan dan mendapat beberapa tips gerakan yang bisa dilakukan di rumah dengan bantuan alat yang ada di rumah.

sebelum latihan dan sesudah latihan
Untuk perubahan fisik seperti berat badan, belum ada penurunan berat bedan namun kalori yang terbakar ada peningkatan sebelumnya yang awalnya 1099 menjadi 1123 kcal. Persentase lemak tubuh yang sebelumnya 32.3 % menjadi 30 % dan target lemak menjadi berkurang dari 8.3 kg menjadi 6.7 kg. Melihat hasil ini membuat saya cukup puas karena berat lemak mengalami penurunan dari 17.3 kg menjadi 16 kg. Walaupun belum banyak penurunan berat lemak pada tubuh namun latihan yang saya jalani telah memberikan hasil dan membuat stamina tubuh lebih bugar.


Perubahan yang saya rasakan tidak hanya berupa fisik namun juga pikiran yang fokus untuk berolah raga, perasaan senang dan puas setelah latihan walaupun tubuh berkeringat dan lelah, dan merubah pikiran saya ternyata olah raga bukan hal yang sulit asalkan dilakukan dengan kemauan dan konsistensi. Pilihan olah raga yang tersedia di Celebrity Fitness beragam sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Selain latihan reguler dengan personal trainer, saya juga mengikuti kelas zumba setiap Rabu, Kamis atau Sabtu jam 9 pagi di Celebrity Fitness Kota Kasablanka.

sumber : www.celebrityfitness.com
Yang saya rasakan setelah mengikuti kelas zumba, badan terasa segar karena mengeluarkan banyak keringat dan bisa berolah raga diiringi dengan musik yang enerjik serta gerakan yang variatif dari instruktur. Pilihan kelas lainnya yang tersedia di Celebrity Fitness antara lain Hot Yoga, Fast Fit, Dance N Attitude, Core Motion, Flavour (latin, salsa), Seduce (RnB, HipHop), dan Insanity (Clubbing Dance)

Walaupun baru satu bulan rutin berolah raga di Celebrity Fitness telah merubah gaya hidup untuk aktif bergerak dan meluangkan waktu untuk olah raga seminggu tiga kali. Masih banyak latihan lagi yang harus dilakukan agar berat lemak dalam tubuh bisa berkurang sesuai target dan tubuh menjadi lebih bugar. 

Comments

  1. Aku paling males kalo olahraga. :D Banyak gak moodnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dicoba mba gak moodnya dikurangin :)

      Delete
  2. Men sana in corpore sano adalah sebuah kalimat dalam bahasa Latin yang artinya Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Maksudnya jika jiwa seseorang sehat, maka tubuhnya akan sehat juga. Oleh karena itu kita harus terus berusaha untuk menjaga feak performa tubuh kita agar selalu sehat dan salah satu cara nya adalah dengan berolahraga yang teratur dan mengkomsumsi makanan yang seimbang.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba