Hidup Sehat Dan Aktivitas Lancar Dengan Aplikasi Garda Mobile Medcare

Menjalankan ibadah puasa di pertengahan tahun bagi saya membawa tantangan yang lumayan berat mulai dari perubahan cuaca yang tidak menentu sampai harus bisa mengatur jadwal dengan baik agar bisa tubuh tetap fit. Perubahan cuaca yang diluar dugaan tidak dapat dihindari namun perlu disisiati agar tidak terserang penyakit. Maka saya berusaha mengatur pola makan, istirahat, dan berolah raga secara seimbang. Namun sebagai manusia terkadang jadwal yang sudah dibuat dengan rapi masih terbengkalai karena lupa atau berbarengan dengan kegiatan yang mendadak. 


Untunglah dengan adanya kemajuan teknologi, aktivitas manusia menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi yang bisa diunduh di ponsel pintar. Perubahan teknologi yang ditandai dengan munculnya aplikasi transportasi online membuat perubahan gaya hidup pada masyarakat perkotaan. Berbagai perusahaan mulai berinovasi dengan meluncurkan aplikasi di ponsel pintar. Hal ini didasari tren pengguna internet yang sebagian besar melakukan  transaksi melalui ponsel. Harga yang semakin terjangkau, fitur yang canggih dan mudah dibawa membuat orang lebih suka menggunakan ponsel pintar dibandingkan laptop atau komputer.



Ponsel bukan sekedar alat komunikasi namun juga menjadi asisten pribadi yang memudahkan berbagai aktivitas. Saya sendiri merasakan berbagai kemudahan dengan adanya aplikasi yang membantu mobilitas saya dan aktivitas lainnya. Melihat kebutuhan masyarak yang semakin mobile, Astra sebagai perusahaan asuransi ternama Indonesia meluncurkan aplikasi sejak 2015 yaitu Garda Mobile Otocare. Setahun berikutnya Astra kembali meluncurkan aplikasi #gardamobile Medcare di bulan Mei 2016. Perbedaan dua aplikasi tersebut ialah Otocare untuk pengguna kendaraan bermotor sedangkan Medcare untuk masyarakat umum yang perduli akan gaya hidup sehat.


Mengetahui ada aplikasi Medcare membuat saya segera mengunduh aplikasi Medcare melalui Google Playstore. Melihat tampilan dengan warna biru yang cerah sesuai dengan logo Astra membuat mata terasa nyaman membaca tulisan dan membuka fitur-fitur yang ada. Hal pertama yang saya lakukan ialah mengisi Profil dengan nama, tanggal lahir, nomor telepon, dan memasang foto dari galeri ponsel. Selanjutnya karena saya mengonsumsi vitamin sebelum sahur dan setelah buka puasa maka saya mencoba fitur Sekitarku. Ada lima pilihan yang bisa dibuka yaitu Rumah Sakit, Apotek, Laboratorium, Gym dan Optik. Dengan menyalakan fitur GPS maka dengan otomatis akan menunjukkan tempat di lokasi terdekat kita.




Bagi saya fitur ini membantu dalam menemukan apotek di Jakarta jika saya akan membeli vitamin atau obat. Kemudian saya mencoba fitur Gym dan rumah Sakit akan muncul informasi berbagai pusat kebugaran terdekat yang bisa didatangi. Bagi yang suka berolahraga akan mendapatkan promo 10 hari gratis di Celebrity Fitness sampai 30 Juni 2016. Promo ini akan mendorong masyarakat untuk rajin berolahraga dan semakin memudahkan karena bisa menggunakan fitur Pengingat aktivitas olahraga yang rutin dilakukan agar bisa disiplin sesuai jadwal.


Setelah berolahraga biasanya saya akan memeriksa berat badan apakah sudah sesuai dengan Body Mass Index atau BMI untuk mengetahui apakah masih ada lemak yang perlu dihilangkan atau tidak. Ketika saya memasukkan angka tinggi dan berat badan secara otomatis akan terlihat hasil sejumlah 19.47 yang masih dalam katogori normal. Terdapat pula keterangan apakah berat badan kita terlalu rendah atau kegemukan. Ada enam kateogri dalam  fitur Aktivitas Harian  yang bisa digunakan yaitu Makanan, Berat Badan, Air Minum, kopi, Teh, dan Tidur.





Ketika tubuh mulai terasa kurang fit, kita bisa memasukkan Gejala yang dirasakan dengan menuliskan nama gejala, tanggal mulai, tanggal akhir, dan obat yang diminum. Hal ini berguna ketika kita akan menemui dokter, kita bisa menceritakan gejala yang dirasakan dan waktunya kepada dokter. Saat melakukan kontrol medis dengan dokter, kita juga perlu memasukkan data ke dalam fitur Kontrol Medis berupa nama kontrol, lokasi, tanggal, waktu, alarm sesuai waktu dan mengingatakn agar bisa rutin kontrol ke dokter. Setelah kontrol ke dokter biasanya kita akan meminum obat sesuai dengan dosis yang diberikan, agar tidak terlewat masukkan waktu meminum obat dan nama obatke fitur Obat  untuk mengingatkan kita setiap harinya batas waktu yang diberikan oleh dokter.




Sambil menunggu waktu berbuka puasa, biasanya suka membaca artikel  melalui situs berita online berupa tips informatif. Dalam aplikasi Medcare fitur Pengetahuan menyediakan beberapa informasi ringan tentang olahraga dan kesehatan termasuk tips sehat dalam menjalankan puasa. Bagi saya tips ini berguna agar tubuh bisa bugar dalam menjalan kan puasa, namun tips yang ada masih kurang karena jumlahnya masih sembilan tips. Akan lebih baik jika setiap minggu ada dua atau tiga informasi baru yang ringan sehingga  bisa menambah wawasan pengguna Medcare.


Jika ingin menanyakan lebih lanjut informasi mengenai produk atau bantuan darurat di jalan, maka dengan menekan fitur Hubungi Garda Akses akan tersambung langsung dengan Call Center Astra yang siap selama 24 jam. Apabila ingin mengklaim asuransi Garda Medika, pengguna asuransi cukup memilih fitur Garda Medika kemudian menuliskan nomor kartu dan email yang selanjutnya akan diproses secara online. Dengan fitur ini konsumen tidak perlu direpotkan datang ke petugas customer service sehingga menjadi lebih praktis dan mudah. Terakhir fitur Kotak Masuk juga tak kalah penting karena pengguna akan menerima informasi terbaru langsung dari Garda Oto.


Promo lainnya bagi pengguna Medcare di bulan Juni ialah voucher belanja Rp 500.000 di Optik Melawai dengan minimal pembelanjaan Rp 1.200.000 sampai tanggal 30 Juni 2016. Bagi saya aplikasi #medcare sangat membantu dalam menemukan tempat, mengingat jadwal dan menyimpan data medis menjadi lebih mudah. Kini tidak perlu repot membawa agenda besar untuk mencatat berbagai aktivitas, cukup dengan aplikasi di ponsel pintar menjadi lebih mudah dan praktis. Selamat untuk tim Astra yang telah meluncurkan dua aplikasi selama dua tahun terakhir. Inovasi yang dilakukan Astra membawa perubahan industri asuransi sehingga menjadi lebih dekat dengan konsumen dan mempermudah konsumen dalam melakukan klaim.


Saya berharap inovasi ini terus berlanjut dengan meluncurkan fitur baru yang belum ada dan bisa menjadi solusi kebutuhan masyarakat akan kesehatan di masa yang akan datang. Masyarakat juga semakin aktif dan perduli dengan gaya hidup sehat agar dapat menunjang produktivitas. Saatnya menggunakan Garda Mobile Medcare agar hidup lebih sehat dan memperlancar aktivitas sehari-hari dengan berbagai fitur pintarnya.








Comments

  1. Garda Mobile Medcare emang keren, bisa pantau kesehatan kita terus, yang paling saya suka yaitu bisa mengingatkan saya untuk kontro rutin, sip deh pokonya

    ReplyDelete
  2. iya mas jadi rajin olahraga dan lebih teratur :)

    ReplyDelete
  3. Oh garda oto, lumayan free trial fitnes manja

    ReplyDelete
  4. mantab nih aplikasinya, gaya hidup sehat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lima Hal Yang Harus Dimiliki Pekerja Digital Masa Kini

ulasan film sokola rimba

PopBox Loker Multifungsi Untuk Berbagai Kebutuhan