Upaya Memasyarakatkan Keju Dengan Kegiatan Prochiz Vaganza

Sejak anak-anak saya dibiasakan untuk meminum susu sapi supaya badan lebih sehat dan berisi. Walau kadang membosankan, tapi memang bermanfaat dan tidak mudah sakit. Susu sapi juga bisa diolah menjadi produk olahan berupa keju, yoghurt, es krim.. Sehingga bagi anak-anak atau orang dewasa kurang menyukai susu bisa mengkonsumsi produk olahannya yang juga bergizi dan memiliki varian rasa lebih banyak. 



Sayangnya konsumsi susu sapi di Indonesia masih rendah rata-rata 12,10 kilogram per kapita per tahun dibandingkan negara di wilayah ASEAN yang mencapai 36,2 kilogram per kapita per tahun. Namun disisi lain ada peningkatan pertumbuhan industri pengolahan susu sekitar 12 persen. Hal ini menunjukkan potensi pasar bagi industri pengolahan susu di Indonesia cukup besar. 

Menurut PUSDATIN (Pusat Data dan Sistem Informasi) Sekretaris Jenderal Kementrian Pertanian, keju merupakan salah satu produk olahan susu yang memiliki tingkat konsumsi yang cukup besar yaitu sebesar 12,50 persen. Hasil survey dari Dinas Peternakan Jawa Barat sekitar 52 persen responden menjawab keju sebagai produk olahan susu yang digemari dibandingkan es krim, yoghurt atau susu murni. 

Melihat banyak orang yang menggemari keju dan ingin menghilangkan stigma bahwa keju makanan mahal dan hanya untuk kalangan menengah atas PT Mulia Boga Raya sebagai produsen PROCHIZ mengadakan beberapa inovasi produk. Beberapa diantaranya ialah memproduksi keju yang dapat disimpan dengan suhu ruangan sehingga bisa dijual semua toko dan menjual dengan harga terjangkau serta kualitas yang baik. 

Selama tujuh tahun berkiprah di Indonesia, PROCHIZ menjadi brand keju pertama Indonesia dan mengekspor ke sembilan negara di Asia dan Afrika. Tentu ini sebuah kebanggaan dimana produk Indonesia bisa menjadi tuan rumah dan diekspor hingga manca negara. Tidak hanya itu beberapa produsen roti ternama di Indonesia menggunakan PROCHIZ sebagai salah satu bahan bakunya. 


Upaya lainnya untuk mengajak masyarakat menyukai keju, ialah dengan kegiatan PROCHIZ Vaganza yang diadakan di Laguna Atrium Central Park dari tanggal 7-9 April 2017. Dalam kegiatan ini terbuka untuk umum yang ditujukan untuk anak-anak dan orang dewasa. Ada berbagai kegiatan menarik antara lain penampilan anak-anak sekolah menyanyi di atas panggung, lomba mewarnai, lomba menghias cupcake, demo masak aneka makanan menggunakan keju bersama Chef Billy dan Chef Achen (Ny Liem)  dan penampilan penyanyi cilik Naura dan Romaria. 


Tujuan diadakan kegiatan ini menurut Marketing Manager PT Mulia Boga Utama Raya Lina Phang, ialah mengajak masyarakat menyukai keju sesuai dengan visi dan misi PROCHIZ yaitu mengkejukan masyarakat dan memasyarakatkan keju sehingga semua lapisan masyarakat menikmati manfaat gizi dari keju.

Harapan lainnya diungkapkan ibu Lina ialah bisa memberdayakan peternak sapi lokal agar bisa meningkatkan produksi susu karena bahan baku masih menggunakan susu impor dan mengekspor lebih banyak keju PROCHIZ. Pada kegiatan ini, PROCHIZ juga memperkenalkan logo dan kemasan baru yang lebih segar di masyarakat. 





Beberapa produk PROCHIZ yang sudah dijual di masyarakat yaitu PROCHIZ Cheddar atau keju padat dan lembut yang mudah diparut dan cocok untuk topping roti manis atau donat, PROCHIZ Gold Cheddar dengan tekstur padat dan hasil parutan lebih panjang yang tersedia ukuran 170 g atau 2 kg, PROCHIZ Slice atau keju lembaran yang bisa digunakan untuk isian sandwich, burger, atau roti bakar tersedia dua varian isi lima atau sepuluh lembar, PROCHIZ Mayo merupakan mayonaise dengan bahan pilihan yang berkualitas cocok untuk salad, sandwich atau hamburger. 



Bagi Chef Billy Kalangi dalam memperkenalkan keju pada anak ialah mengenal jenis makanan yang disukai apakah basah atau kering. Agar bisa memasukkan bahan keju dengan tepat misalnya ke dalam jus atau makanan lainnya. Selain itu dalam memilih keju yang baik perhatikan warna, tanggal kadaluarsa dan produsennya agar tidak salah dalam membeli.

Semoga dengan adanya PROCHIZ Vaganza semua lapisan masyarakat bisa menikmati keju dan diadakan di kota lainnya selain Jakarta. Info mengenai produk dan resep makanan bisa mengakses situs www.prochiz.com




Comments

  1. Keju bisa dicampur ke jus? *bingung

    Tapi aku memang doyan keju, terutama kalau dicampur di telur dadar dan nasi goreng. Yummy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa ikut di jus atau di parut diatasnya :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba