Menjadi Sejahtera Saat Memasuki Usia Senja

Saat beranjak dewasa saya memiliki keinginan agar bisa hidup berkecukupan dan bisa sejahtera saat pensiun nanti. Karena saat saya ada pekerjaan di Bali, sempat bertemu dengan pasangan suami istri yang sedang menikmati suasana pantai Sanur yang indah. Pasangan tersebut bukanlah pasangan yang sedang berbulan madu namun menikmati masa pensiun dengan berlibur. Bagi saya hal itu merupakan sesuatu yang jarang ditemui karena banyak orang yang sudah pensiun masih bekerja mencari nafkah buat keluarganya. 

Saya pun mengobrol singkat dengan mereka dan mendapatkan info baru yang berbeda dari masyarakat di Indonesia. Mereka berasal dari Belanda dan memiliki satu anak yang sudah bekeluarga. Selama mereka bekerja, pengeluaran sangat dibatasi dan lebih banyak digunakan untuk menabung. Apalagi biaya hidup tinggi dan kepemilikan kendaraan bermotor sangat dibatasi. Maka wajar jika mereka bisa memiliki tabungan hari tua yang bisa digunakan untuk menikmatiliburan di Bali.
sumber : www.beritasatu.com
Melihat pasangan tersebut saya jadi membandingkan keadaan manula atau yang sudah pensiun dan berusia lanjut di Indonesia. Kebanyakan orang yang sudah pensiun atau memasuki hari tua masih hidup dengan kekurangan bahkan harus menanggung banyak anggota keluarga. Perilaku dan gaya hidup yang terjadi di saat usia produktif yang konsumtif menjadi salah satu penyebab mengapa saat pensiun menjadi kurang sejahtera. 

Hal itu sempat saya rasakan ketika pertama kali merasakan bekerja dan memiliki penghasilan sendiri. Rasanya setiap bulan ingin menghabiskan uang untuk berbelanja, makan dan jalan-jalan. Belum lagi tawaran kartu kredit dengan gratis iuran tahunan di tahun pertama. Untungnya orang tua masih mengingatkan agar hati-hati menggunakan uang dan jangan sampai terlilit hutang kartu kredit. 

sumber : bisniskeuangan.kompas.com
Alhasil sampai sekarang saya tidak menggunakan kartu kredit dan lebih hati-hati dalam mengeluarkan uang. Selain menabung dan selektif membelanjakan uang memiliki investasi juga perlu. Karena inflasi yang fluktuatif setiap tahun dan nilai mata uang yang semakin menurun maka dengan investasi uang bisa menjadi lebih banyak nilainya di masa depan. Jika dahulu mendengar kata "investasi" di benak saya harus sejumlah uang ratusan juta agar bisa menikmati hasilnya. 

Kini jenis investasi pun beragam dan jumlahnya juga semakin terjangkau untuk masyarakat kelas menengah. Pilihan untuk investasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan pendapatan mulai dari deposito berjangka, deposito syariah, sekuritas, logam mulia, reksadana dan unit link. Masing-masing investasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk mengetahui manfaat masing-masing investasi kini jauh lebih mudah karena sudah ada situs yang bisa mengetahui informasi tentang keuangan dengan lengkap.


Situs tersebut ialah www.cekaja.com yang memuat berbagai informasi dan tips mulai dari kartu kredit, asuransi, investasi, kredit, tv dan internet, dan UKM. Jika ingin membandingkan harga atau benefit yang didapatkan cukup klik maka akan keluar hasil yang lengkap. Misalnya saya ingin mengetahui pilihan deposito berjangka dengan buka kompetitif, maka klik investasi lalu pilih deposito berjangka. Masukkan nominal uang yang ingin diinvestasikan dalam bentuk deposito dan jangka waktunya. Setelah menekan tombol bandingkan maka akan muncul informasi yang lengkap mulai dari persyaratan, suku bunga, dan margin per tahun.



Selain berinvestasi dari usia muda, memiliki asuransi juga penting. Apalagi biaya berobat setiap tahun semakin mahal. Memiliki asuransi seperti sedia payung sebelum hujan yang akan berguna saat dibutuhkan. Asuransi yang kini wajib dimiliki setiap orang ialah asuransi kesehatan, jiwa dan kecelakaan diri. Pilihan asuransi juga semakin banyak dan terjangkau. Di situs cekaja.com pilihan asuransi beragam mulai dari  asuransi kendaraan, properti, kecelakaan, perjalanan sampai BPJS. Cukup klik asuransi yang diinginkan maka informasi dari berbagai perusahaan penyedia asuransi akan muncul dan kita bisa membandingkan mana yang sesuai.

Memiliki asuransi dan investasi untuk persiapan di hari tua ternyata tidak cukup karena banyak orang yang bingung bagaimana menghabiskan waktunya setelah pensiun. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar bisa memiliki kegiatan positif dan memiliki penghasilan ialah berbisnis sesuai dengan hobi. Memulai bisnis sebaiknya dilakukan saat masih produktif agar saat pensiun sudah bisa menikmati hasilnya. Sekarang untuk memulai bisnis jauh lebih mudah karena sudah ada toko online yang digunakan gratis untuk berjualan. Tidak perlu menyewa toko cukup mengupload barang ke internet maka kita sudah bisa berbisnis kecil-kecilan dari rumah atau kantor.

sumber : http://www.wapmild.n.nu
Jika ingin mendapatkan pinjaman modal untuk memulai bisnis, di cekaja.com tersedia informasi terkait UKM. Mulai dari pinjaman UKM, asuransi UKM dan asuransi mikro. Untuk memulai bisnis bisa dimulai dengan modal yang kecil sesuai dengan penghasilan yang dimiliki dan resiko yang rendah. Setelah memiliki penghasilan dari bisnis yang dijalani, usahakan untuk mulai mencicil hutang mulai dari kartu kredit atau kredit di bank. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terbebani membayar hutang di hari tua.

foto : dokumentasi pribadi
Hal lainnya yang juga penting bagi saya ialah tergabung dalam komunitas yang memiliki kegiatan dan minat yang sama. Dengan tergabung dengan komunitas saya merasa memiliki lingkungan pergaulan yang lebih luas, bisa berbagi ilmu dan pengalaman, dan saling mendukung untuk sukses. Komunitas yang saya ikuti antara lain komunitas blogger, komunitas mengajar, dan komunitas kegiatan sosial. Anggota komunitas  juga bervariasi dari mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, sampai pensiunan. Kegiatan dalam komunitas cukup beragam mulai dari belajar menulis blog, kunjungan ke perusahaan, mengajar anak sekolah dasar, dan pemberian santunan ke anak-anak kurang mampu.

Perubahan positif saya rasakan setelah tergabung dalam komunitas antara lain menambah skill, pertemanan dan mendapatkan dukungan di saat saya merasa sedih atau kecewa. Sesama anggota komunitas pun saling berbagi misalnya yang sudah pensiun membagikan ilmu dan pengalamannya kepada yang masih muda sebaliknya yang lebih mudah berbagi tips teknologi kepada yang lebih tua. Banyak orang yang sudah lanjut usia tergabung dalam komunitas agar bisa menghabiskan waktunya dengan kegiatan bermanfaat dan memiliki teman yang saling mendukung.

Tentu impian banyak orang agar bisa sejahtera di hari tua termasuk saya. Impian tersebut bisa diwujudkan jika dimulai untuk disiplin dalam mengelola keuangan pribadi dari sekarang. Semua orang bisa melakukannya dimulai dari langkah sederhana yang disesuaikan dengan kemampuan. Ini adalah kontes menulis cekaja.com 










Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. keren nih tip investasinya, agar gak pusing di saat lagi membutuhkan di kemudian hari dan di saat tua nanti..

    boleh kunjung balik gak? trims ya
    http://yulianasari-lifehistories.blogspot.co.id/2016/05/saya-ingin-menjadi-si-kecil-yang-besar.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan