Ngabuburit Sambil Berbagi Dengan Komunitas Motor

Beberapa hari menjelang mudik, jalanan menuju tol Cipali biasanya akan dipenuhi berbagai jenis kendaraan mulai dari bus, mobil dan sepeda motor. Dengan kepadatan lalu lintas seperti ini kecelakaan di jalan raya rawan terjadi karena sikap pengendara yang kurang disiplin. Untungnya beberapa tahun terakhir sudah ada upaya dari pemerintah maupun swasta untuk mengurangi kecelakaan dengan mengadakan kegiatan mudik gratis. Kegiatan tersebut bertujuan agar pemudik yang semula menggunakan kendaraan bermotor beralih menggunakan transportasi umum agar mengurangi kemacetan dan korban jiwa.


Sebagai salah satu produsen otomotif ternama di dunia, PT Astra Honda Motor mengadakan kegiatan Welove Honda Community Gathering yang juga akan memberikan donasi kepada yayasan Isatqim. Kegiatan diadakan hari Minggu tanggal 26 Juni 2016 di Locanda Jakarta. Sebelum acara dimulai, blogger dan komunitas otomotif yang hadir berfoto dengan berbagai gaya unik dengan menampilkan motor Honda  New Supra GTR 150. Gaya yang unik akan mendapatkan hadiah total Rp 4 juta.




Acara dimulai sekitar pukul 16.30 dengan sambutan Stephanie Rengkung selaku perwakilan Astra Honda Motor. Dalam kegiatan ini selain memberikan tips mengemudi yang baik saat mudik juga ingin berbagi kepada anak-anak yang kurang mampu. Tips mengemudi pertama diberikan oleh Citra Ayu Lestari dari Rifat Drive Labs dengan tema Etika Berkendara dan Tips Mudik. Hal pertama yang ditekankan oleh mba Citra ialah etika saat di jalan dimana layaknya sebuah rumah seharusnya orang datang lewat pintu bukan lewat jendela. Jika seseorang masuk lewat jendela maka bisa dianggap sebagai pencuri. Begitu juga dengan pengendara motor jika menggunakan trotoar atau jalur busway maka bisa dianggap sebagai pencuri hak orang lain.




Banyaknya kecelakaan yang terjadi di jalan raya faktor terbesar sebanyak 88 % disebakan manusia sendiri bukan lingkungan. Masih banyaknya pelanggaran mulai dari pemakaian helm, surat-surat motor, lawan arus, dll menjadi faktor yang menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan. Sebagai pengguna kendaraan bermotor yang menggunakan ojek online, beberapa kali sopir menerobos jalur busway dan trotoar dengan alasan supaya cepat sampai. Tindakan ini saya tegur keras ke sopir karena bisa membahayakan nyawa saya sendiri dan orang lain. Butuh perubahan sikap dan mental agar pengemudi bisa memiliki etika yang tertib di jalan raya. 


Selanjutnya sharing menarik dari penulis dan pecinta motor yaitu Alitt Susanto atau yang lebih dikenal dengan akun @shitlicious. Kecintaan terhadap modifikasi motor sudah dimulai sejak kecil dan suka melakukan touring sendiri. Baginya touring terjauh yang pernah dilakukan ialah dari Jember ke Jogja walaupun dilalui dengan ban kempes. Pengalaman unik pun dia rasakan saat tidur di pom bensin dan harus diusir satpam ketika touring. Baginya touring yang asik bukan semata-mata menuju ke satu tempat saja tapi bisa mampir ke berbagai tempat menarik selama perjalanan.

Agar touring bisa maksimal pastikan semua bagian kendaraan sudah diperiksa dengan detail agar terhindar dari kecelakaan. Selain suka melakukan touring ke luar kota, Alit juga suka memodifikasi motor menjadi sesuatu yang berbeda. Bahkan baginya lebih baik menghabiskan uang banyak untuk memodifikasi motor daripada memakai narkoba. Kedepannya tren modifikasi motor hingga 2020 yang banyak diminati ialah classic retro terbukti beberapa produsen motor besar mengeluarkan varian ini ke masyarakat. Ketika ditanya apa saja yang perlu diperhatikan dalam memodifikasi motor ia menjawab biasanya penampilan dan kenyamanan bagi pengendara motor.



Walau sebentar namun saya mendapat tips baru dari Alit tentang bagaimana menjadi solo touring dan memperhatikan keamanan selama berkendara. Hari semakin sore waktu buka puasa semakin tiba, finalis Hijab Hunt 2016 Rizma Aprilia menyanyikan lagu religi dan mengajak komunitas yang hadir untuk ikut bernyanyi. Menjelang berbuka pak Agus perwakilan dari yayasan Istaqim memberikan sambutan dan kultum serta mengajak berdoa bersama sebelum berbuka puasa. Ketika waktu berbuka puasa tiba, anak-anak yatim yang hadir terlihat senang dan tidak sabar menikmati hidangan yang disajikan. 


Setelah berbuka puasa, foto terunik diumumkan yang mendapatkan hadiah voucher belanja dan pemenang utama mendapatkan hadiah smartphone. Sebelum kegiatan selesai, anak-anak yatim diminta maju kedepan yang kemudian akan menerima donasi dari PT Astra Honda Motor dan komunitas We Love Honda. Acara kemudian diakhiri dengan foto bersama dengan berbagai komunitas motor, blogger dan anak yatim panti Istiqam. 







Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

ulasan film sokola rimba

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya