Terapkan Pola Hidup Sehat Dengan Tangkal Kolesterol

Berkembangnya teknologi setiap tahun membawa dua dampak bagi kehidupan manusia. Di satu sisi memudahkan aktivitas dan membuka peluang pekerjaan sedangkan di sisi lainnya membuat manusia menjadi malas bergerak sehingga menimbulkan berbagai penyakit. Selain membuat malas bergerak, teknologi di bidang makanan bisa menyembuhkan berbagai penyakit juga menimbulkan penyakit karena kandungan zat pengawet dalam makanan. Untuk mengatasi berbagai penyakit yang saat ini banyak bermunculan dibuthkan pola hidup yang seimbang dari pola makan, pemeriksaan kesehatan secara rutin dan olahraga teratur.



Berdasarkan hasil riset Kesehatan Dasar Indonesia 2013, serangan jantung dan stroke menjadi penyebab teratas kematian di dunia termasuk Indonesia. Kedua penyakit ini saling terkait dimana orang dengan kadar kolesterol tinggi beresiko dua kali lipat terkena serangan jantung dan terkena stroke. Pada masyarakat Indonesia, proporsi masyarakat dengan LDL (kolesterol jahat) mencapai 76.2 % lebih dari proporsi LDL tinggi 15.9 %. Melihat resiko kolesterol yang berbahaya dibutuhkan penanganan bersama berbagai pihak mulai dari edukasi sampai ke tindakan agar masyarakat sadar dan tergerak untuk mencegah resiko kolesterol jahat dalam tubuh.




Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan mengadakan gerakan #IndonesiaTANGKALKolesterol yang diadakan oleh Kalbe melalui Nutrive Benecol yang bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia, Klikdokter.com, dan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 29 Oktober 2016 di Ecopark Ancol yang dimulai sejak jam 06.00. Ketika saya datang, ribuan komunitas dari berbagai daerah di sekitar Jabodetabek sudah hadir dengan semangat. Dengan memakai baju hijau toska yang segar ribuan masyarakat terutama ibu-ibu antusias mengikuti jalan sehat dengan yel-yelnya, kemudian mengikuti senam dan mengantri untuk memeriksakan kolesterol.





Walaupun tempat acara yang cukup jauh dan dimulai di pagi hari namun semangat untuk hidup sehat terlihat dari masyarakat yang hadir. Terdapat juga sesi olah raga yang diberikan oleh pelatih olah raga di pusat kebugaran yang menagajak warga berolah raga ringan dengan berbagai alat. Walaupun saya tidak mencobanya namun melihat semangat mereka untuk hadir dan berolah raga membuat saya senang karena masih banyak orang yang perduli akan kesehatannya.


Bahkan Ketua 1 Yayasan Jantung Indonesia, Prof Budhi Setianto mengajak masyarakat untuk menjauhi merokok, awasi asam urat, gula darah, lingkar pinggang dan olah raga yang teratur dan terukur. Begitu rombongan jalan sehat sampai, masyarakat lalu memasuki Ecovention Hall untuk mengikuti seminar dan demo masak yang bermanfaat untuk kesehatan.Kesempatan ini saya gunakan pula untuk memeriksakan kesehatan berupa gula darah, tekanan darah dan kolesterol. Hasil yang diperoleh asam urat dan gula darah masih normal sedangkan angka LDL cukup tinggi dan HDL yang masih kurang. Walaupun resiko kolesterol masih rendah tetap perlu mewaspadai adanya serangan jantung atau stroke. Acara temu media pun diadakan dengan tiga pembicara utama dari Yayasan Jantung Indonesia, Klikdokter.com dan Nutrive Benecol. 


Prof Budhi menjelaskan Yayasan Jantung Indonesia sudah berdiri sejak 35 tahun yang lalu dan memiliki 28 kantor cabang di seluruh Indonesia. Yayasn ini menjadi pelopor gaya hidup sehat dengan berbagai kegiatan aktif seperti Klub Jantung Sehat dan Klub Jantung Remaja. Tiga program utama yang dijalankan untuk mengajak masyarakat memiliki gaya hidup sehat antara lain promotif, preventif dan kuratif. Selanjutnya Dr Vito A. Damay, Sp. JP, M.Kes Dokter Spesialis Janutng dan Pembuluh Darah dari Klikdokter.com menambahkan upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke ialah dengan menjauhi merokok dan makanan yang menyebabkan kegemukan.



Ada lima makanan yang perlu diwaspadai karena mengandung kadar kolesterol jahat (LDL) yaitu kuning telur dengan 1234 mg kolesterol/100gr, telur ikan 588 mgkolesterol/100gr, hati dengan 564 mg kolesterol/100gr, mentega dengan 215 mg kolesterol/100gr, dan 588 mg kolesterol/100gr. Selain itu perlu mengurangi konsumsi camilan yang memiliki kolesterol tinggi yaitu gorengan, makanan bersantan, aneka kerupuk, es krim, telur puyuh dan aneka kue kering.


Seringkali saya membaca berita atau mendengar kabar kalau orang terkena penyakit jantung dan stroke tanpa gejala spesifik padahal penyempitan pembuluh darah jantung sudah lama terjadi tanpa disadari. Maka masyarakat perlu merubah pola hidup menjadi lebih sehat dan tidak berpatokan pada asumsi umum bahawa gejala kolesterol tinggi bisa dikenali lewat tanda seperti pusing pada kepala, pegal pada tengkuk dan pundak serta nyeri pada dada bagian kiri seperti tertusuk.


Pembicara selanjutnya pak Dony Bambang Iryanto selaku Senior Brand Manager Nutrive Benecol mengatakan kegiatan CholesTerror Free atau gerakan Indonesia Tangkal Kolesterol diadakan dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia dan Hari Stroke Sedunia. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang farmasi, Kalbe Nutritionals ingin menjadikan tahun 2016 sebagai momentum untuk mengajak masyarakat menjadi lebih sehat. Maka rengkaian edukasi pun diadakan di 24 kota besar dengan melibatkan berbagai pakar  seperti dokter jantung, ahli gizi dan instruktur olah raga.



Nutrive Benecol pun merilis gerakan senam B-Fit yang bisas dilakukan dengan mudah di kantor dan di rumah serta Kampanye TANGKAL yang memiliki tujuh langkah Tangkal Kolesterol yaitu : 

a. Teratur Periksa Kolesterol 
b. Awasi Asupan dan Pola Makan
c. Nikmati Hidup Tanpa Merokok Dan Minuman Beralkohol
d. Giat Berolahraga Gerakan B-Fit
e. Kendalikan Berat Badan Dan Kendalikan Stres
f. Awasi Tekanan Darah Anda
g. Lengkapi Dengan Nutrive Benecol 2x sehari

Diharapkan dengan adanya kampanye TANGKAL bisa membantu mengedukasi masyarakat dengan pola hidup sehat. Nutrive Benecol sendiri bukan obat tapi merupakan suplemen dengan bahan plant stanol yang telah teruji menurunkan kolesterol. Jika dikonsumsi secara rutin 2x sehari setelah makan selama dua minggu makan dapat menurunkan 7-10 % kolesterol dan mengurangi resiko jantung koroner. Nutrive Benecol berasal dari Finlandia yang merupakan produk yang sudah dipasarkan secara global dan mendapatkan pengakuan aman dari FDA Amerika dan Eropa.

sumber : www.kalbestore.com


Saat ini ada dua jenis produk #NutriveBenecol yang bisa dikonsumsi yaitu berupa smoothies dengan empat pilihan rasa yaitu jeruk, leci, strawberry, dan blackcurrant berukuran 100 ml. Jenis lainnya berupa sereal denga dua pilihan rasa vanila dan coklat dengan satu porsi makanan 35 gram. Tidak perlu khawatir dengan efek samping karena aman dikonsumsi secara berkelanjutan. Dengan adanya produk ini maka kesenjangan pada masyarakat umum yang memiliki kolesterol tinggi bisa teratasi dan edukasi serta pola hidup sehat bisa dengan mudah diterapkan. Info selengkapnya bisa dibaca di situs www.nutrivebenecol.com.







Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

ulasan film sokola rimba

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya