Upaya Semen Merah Putih Agar Bisa Diterima Dalam Lingkungan Sekitar

Menjelang hari Raya Idul Fitri pemerintah berupaya memperbaiki infrastruktur dengan membangun jalan tol dan jalan pendukung lainnya. Banyaknya pembangunan infrastruktur saat ini baik di kota besar maupun di daerah membuat industri pendukung semakin berkembang. Salah industri pendukung yang juga turut berperan dalam pembangunan infrastruktur ialah semen yang bahan bakunya berasal dari Indonesia. 



Kemunculan pabrik semen di beberapa daerah sempat menimbulkan pro dan kontra pada masyarakat karena dikhawatirkan akan mencemari lingkungan. Namun kekhawatiran itu bisa dibuktikan dengan upaya industri semen dengan melakukan berbagai upaya di lingkungan sekitar. Salah satu industri semen yang perduli dengan lingkungan sekitar ialah Semen Merah Putih yang memiliki pabrik di Bayah Banten..


Berada di lokasi yang masih jauh tertinggal infrastruktur dan lainnya, membuat Semen Merah Putih berupaya melakukan kegiatan CSR atau Corporate Social Responsibility. Pabrik Semen Merah Putih didirikan sejak tahun 2011 dan sejak tahun 2015 produksi telah mencapai 1 juta ton atau 10.000 ton per hari. Logo Semen Merah Putih (SMP) ialah badak yang merupakan satwa lokal dari Banten agar mudah diterima atau membumi. 


Agar masyarakat mengetahui kegiatan CSR Semen Merah Putih, minggu lalu rekan media dan blogger diundang dalam kegiatan buka bersama di kantor Media Grup. Mewakili perusahaan Bapak Sigit Indrayana selaku Corporate CSR, Goverment, dan Public Relations menjelaskan beberapa kegiatan yang telah dilakukan dimana terbagi ke dalam lima pilar. 

Kelima kegiatan tersebut antara lain :
  • Pendidikan
SMP berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan beasiswa pelajar berprestasi dan memberikan ketrampilan agar lulusan sekolah bisa memenuhi kebutuhan indsutri. Selain itu SMP juga mengajak pelajar untuk gemar membaca dan menulis di situs ayo gemar membaca.



  • Ekonomi
Agar masyarakat memiliki ekonomi yang mandiri, SMP bekerja sama dengan BRI menyalurkan kredit untuk usaha dan Dinas Perindustrian agar memberikan pelatihan wirausaha untuk UKM di bidang pangan dan batik. Dua industri ini dibantu dalam pembuatan kemasan dan memasarkan produk keripik pisang juga batik baduy. Produk ini diberikan sebagai souvenir bagi tamu yang hadir agar memperkenalkan produk khas Banten di masyarakat luas. 
  • Sosial 
Masih kurangnya infrastruktur dan fasilitas lainnya di Banten, membuat SMP ikut membantu pembangunan jalan raya, sekolah, mushola, dan MCK. SMP juga ikut dalam kegiatan renovasi rumah di Cilincing Jakarta Utara yang bekerja sama dengan Pemerintah DKI Jakarta.
  • Lingkungan Hidup 
SMP mengajak masyarakat lokal merawat pantai dengan kegiatan membersihkan pantai Sawarna yang juga dikenal sebagai obyek wisata di perbatasan Banten dan Pelabuhan Ratu. 
  • Kesehatan 
Kurangnya fasilitas kesehatan yang memadai, membuat SMP aktif mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan, donor darah, mendonasikan satu unit ambulans dan mendirikan poliklinik di sekitar pabrik yang beroperasi 24 jam. 

Kegiatan tersebut diharapkan memberikan manfaat ekonomi dan sosial sehingga mendapatkan ijin sosial untuk beroperasi di masyarakat. SMP juga membuktikan bisa menampilkan wajah indsutri yang ramah sehingga memiliki image perusahaan positif di masyarakat. Semoga dengan kegiatan yang dilakukan Semen Merah Putih bisa membawa perubahan positif baik di lingkungan sekitar dan secara luas di Indonesia. Saya berharap Semen Merah Putih bisa terus bersinergi dengan berbagai pihak agar bisa ikut mendukung pembangunan infrastruktur.


 

Comments

  1. Terima kasih atas liputan Program CSR Semen Merah Putih. Kami sangat senang teman-teman Blogger dapat memberikan apresiasi positif terhadap 5 pilar CSR di PT. Cemindo Gemilang selaku produsen semen di Indonesia dan pemegang merek Semen Merah Putih. Kami dengan senang hati dapat mengundang teman-teman Blogger untuk mengunjungi pabrik semen kami, khususnya pabrik semen terintegrasi di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Pabrik semen tersebut berdiri di dekat area wisata Pantai Sawarna dan tepat menghadap Samudera Hindia yang menawarkan keindahan alam yang fantastis, bahkan posisi pabrik Bayah tepat menghadap lokasi matahari terbenam (sunset), jadi teman-teman Blogger bisa mengabadikan momen indah di pabrik kami dengan latar belakang warna kuning keemasan dan merah menyala pada saat sunset. Amazing

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dengan senang hati kami akan hadir pak dan menuliskan pengalaman di blog masing-masing :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba