Tambah Ilmu Dan Relasi Di NGOPI Bareng Nova

Sebagai perempuan yang dibesarkan di keluarga dengan latar belakang pendidikan yang penting, saya diajarkan untuk selalu belajar tidak hanya dibangku sekolah tapi juga diluar sekolah. Dalam kehidupan sehari-hari pun banyak ilmu baru yang belum saya ketahui atau pelajari di bangku sekolah. Misalnya bagaimana mendesain sebuah website atau menambah penghasilan melalui blog. Karena saya baru memulai menulis blog dengan aktif 2-3 tahun maka masih banyak hal yang ingin dipelajari agar bisa menjadi blogger yang profesional.

Memang banyak seminar atau workshop yang membahas tentang internet marketing atau blog. Namun kadang terkendala waktu atau tempat yang membuat saya berhalangan hadir. Pernah juga saya hadir di workshop blogger namun yang dibahas hanya program untuk mendapatkan komisi saja bukan mengenai konten atau tips untuk pemula. Saya pun kemudian selektif memilih acara yang tepat dari pembicara, materi, lokasi, dan waktu.


Ketika saya sedang membuka akun facebook dan berinteraksi dengan teman, saya melihat info mengenai acara Ngopi Bareng Nova untuk blogger dan vlogger. Saya kemudian tertarik untuk mendaftar karena belum pernah tabloid Nova mengadakan acara bareng blogger sebelumnya. Ditambah saya suka dengan materi acaranya yaitu Cerdas Menjadi Ibu & Blogger Berbayar dan Memaksimalkan Blog Dengan Foto Yang Cantik. Materi tersebut bagi saya cocok dengan perempuan yang sudah berumah tangga dan ingin menambah penghasilan melalui blog dan menambah pengetahuan mengenai fotografi. 


Setelah terpilih menjadi peserta, saya lalu datang pada tanggal 26 Februari 2016 di Birdcage jam 14.00.  Begitu registrasi peserta diberi formulir untuk membuat kartu Klub Nova secara gratis khusus untuk hari itu. Wah mendapat kesempatan ini tentu tidak saya sia-siakan karena akan mendapat banyak keuntungan jika menjadi anggota dari Klub Nova. Satu jam kemudian acara pun dimulai dengan dibuka sambutan Pemimpin Redaksi Nova ibu Iis R Soeleman.


Sebagai tabloid yang berisi informasi untuk perempuan, Nova di tahun 2016 memasuki usia ke 28 tahun. Sebuah usia yang lama di bidang media dan ibarat perempuan sudah dewasa serta mapan. Di tahun ini tabloid Nova juga ingin melibatkan blogger karena sekarang blogger sudah menjadi bukan sekedar hobi tapi sebuah profesi yang banyak dijalankan oleh perempuan. Ibu Iis juga mengatakan tabloid Nova menempatkan diri sebagai sahabat perempuan karena perempuan merupakan jantung keluarga yang memiliki tugas mulia sebagai istri dan ibu. 

Perempuan juga membutuhkan informasi penting agar bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan, maka tabloid Nova mengajak para ahli untuk berbagi artikel baik berupa informasi kesehatan, pendidikan, keuangan dan lainnya. Dalam ulang tahunnya pun Nova selalu melibatkan pembaca karena Nova bisa besar karena pembaca dan selalu mengedepankan kebutuhan pembaca. Media yang digunakan juga semakin beragam tidak hanya tabloid namun kini juga merambah website dan televisi. 


Selesai memberikan sambutan, tim redaksi tabloid Nova pun datang membawa kue ulang tahun dan lilin untuk meniupkan bersama sebagai tanda perayaan ulang tahun ke 28 pada 25 Februari 2016. Semua peserta pun berdiri dan menyanyikan lagu ulang tahun kemudian ibu Iis dan staf redaksi meniupkan lilin bersama-sama. Tanpa menunggu lama pembicara pertama Annisa Steviani seorang ibu, karyawan dan blogger. Ia juga bagian dari pengurus komunitas blogger yang saya ikuti yaitu Komunitas Emak Blogger atau KEB.


Awal Annisa menulis blog karena ingin mengungkapkan curahan hati lewat tulisan namun karena ada brand yang mengajak kerjasama maka ia pun mulai menulis dengan serius dan profesional. Kenapa ia memilih blog? karena banyak orang mencari informasi melalui mesin pencari Google dan menemukan jawabannya di blog. Selain itu orang lebih percaya dengan kisah yang dialami sendiri dibandingkan iklan. 

Jika akan memulai menulis blog tentukan jenis tulisan yang disukai apakah makanan, teknologi, film, fashion atau parenting. Sesuaikan juga dengan karakter pembaca yang diinginkan contoh sederhana ialah sesuai dengan diri sendiri, Annisa mencontohkan ia memposisikan diri sebagai seorang ibu bekerja dan memiliki satu anak. Tidak perlu keahlian khusus menulis, yang penting suka dan unik misalnya ia menulis tentang day care yang belum banyak ditulis orang yang membuat orang mendaftarkan anaknya ke day care setelah membaca tulisan blognya.


Agar tulisan kita dibaca banyak orang, maka harus maksimalkan social media untuk branding blog yang kita punya. Sebaiknya buatlah nama akun yang sama sehingga mudah diingat dan rajin membagikan tulisan di social media. Jika tidak memiliki waktu banyak maka bisa menggunakan fitur auto share yang akan otomatis membagikan tulisan kita ke akun social media yang dimiliki. Ada banyak cara agar bisa menambah pemasukan melalui blog antara lain dengan google adsense, placement artikel, lomba blog dan review berbayar. 

Bagi Annisa sendiri ia tidak mengandalkan google adsense karena sulit dan lama proses pendaftarannya ditambah jumlah yang ia terima kecil dan membutuhkan waktu yang lama. Yang biasanya ia pilih yaitu mengikuti lomba blog untuk mengasah kemampuan dan review berbayar baik berupa produk atau uang. Tips jika ingin menulis review usahakan menulis produk atau brand yang disukai atau dipakai agar lebih menjiwai dalam menulis.

Jika banyak blogger lain banyak yang mempelajari SEO agar bisa tampil di halaman pertama google, ia tidak terlalu memusingkan hal itu karena dengan menulis sesuatu yang sederhana bisa di share banyak orang sehingga menjadi konten yang viral. Dengan konten yang viral, jumlah page views bisa mencapai 11000 dalam waktu singkat. Contoh tulisan yang menjadi viral dalam blognya ialah 13 hal yang bisa dimengerti oleh ibu menyusui, dan gerakan tanpa setrika yang menyebar luas tanpa diduga.

Sebelum sesi tanya jawab, Annisa pun berbagi tips menulis blog yang sudah ia praktekkan antara lain jangan menulis hanya untuk mendapatkan uang karena jika belum berhasil malah akan stress dan putus asa, ikutlah komunitas dan aktif terlibat di dalamnya agar bisa saling bertukar informasi dan belajar meningkatkan skill, ikuti lomba blog untuk meningkatkan kemampuan yang kini tidak hanya tulisan saja yang dinilai tapi juga gambar atau foto dan video, jaga hubungan baik dengan klien baik itu agency atau perusahaan, dan jangan serakah untuk menerima semua tawaran dari klien.


Nah di penutup ia menekankan pentingnya konsistensi melawan rasa malas yang sering dialami blogger. Saat tanya jawab Annisa mengungkapkan bagaimana membagi waktu diantara kesibukan sebagai ibu, istri dan karyawan di kantor. Kadang ia menulis blog jam 7 pagi di kantor sebelum mulai bekerja jam 9 pagi, tidur lebih larut atau bangun lebih awal misalnya jam 3 pagi agar bisa posting tepat waktu. Cara lain yang dilakukan ialah mengajak teman untuk bekerja sama membuat postingan bersama dengan tema tertentu.


Lanjut ke tema berikutnya, mas Romy Palar yang juga bekerja sebagai Redaktur Foto di tabloid Nova. Secara umum ia pun membagikan kategori foto menjadi tiga yaitu makanan dan produk, busana dan kecantikan, dan foto berkaitan dengan liburan atau pemandangan. Tips jika ingin memotret makanan atau produk agar terlihat menarik yaitu atur komposisi dengan baik, coba lebih dari satu angle jangan dari atas saja tapi coba melalui samping, agar mendapatkan cahaya yang tepat sebaiknya memotret pagi hari jam antara jam 7-10 atau sore jam 15-17 agar tidak menimbulkan bayangan pada gambar. 


Jika ingin memotret yang berkaitan dengan busana usahakan model sejajar dengan fotografer, gunakan cahaya natural dari cahaya matahari dan cari lokasi yang sesuai tema. Lain halnya ketika bepergian ingin memotet keindahaln alam harus memiliki tekad yang kuat untuk memotret yang baik mulai dari bangun pagi, browsing tempat menarik, berinteraksi dengan penduduk lokal, bawa peralatan yang praktis dan power bank, dan cari objek menarik yang menjadi ciri khas tempat tersebut.


Untuk mengedit foto agar lebih menarik ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan jika menggunakan smartphone ada aplikasi snapseed, vsco dan lainnya dan biasanya menggunakan photoshop jika menggunakan PC atau laptop. Saya sendiri biasanya menggunakan aplikasi picsart pada smartphone dan pixelr jika dari laptop. Sekarang sudah banyak pilihan editing yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.


Sebelum acara selesai saya menyempatkan diri mengambil kartu Klub Nova yang ternyata berwarna merah muda dan tulisan nama saya. Kartu ini bisa juga digunakan jika menggunakan Transjakarta dan Commuterline karena bekerja sama dengan Flazz BCA. Selain mendapatkan potongan harga di merchant yang bekerja sama, anggota Klub Nova akan mendapatkan newsletter dua bulan sekali yang dikirimkan ke rumah, dan mengikuti kegiatan yang diadakan tabloid Nova.


Saya juga tak lupa melewatkan kesempatan untuk menambah teman baru yang belum saya kenal dengan memfollow akun instagram. Bagi saya menambah teman dan ilmu maka akan menambah juga pintu rejeki lainnya. Di akhir acara pengumuman pemenang livetweet, foto selfie dan doorprize membuat peserta menjadi lebih senang.


Walaupun saya belum beruntung, namun kesempatan untuk bisa hadir sudah membuat saya senang dan berharap akan ada acara selanjutnya yang diadakan tabloid Nova untuk blogger. Selamat Ulang Tahun ke 28 Tabloid Nova semoga terus bisa menginspirasi perempuan Indonesia dan menjadi partner blogger yang memberikan konten yang bermanfaat. Terima kasih untuk acaranya yang penuh insprasi. 




Comments

  1. MOg akit abertemu lagi diacara2 blogger lainnya yaaa ^_^

    ReplyDelete
  2. Ah... ada aku tampak belakang xixixix. Banyak ilmu dan teman baru ya mba di acara NOVA. Materi yang disampaikan juga menarik. Bisa dipraktekin langsung nih :)

    ReplyDelete
  3. Sayang banget kemarin gak bisa ikutan karena aku dan anakku sakit. Mudah-mudahan bisa ikutan acara Nova berikutnya...

    ReplyDelete
  4. iya mba semoga masih ada kesempatan lainnya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang