​Aku Rasa, Reksa Dana Sangat Menguntungkan

Saya mulai merasakan jenis investasi ini setelah beberapa tahun lalu saat memulainya. Awalnya juga hanya sekedar iseng karena  cara melakukannya mudah dan fleksibel. Reksadana merupakan jenis investasi yang dapat aku lakukan tanpa harus berpikir bagaimana caranya mendapatkan keuntungan lebih dan lebih tanpa kerugian sedikit pun. Soalnya investasi ini cukup unik, memiliki seseorang yang akan mengatur dana investasi yang kita miliki, sebut saja mereka dengan sebutan manager investasi. Manager Investasi akan mengatur semua dana dari para investor untuk dikelola di instrument investasi.

Dan satu hal yang membuatku memilih reksadana  adalah dana untuk berinvestasi yang murah. Jadi aku tidak perlu pusing harus mengeluarkan dana jutaa rupiah. Pertama aku memang ragu, kenapa berinvestasi dalam reksadana begitu murah dan mudah. Ternyata reksadana menawarkan investasi dalam dua sistem yaitu langsung dan tidak langsung. Langsung adalah jenis investasi reksadana dimana pembeli investasi reksadana secara sekaligus diawal transaksi. Dan tidak langsung adalah jenis investasi yang dapat dilakukan secara berkala/tiap bulan. Karena itu, aku dapat memilih sesuai dengan kapasitas financial yang aku miliki.


Belum puas sampai di situ, saya masih merasakan banyak keuntungan-keuntungan lainnya dengan melakukan investasi reksadana. Seperti mulai rajin mengatur keuangan pribadi secara baik. Menghitung perencanaan keuangan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Contohnya yang paling saya rasakan adalah melakukan perencanaan keuangan karena mendisplinkan saya untuk menghemat beberapa pengeluaran. 

Menghitung berapa biaya hidup sehari-hari, biaya belanja bulanan dan hang out bersama teman-teman juga termasuk cara ampuh dalam perencanaan keuangan. Belum lagi harus menyisihkan tabungan yang berguna untuk berbagai keperluan mendesak. Serta asuransi, penting hukumnya agar saat mengalami kecelakaan atau sakit tidak perlu lagi mengeluarakan uang lebih. 

Bisa dibilang kegiatan-kegiatan itu hanya kegiatan sepele dan membuat kita suka lupa bahwa menyiapkan dana untuk masa depan atau tujuan jangka panjang dapat dilakukan dengan mudah. Berinvestasi hanyalah salah satu cara untuk menyiapkan dana di masa depan. Karena itulah, saya merasa berinvestasi dalam reksadana sangat menguntungkan. Selain mendisplinkan saya untuk mengatur keuangan lebih baik saya juga berusaha menciptakan dana untuk masa depan.


Dan menurut opini saya jika kamu sama seperti diriku yang bisa dibilang tidak punya banyak waktu dan ilmu tentang investasi maka cobalah dengan reksadana. Keuntungan-keuntungan yang saya sebutkan diatas masih keuntungan kecil. Banyak keuntungan besar yang bisa dimiliki jika mulai bereksadana dari sekarang. Seperti merencanakan kapan beli rumah atau liburan ke Eropa selama sebulan penuh. 

Mari coba berinvestasi dan hitung perencanaan kamu di IAMplaned.com

Comments

  1. Saya tertarik sekali dengan reksadana, cuma yang jadi pertanyaan sampai hari ini adalah bagaimana cara memulainya. Karena sampai hari ini saya nggak punya pengetahuan untuk yang satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal klik websitenya aja mas gampang kok :)

      Delete
  2. iamplaned.com This site can’t be reached :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba