Belajar Memasak Dengan Suasana Dapur Yang Lengkap Dan Nyaman

Melihat makanan enak di toko kue atau rumah makan tentu membuat orang penasaran dan tertarik untuk memakannya. Namun bagi saya akan lebih lengkap jika bisa mengetahui bahan-bahan dan cara memasaknya sehingga bisa menjadi makanan yang enak. Agar bisa memasak dengan baik dan menghasilkan makanan yang enak bagi saya butuh proses untuk sering memasak dan belajar dari orang yang sudah berpengalaman. Apalagi sekarang profesi chef atau koki sedang populer dan bisnis kuliner menjadi bisnis yang mudah dijalankan banyak orang. 


Salah satu tempat yang bisa dijadikan referensi untuk belajar memasak dan memberi peralatan memasak secara lengkap ialah Gourmet House Cooking Club. Tempat tersebut terletak di Jakarta Pusat tepatnya di Jl. Batu Ceper No 55 A Jakarta Pusat. Sebuah kesempatan yang sayang dilewatkan karena saya ingin belajar di tempat dan orang yang profesional. Maka di hari jumat tanggal 11 Maret 2016 dengan komunitas Emak Emak Blogger saya bergabung dan ingin praktek membuat kue dengan bantuan chef profesional.


Begitu sampai, saya disambut dengan ramah oleh staf keamanan yang mempersilahkan ke lantai tiga untuk bergabung dengan kegiatan kelas memasak. Saat sampai di lantai tiga, saya kagum dan senang karena melihat dapur yang luas, bersih dan nyaman. Membuat saya tidak sabar ingin segera praktek memasak. Karena ada delapan orang yang datang, maka kami dibagi dua kelompok yang masing-masing empat orang.


Kami diberi tantangan untuk membuat kue Savouries Quiche Loraine yang bahan dan peralatannya sudah disiapkan dengan lengkap. Hal pertama yang perlu dilakukan ialah mencampur adonan telur, tepung dan mentega ke dalam satu loyang untuk adonan dasarnya. Karena saya masih belum terbiasa membuat kue, maka yang mencampurnya mba Mira dan mba Rian yang sudah terbiasa mengocok adonan. Setelah tercampur, adonan lalu dipipihkan di atas telenan yang dilapisi kertas roti yang kemudian dibentuk di atas cetakan kue kecil.


Saya pun tak ingin ketinggalan membuat adonan ke dalam cetakan kue walaupun masih belum rapi. Selesai membuat cetakan, Chef Asti Moestin menginstruksikan untuk membuat isi kue dengan menumisnya terlebih dahulu. Bahan  yang ditumis antara lain bawang bombay, potongan daging sapi, kemudian dicampur merica. Setelah ditumis bahan tadi dimasukkan ke dalam adonan telur, susu dan keju serta diaduk hingga merata. Langkah selanjutnya memasukkan bahan isi ke dalam adonan yang sudah tercetak sebelumnya.



Adonan kue pun siap dimasukkan ke dalam oven dengan panas 180 derajat selama 15 menit. Sambil menunggu kue matang, saya mencoba kue yang diperagakan Chef Asti yaitu Muffin Pineapple With Wheat Brand. Rasanya enak dan manisnya segar karena ada buah asli didalamnya. Tak terasa adonan kue yang kami buat sudah matang dan siap untuk dicoba. Rasa penasaran akan hasil kue membuat saya tak sabar ingin mencicipi. Ketika saya memakannya, rasa lezat dan gurih dari aroma keju membuat saya puas dan mengingatkan saya akan kue smooke beef yang hampir sama bahan dan rasanya.


Mba Uli selaku koordinator lalu mengajak kami untuk keliling melihat berbagai perlengkapan masak. Melihat banyaknya koleksi membuat saya berdecak kagum karena belum pernah melihat peralatan yang lengkap mulai dari koleksi pisau, piring, contoh berbagai dapur, bumbu masak, sampai pakaian yang dipakai chef di restoran atau hotel. Semua produk dibuat dengan standar internasional sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Wah semoga saya bisa memiliki dapur yang lengkap dan nyaman yang bisa membuat saya betah untuk mencoba berbagai masakan di dapur.


Selesai keliling, chef Asti kemudian mengumumkan pemenang kelompok yang bisa membuat kue Savouries Quiche Loraine yang lebih baik. Tanpa diduga kelompok kami menjadi pemenangnya dan mendapatkan hadiah berupa mangkok cantik dari Gormet Cooking Club. Acara belajar memasak lalu diakhiri dengan foto bersama semua peserta, chef Asti dan mba Uli. Senang rasanya bisa belajar memasak bersama-sama di tempat yang bersih, lengkap, dan nyaman.


Gourmet Cooking Club rutin mengadakan kelas memasak berbagai jenis masakan mulai dari makanan Asia, Indonesia, Barat dan kue atau roti. Program spesial yang bisa diikuti beragam sesuai kebutuhan yang diinginkan yaitu Privat Cooking, paket untuk buka usaha katering atau restoran, Birthday Fun Cooking, One Day Visit School, Gathering untuk meeting atau arisan dan untuk menjadi chef. Untuk program kelas memasak bulan April sudah bisa dipilih dan diikuti dengan harga yang terjangkau dan pilihan makanan yang bervariasi. Info selengkapnya bisa dibaca di gambar berikut.












Comments

  1. Waaah...tampak seruuu sekali mbak. Coba bisa ikuut. Saya nih si-bukan-ratu-dapuryg lg mulai tertarik blajar masak2.

    Salam.kenal dr siantar sumut mbak ^_^

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga mba, saya juga masih belajar kok :)

    ReplyDelete
  3. jadi inget ini acaranya pas gigi gue bengkak ... jadi gak bisa ikutan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba semoga ntar ada lagi ya acaranya :)

      Delete
  4. wih, seru juga ya belajar masak bersama-sama. :D

    ReplyDelete
  5. Wah seru ya, pengen ikutan, sayang harinya gak pernah wiken hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang