Peranan Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak Menjadi Optimal Berkat Baby Happy

Dalam sebuah keluarga peranan orang tua penting karena menentukan berbagai keputusan penting misalnya pola didik dan asuh anak, cara berkomunikasi, pengaturan keuangan, dan hubungan denga masyarakat sekitar. Namun dalam beberapa budaya di Indonesia masih menganggap hanya ibu yang berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Padahal sebagai orang tua, ayah juga memiliki tugas yang sama dalam mendidik dan mengasuh anak. Kesibukan ayah dalam mencari nafkah sering dijadikan alasan kurangnya interaksi dengan sang buah hati. Padahal pada masa emas anak yaitu usia 0-5 tahun anak perlu mendapat perhatian yang seimbang dari ayah dan ibu. 


Kurangnya edukasi atau informasi membuat banyak ayah yang jarang meluangkan waktu untuk anak atau keluarganya. Masih banyak orang menganggap ayah hanya bertanggung jawab dalam mencari nafkah dan membiayai keluarga. Sehingga tugas ibu menjadi lebih banyak mulai dari mengurus rumah, membesarkan anak, melayani suami sampai mencari nafkah. Jika saya perhatikan di film asing atau budaya barat banyak ayah yang mengurus anaknya dengan berbagai cara mulai dari mengantar anak ke sekolah sampai membawa anak mengikuti perkuliahan. Hal tersebut membuktikan ayah memiliki peranan yang sama dalam mengasuh dan mendidik anak. 


Untuk mengajak masyarakat lebih terlibat dalam perkembangan anak, produk popok bayi produksi Wings Care mengadakan acara "Aku dan Ayah Happy Days Out"agar ayah dan anak bisa bermain pada tanggal 30 September - 2 Oktober di Fashion Atrium Kota Kasablanka. Dalam acara ini tersedia beberapa booth antara lain massage ibu, nail art, tempat bermain anak-anak, dan konsultasi pakar. Semua booth didesain dengan warna yang cerah agar memberikan kenyamanan untuk keluarga yang datang. 


Saya datang di hari pertama setelah makan siang karena ada talkshow dan peluncuran produk popok bayi Baby Happy. Acara dimulai dengan sambutan ibu Julie Widyawati selaku Marketing Manager Baby Happy yang mengatakan produk popok Baby Happy hadir karena ingin memberikan solusi agar tercipta kedekatan anak dengan orang tua. Pertumbuhan pasar popok di Indonesia setiap tahunnya tumbuh 18-20% dimana 85% pasar didominasi jenis pants karena lebih praktis. Selain itu Baby Happy mengandung SAP atau Super Absorbent Polymer yang dapat menyerap 50% lebih banyak yang aman dipakai selama beraktivitas. 


Bahan popok terbuat dari kapas yang lembit dan tipis dilengkapi karet ultrasonik yang membuat anak nyaman bergerak serta wet indicator yang memudahkan orang tua mengganti popok anak. Dengan beberapa kelebihan ini, ayah akan lebih leluasa berinteraksi dengan anaknya. Selanjutnya sesi talkshow tentang pentingnya peranan ayah dalam tumbuh kembang anak yang menghadirkan ibu Naomi Soetikno psikolog anak dan dosen Universitas Tarumanegara. Beliau menjelaskan jika seorang anak tumbuh dengan kasih sayang ayah dan ibu akan menjadi anak yang terampil bersosialisasi, mudah menyelesaikan masalah, logika berpikir lebih baik dan motorik terasah. 

Realita sekarang ayah sibuk bekerja dan jarang meluangkan waktu bersama anak padahal peranan ayah sama pentingnya dengan peranan ibu. Padahal saat anak bersama ayahnya kemampuan kognitif menjadi lebih baik karena ayah banyak bermain logika atau berpikir. Ada empat unsur peran ayah dalam tumbuh kembang anak yaitu : 

a. structure 
sebagai kepala rumah tangga ayah berperan dalam menerapkan aturan yang tegas bagi anak-anaknya.
b.warm
selain menerapkan aturan yang tegas, ayah dapat menjadi tempat yang nyaman bagi anak untuk bercerita 
c. accessibility
disela-sela kesibukannya, seorang ayah harus mudah diakses oleh anak-anaknya agar anak merasa aman dan terlindungi
d. playing
ayah harus memiliki motivasi untuk bermain bersama anak-anaknya. 



Pada balita usia 0-2 tahun bermain bersama ayah akan membantu perkembangan sensor motorik mereka sedangkan usia 2-5 tahun akan membantu perkembangan logika mereka. Setelah ibu Naomi menjelaskan peranan penting ayah, Dude Herlino seorang aktor dan Brand Ambassador Baby Happy juga berbagi pengalaman dalam membesarkan anak. Ia mengakui kesibukannya yang padat maka harus pintar membagi waktu antara lain menggendong Rendra buah hatinya setelah terbangun di pagi hari sebelum berangkat syuting. Di sela syuting ia pun berusaha melakukan video call agar bisa berkomunikasi dengan anaknya dan ketika libur menyiapkan seharian penuh untuk bermain bersama anak. 



Saat bermain bersama anak, Dude mengatakan ia siap menjadi badut asalkan anak nyaman dan bahagia. Baginya emotional bonding sangat penting makanya ia menggunakan komunikasi verbal dan non verbal dan terbantu dengan adanya Baby Happy karena bermain bersama anak menjadi leluasa. Tidak dapat dipungkiri dalam keluarga terkadang ada peranan ayah tidak berfungsi optimal karena faktor perceraian atau ayah yang meninggal. Agar tumbuh kembang anak bisa optimal bisa melalui figur kakek atau paman dari pihak ibu atau ayah. 

Mendengar hal ini saya menjadi mengerti bagaimana menyikapi jika ada orang tua yang berpisah karena beberapa teman yang menjadi orang tua tunggal dan saya sendiri dibesarkan oleh orang tua tunggal sejak anak-anak. Bagi saya penting mengetahui peranan orang tua dan komunikasi agar bisa berdiskusi dalam menjalankan rumah tangga kelak. Memang tidak mudah mengedukasi masyarakat agar bisa berbagi tanggung jawab dalam membesarkan dan mendidik anak namun beberapa psikolog terus berupaya mengajak ayah dan ibu berbagi persn dalam tumbuh kembang anak.



Acara "Aku dan Ayah Happy Day's Out diadakan juga di lima kota besar yaitu Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya dan Makassar dengan berbagai acara seperti talkshow parenting dan berbagai lomba yang melibatkan anak dan orang tuanya. Sebuah acara yang menarik dan edukatif bagi keluarga muda di Indonesia. Pesan Dude untuk para orang tua agar memiliki kedekatan dengan anaknya karena orang tua bertanggung jawab dunia dan akhirat. Salah satu cara mendekatkan diri dengan anak ialah dengan berpartisipasi dalam event ini. Untuk produk Baby Happy saat ini tersedia dalam tiga ukuran yaitu S, M, L, dan XL dengan harga sekitar Rp 37.000 - Rp 40.000 yang tersedia di berbagai supermarket dan minimarket beberapa kota besar di Indonesia. 




Comments

  1. peran ayah itu penting banget, apalah aku tanpa sosok ayah yang jaga anak juga hahahaha
    btw aku belum pernah pakai iniii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bisa aja nah bisa dicoba mba popoknya kan bentar lagi mau lahiran :)

      Delete
  2. Kalau anak dekat dengan ayahnya, mereka bisa tumbuh menjadi anak yang kuat dan lebih percaya diri. Jadi, berbahagialah kalau suami kita dekat sama anak apalagi smpai mau mandiin segala :)

    ReplyDelete
  3. iya sudah sewajarnya ayah ikut mandiin anak di rumah :)

    ReplyDelete
  4. Yes setujuu.. bantuin kerjaan bunda membesarkan anak dong yah ^_^

    Btw ikut giveawayku yuk mbak ;)

    ReplyDelete
  5. Bener banget, tugas Ayah bukan melulu tentang nyari nafkah tapi harus berperan ikut serta dalam tumbuh kembang anak. Kalo ditinggal kerja terus, nanti si kecil jadi kehilangan sosok ayah. Jadi harus diberi waktu juga. Nice info mbak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Kulit Sehat Dan Bersinar Dengan Bahan Alami Gizi Super Cream