ulasan film insidious chapter 2

Kemarin sabtu tgl 28 september 2013 saya dan teman-teman berkesempatan menonton film yang sudah lama yang saya tunggu yaitu insidious 2. film horor menegangkan yang sudah saya tonton bagian pertama tahun 2011 lalu. semenjak mendengar kabar dari media massa kalau insidious telah dibikin sekuelnya dan akan tayang di bulan september saya menjadi penasaran akan kelanjutan ceritanya dan ingin segera menonton di bioskop.

Saya menonton di bioskop XXI Lippo Kramat Jati Indah yang terletak Jl. Raya Bogor dekat pasar induk Kramat Jati Jakarta Timur.Mall ini kabarnya telah mengalami renovasi sehingga tampak lebih baru, bersih dan nyaman. Di dalam mall sendiri terlihat cukup ramai dan tarif tiket bioskopnya relatif lebih murah dibandingkan bioskop lainnya yaitu 30.000 untuk senin-kamis sedangkan jumat-minggu harganya 35.000. Di dalam bioskop XXI Kramat Jati terdapat 4 studio yang lumayan besar.


 .
Setelah mengantri beberapa lama akhirnya saya menonton jam 15.55 di studio 2 di dalam bioskop terlihat cukup ramai yang duduk menandakan film ini memang sedang ramai dan banyak orang yang penasaran kemudian ingin menonton film ini.


Setelah masuk saya langsung melihat adegan dimana josh (ayah dalton) ketika kecil dihipnotis oleh elise (seorang wanita yang berprofesi sebagai pengusir hantu yang mengganggu manusia) dimana josh bercerita kalau ia sering didatangi hantu wanita tua menyeramkan, kemudian elise memasuki kamar josh dan mencari letak hantu itu berada. Ketika membuka lemari pakaian josh elise langsung dicakar tangannya oleh hantu tersebut dan mengatakan pada loraine (ibunya josh) bahwa josh memiliki bakat khusus yang bisa melihat makhluk gaib atau setan dan setan itu menginginkan tubuhnya josh agar bisa membunuh orang, lalu elise dan loraine sepakat untuk membuat josh lupa akan kemampuannya kemudian film lanjut ke cerita sambungan  insidious 1 dimana renai (istri josh) histeris melihat elise mati tercekik lehernya dan melihat gambar di kamera yang menyeramkan.

Renai tampak curiga kalau josh yang membunuh elise dan kemudian tampak elise sedang diinterogasi oleh polisi mengenai pembunuhan elise. renai berusaha menjelaskan kejadian kalau ada makhluk halus yang mengganggu mereka namun polisi tersebut tidak percaya dan lebih tertarik mengetahui siapa pembenuhnya dan akan menguji sidik jari pada leher elise.

Cerita film ini dilanjutkan dengan kepindahan josh dan keluarga ke rumah loraine dengan harapan mereka bisa hidup lebih tenang. ternyata tidak seperti dugaan mereka, renai merasa masih diikuti oleh setan yang mengganggu dengan mendengar suara piano berbunyi sendiri tanpa dimainkan. josh berusaha meyakinkan kalau mereka sekarang sudah baik dan tidak perlu memikirkan hal-hal seperti itu. namun tidak hanya renai saja namun juga loraine pun melihat sesosok wanita misterius berkeliaran di rumah mereka. josh pun bersikeras kalau itu tidak ada namun loraine merasa yakin ada sesuatu yang tidak beres. begitu juga dalton anak yang memiliki kemampuan sama seperti josh melihat josh berbicara sendiri dengan  makhluk gaib.


Sementara itu dua orang rekan elise melihat ke ruang bawah tanah rumah elise dan menemukan video rekaman josh ketika masih kecil yang dihipnotis oleh elise. mereka meihat ternyata josh berbicara sendiri dengan menunjuk sesuatu di sebuah ruangan. kemudian loraine datang ke tempat elise dan melihat video tersebut dan mengundang temannya yang juga berprofesi seperti elise yang  juga mengenal dekat dengan elise. 

Cerita berlanjut ketika mereka berempat mengadakan kontak dengan elise dengan perantara dadu untuk mengetahui siapa pembunuh elise sebenarnya dan mengapa setan tersebut masih menghantui keluarga loraine. akhirnya ada petunjuk yang menunjuk ke sebuah tempat rumah sakit tua yang sudah ditutup ternyata loraine dulunya bekerja sebagai dokter atau paramedis di rumah sakit tersebut dan ketika josh masih kecil pernah diajak ke rumah sakit tersebut dan masuk ke kamar pasien yang bernama parker dan pasien tersebut hampir mencelakai josh yang bisa kemudian di  cegah oleh dokter  dan perawat di rumah sakit.

Parker beberapa hari kemudian tewas bunuh diri dan loraine tadinya tidak mengetahui hal itu ia tahu setelah pulang dari rumah sakit berada satu lift dengan parker kemudian meminta maaf atas ulah josh namun parker hanya diam saja. loraine bertanya pada perawat yang bertugas tentang parker yang berjalan sendirian namun perawat tersebut bilang kalau parker sudah tewas bunuh diri nah lo!!
mereka berempat lalu ke rumah parker yang sudah kosong dan menemukan banyak hal-hal aneh seperti mainan wanita di kamar anak laki-laki dan kumpulan mayat yang sudah membusuk. akhirnya mereka berempat tahu kalau parker adalah pembunuh yang mengenakan pakaian hitam bercadar karena ingin mengembalikan masa kecilnya.

Sementara itu renai sedang sendirian di rumah melihat sesosok wanita misterius yang kemudian meneror anak bungsunya yang bernama cali dan melihat langsung setan itu dan ditampar kemudian pingsan beberapa saat.

Kemudian loraine menemui renai dan menceritakan bahwa josh sekarang bukanlah josh yang sebenarnya dan ada makhluk halus yang mengganggu mereka dan sedang diselidiki oleh rekan-rekan elise dimana josh yang sebenarnya. Josh pun tahu ia sedang diselidiki dan tampak pucat mukanya dan giginya pun mulai copot satu persatu kemudian ia menghajar dua orang rekan elise dan ingin membunuh renai serta dua anak mereka atas perintah ibunya agar tetap bisa bertahan hidup.

Dalton kemudian berinisiatif untuk bisa tidur agar dapat menemukan arwah josh sebenarnya dan membawa ayahnya kembali seperti semula. dalton kemudian tertidur dan mencari keberadaan arwah josh dan akhirnya bertemu setelah josh dan elise dibantu temannya membunuh setan wanita tua yang selama menghantui josh dan keluarganya. akhirnya josh dan dalton bisa kembali ke badan mereka dan renai tampak takut dengan josh namun akhirnya percaya setelah tahu bahwa josh lah yang memainkan musik piano yaitu musik yang dibuat oleh renai.

Akhirnya josh sekeluarga sepakat untuk dihapus memori dan kemampuan itu agar bisa melanjutkan hidup lebih tenang lagi.


Saya pribadi merasa puas setelah menonton insidious 2 dan masih terkenang dengan adegan yang mengagetkan dalam film tersebut sampai sekarang. saya kagum dengan pengembangan cerita yang bagus dimana alur film bisa kembali ke masa lalu josh kemudian ke kehidupan sekarang josh serta kembali ke masa lalu untuk selesai ke masa kini perpindahan alur cerita bisa ditonton dengan baik serta ritme film yang terjaga dengan baik sehingga saya yang menonton bisa merasa tegang dan penasaran dari awal sampai akhir.

Karakter tokoh di film ini juga sesuai dimana  josh lebih ekspresif dari film sebelumya. josh bisa berubah menjadi ayah yang dingin, kejam, kemudian juga peduli dengan keluarganya. Saya pribadi berharap insidious bisa berlanjut hingga insidious 3 dengan cerita yang lebih menarik lagi

Namun terdengar kabar james wan sang sutradara enggan menyutradarai film horor dan sedang menangani film Fast Furious 7. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan apabila ada komentar baik kritik atau saran silahkan tuliskan untuk masukan saya agar lebih baik lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba