Mari menjadi "Hero" dengan Citizen Journalism Dompet Dhuafa

Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet setiap tahunnya, siapa saja kini bisa mengakses internet mulai dari anak kecil hingga dewasa. Namun sayangnya masih banyak ditemui konten negatif dibandingkan konten positif dan masyarakat banyak yang belum siap dalam memfilter konten yang tidak layak.



Karena keprihatinan itulah salah satu lembaga yang aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan Dompet Dhuafa mengadakan lomba citizen journalism termasuk di dalamnya yaitu lomba video blogging dan menulis blog dengan tema "Indonesia Move On" pada bulan April hingga Mei 2014. Tujuan diadakan lomba ini adalah agar dapat menciptakan konten yang positif bagi masyarakat di dunia maya.



Pada Acara Gathering yang diadakan Dompet Dhuafa pada 16 November 2014 Di Demang Cafe Sarinah Bp Salman selaku perwakilan dari Dompet Dhuafa mengatakan bahwa jika kita membuka internet dan mengetik kata SMP dan SMA pada mesin pencarian maka akan muncul kasus asusila atau kasus negatif lainnya.



Maka Dompet Dhuafa secara gotong royong berusaha memberikan konten yang positif dan mengedukasi masyarakat agar bisa berbuat banyak untuk Indonesia. Hero sendiri bagi pak Salman adalah semua bisa menjadi pahlawan selama membawa manfaat bagi orang lain termasuk para blogger.



Selanjutnya Mba Ani Ema Susanti sebagai juara III dalam kategori film dokumenter sharing video Kemitraan Sapi di Cijambe dengan tokoh Bapak Supriyadi. Alasan memilih tokoh tersebut karena melihat pengorbanan seorang peternak dengan menjaminkan seluruh asetnya agar setiap warga bisa memiliki 3 ekor sapi di tempatnya.



video atau blog adalah alat untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat maka hal pertama yang dilakukan ialah riset agar data dan materi yang disampaikan lebih valid dan bisa dipertanggung jawabkan.

Hero sendiri bagi mba Ani ialah unik karena memiliki akal dengan pemikiran yang khas dalam setiap individu asalkan bisa bermanfaat minimal untuk diri sendiri.



Sharing terakhir dilakukan oleh Fajar Firmansyah selaku volunteer Dompet Dhuafa mengatakan awal kegiatan sosial Dompet Dhuafa ialah Gerakan Mukena Bersih pada Maret 2013. Fajar sendiri bergabung sebagai volunterr saat puasa tahun 2013 dengan membuat film dokumenter di Medan dan Sinabung.

Jika ingin bergabung sebagai volunteer Dompet Dhuafa caranya cukup mudah cukup membuka website www.dompetdhuafa.org lalu mengklik volunteer, jika tidak sempat turun langsung ke lapangan maka bisa juga membantu dengan menyebarluaskan kegiatan melalui social media facebook dan twitter atau mengumpulkan donasi berupa uang dengan transfer.

Hero sendiri bagi Fajar ialah bisa membahagiakan orang lain serta mengubah duka menjadi suka termasuk di dalamnya para blogger dengan memberikan berita positif maka bisa membahagiakan orang lain.

Sebelum acara ditutup Dompet Dhuafa mengadakan pemilihan ketua Komunitas Citizen Journalism Dompet Dhuafa yang dipimpin oleh Mba Anas agar memudahkan jika Dompet Dhuafa akan mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan para blogger.

Comments

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba