Membedah Mitos Seputar Melahirkan Dan Menyusui

Menjadi perempuan akan menjadi lengkap setelah mengandung, melahirkan, menyusui dan membesarkan anak. Untuk bisa menjadi ibu dibutuhkan berbagai persiapan baik mental, fisik dan pengetahuan. Apalagi angka kematian ibu melahirkan di Indonesia masih cukup tinggi, sehingga perlu edukasi terus menerus. Salah satu upaya edukasi atau sosialisasi dilakukan oleh rumah sakit ternama yaitu RS Siloam Semanggi. Minggu lalu saya berkesempatan hadir tanggal 8 September 2016 di Conference Hall lantai 36 MRCCC Siloam Semanggi.



Ini kedua kalinya saya datang ke RS Siloam Semanggi setelah tahun lalu hadir di talkshow mengenai diabetes. Kali ini saya datang dengan tema yang berbeda bertepatan dengan peresmian fasilitas baru Siloam yaitu Mother & Child Ward. Tema yang dibahas ialah mitos seputar melahirkan dan pentingnya menyusui bagi ibu dan anak. Tidak dapat dipungkiri banyak mitos yang dipercaya masyarakat walaupun belum terbukti kebenarannya. Mitos tersebut antara lain orang gemuk identik dengan operasi caesar karena berat badan yang berlebihan.


Padahal menurut dr Batara Sirait SpOG spesialis kandungan, fertilitas, dan endokrinologi mengatakan banyak pasien yang berbadan gemuk bisa melahirkan normal. Yang benar adalah orang berbadan gemuk sulit bergerak jika melahirkan secara normal. Beberapa faktor yang mempengaruhi perempuan melahirkan ialah ukuran tinggi badan yang kurang dari 150 cm dan lingkar panggul yang kecil. Mitos lain yang banyak dipercaya ialah jika pernah melakukan caesar maka akan seterusnya caesar padahal setelah melahirkan caesar akan beresiko lebih besar jika melahirkan normal.

Hal lainnya yang ditanyakan tamu ialah jika sudah pernah dioperasi pengangkatan kista apakah akan mudah mengalami menopause? Jawab dr Batara ialah pengaruh akan terjadi jika indung telur juga diangkat maka akan mempengaruhi hormon yang berkaitan dengan menopause. Agar bisa melahirkan dengan normal maka pasien perlu menceritakan riwayat kesehatan secara lengkap kepada dokter. Selain itu penting memiliki persiapan setelah menikah mengikuti senam hamil selama enam bulan agar bisa saling berbagi dengan sesama wanita yang sedang hamil.


Selesai membahas mitos persalinan, talkshow dilanjutkan membahas seputar menyusi oleh dr Paulus Linardi , Sp. A. Bagi bayi dibawah enam bulan ASI merupakan makanan yang paling baik dan merupakan anjuran WHO untuk memberikan ASI ekslusif selama enam bulan. Pada ASI mengandung semua jenis makanan yang dibutuhkan bayi dan bayi dengan asupan ASI memiliki IQ lebih tinggi 14 point dibandingkan anak yang tidak diberikan ASI. Jumlah ASI sendiri setiap ibu diberi kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan anak sehingga tidak perlu iri atau khawatir jika jumlahnya tidak sebanyak orang lain.


Banyak orang masih menganggap ASI yang baru keluar seperti susu basi padahal itu adalah kolostrum yang memiliki beberapa kandungan antara lain antibodi, sel darah putih, vitamin A dan pencahar. Saat sedang menyusui apabila seorang ibu sedang tidak fit tidak perlu khawatir karena dengan menyusui maka akan membuat antibodi menjadi lebih kuat. Apabila akan meminum obat sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter dan 80 %  obat aman untuk ibu menyusui. Tips dari dr Paulus bagi para ibu agar sukses menyusui antara lain adanya kemauan dan motivasi tinggi, bayi aktif dan menghisap dengan baik, dan minta bantuan kepada motivator yang bisa mendekatkan ibu dan anak.



Selesai mendengar penjelasan kedua dokter yang informatif, dilanjutkan dengan perkenalan "Maternity Package" dari Blibli.com yang bekerja sama dengan RS Siloam Semanggi. Kini dengan kemudahan teknologi calon ibu dapat membeli paket persalinan, deteksi jantung dan pemeriksaan kesehatan di situs Blibli.com. Kemudahan ini dihadirkan untuk memberikan solusi gaya hidup modern yang sadar akan pentingnya kesehatan. Bagi mba Fransisca Krisantia Nugraha selaku General Manager Trade Partnership Blibli.com 90 % kebutuhan anak diperoleh melalui belanja online. Blibli.com memberi kemudahan enam metode pembayaran dan akan mendapatkan point reward jika berbelanja dengan kartu kredit.



Selain menyediakan paket kesehatan Blibli.com juga menyediakan produk untuk ibu dan anak dari brand ternama yaitu tempat tidur ergonomis Mums & Babes, alat pembersih udara Duux, dan perangkat mandi bayi Aquascale. Di akhir acara tamu yang hadir diajak melihat fasilitas ibu dan bayi yang baru diresmikan dengan tiga fasilitas kamar yang berbeda. Saat saya melihat langsung fasilitas tersebut baik kamar pasien, tempat inkubator bayi dan ruang operasi dipersiapkan dengan serius yang menunjukkan profesional Siloam dalam memberikan pelayanan kepada pasiennya. Semoga fasilitas tersebut bisa dibangun di RS Siloam lainnya di berbagai kota di Indonesia.






Comments

  1. Maternity package dari siloam hospital dan blibli memang oke banget ya mbak untuk para calon ibu :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

ulasan film sokola rimba

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya