Dukungan Pihak Swasta Terhadap Pembangunan Fasilitas Publik

Dengan pertambahan penduduk yang semakin padat setiap tahun di Jakarta, membuat fasilitas umum menjadi berkurang karena lahan yang terbatas. Berkurangnya lahan membuat ruang gerak anak-anak pun terbatas. Padahal dalam masa tumbuh kembang, anak-anak membutuhkan tempat untuk bermain, berekspresi dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Melihat hal itu Pemprov DKI berupaya menambah ruang terbuka untuk masyarakat agar memberikan tempat bagi warga untuk berkumpul bersama keluarga



Pemprov DKI pun melibatkan pihak swasta untuk ikut mendukung pembangunan tempat tersebut. Salah satu pihak swasta yang mendukung ialah Blibli.com yang menyumbangkan empat Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang dua diantaranya diresmikan 17 Maret 2016. Saat peresmian RPTRA Tahap II Pulo Gundul dan Meruya Selatan, kegiatan dipusatkan di Pulo Gundul Tanah Tinggi Jakarta Pusat. Saat peresmian tempat ini dihadiri Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama, Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede, perwakilan BKKBN dan CEO Blibli.com Kusuma Martanto. 


Saat peresmian warga terlihat antusias mulai dari anak-anak sampai orang dewasa yang sudah datang sejak pagi. Ketika pak Basuki tiba, warga semakin semangat ingin menyalami dan berfoto dengan gubernur DKI tersebut. Acara dibuka dengan tarian khas Betawi dari remaja setempat. Setelah itu sambutan dari pak Kusuma Martanto yang mengatakan pentingnya internet saat ini yang bisa digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat. Apalagi di RPTRA tersedia fasilitas wifi yang bisa dipakai untuk mencari resep makanan, menambah informasi dan berjualan produk buatan sendiri. 


Sumbangan RPTRA merupakan dukungan program Jakarta Ramah Anak dan berharap tempat ini bisa dimanfaatkan untuk berolahraga, bermain, dan membaca di perpustakaan. Selanjutnya dari pihak BKKBN berharap tempat ini bisa dimanfaatkan kader PKK untuk melakukan penyuluhan Keluarga Berencana dan berkonsultasi untuk pemasangan alat KB. Apalagi pemerintah DKI sudah memberikan subsidi dengan menggratiskan biaya apabila ikut program KB. 




Saat memberikan sambutan pak Basuki atau Ahok menyambut dengan baik peresmian ini dan mengatakan program KB merupakan hal penting yang perlu didukung. Teringat pesan ayahnya ketika masih hidup, beliau ingin memberikan kesempatan untuk anak-anak agar bisa mendapatkan kesempatan pendidikan dan kesehatan dengan baik. Salah satunya dengan dibangunnya RPTRA ini. Peresmian Kampung KB pun dilakukan dengan membuka tirai papan nama dan penanda tanganan prasasti oleh pak Basuki. 


Dalam RPTRA terdapat banyak fasilitas yang bisa digunakan warga sekitar mulai Arena Bermain Anak BKB Paud, Taman Gizi, Jogging Track, Fitness Outdoor, Ruang Laktasi, Toilet untuk umum dan difabel, Pantry dan Amphiteater. Anak-anak antusias dan senang dengan adanya tempat bermain tersebut apalagi disediakan ruangan untuk menyusui. Sebelum saya pulang, terlihat antrian ibu-ibu di tempat pelayanan KB. 


Senang rasanya melihat tempat terbuka yang bisa digunakan untuk hal positif walau jumlahnya masih belum banyak. Semoga Pemprov DKI menambah lagi jumlahnya dengan melibatkan pihak swasta untuk mendukung pembangunan fasilitas umum yang ramah anak. 




Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba