Tempat Ngumpul dan Ngobrol Seru Di Kedai Ketan Susu Cilandak

"Wah, panas banget ya siang ini?? Cari tempat yang adem yuk buat ngumpul!" Itulah kalimat yang diucapkan teman saya ketika kami mau bertemu dan berkumpul di akhir pekan. Saya dan teman biasanya lebih suka bertemu di tempat yang bukan mall seperti taman terbuka, perpustakaan, museum dan cafe yang tidak terlalu ramai atau berisik. Kami bukannya tidak suka dengan mall,  namun kadang kami jenuh dengan suasana mall yang sudah sering kami lihat dan kami juga gak mau boros berhubung anak kost jadi kami lebih memilih tempat yang tidak membuat kami jadi konsumtif atau lapar mata. Saya dan teman memiliki hobi yang sama salah satunya mencoba kuliner baru di tempat berbeda. Maka kami ingin merasakan makanan yang enak di tempat kuliner enak Jakarta Selatan.











Saya dan teman pun masing-masing mencari dan memilih tempat yang enak dan seru buat berkumpul di akhir pekan. Mencari tempat kuliner enak Jakarta Selatan bukanlah hal yang mudah karena banyaknya tempat yang menawarkan menu dan suasana yang nyaman. Namun ketika saya mendapat info dan undangan untuk kunjungan ke sebuah tempat makan di daerah Cilandak, saya jadi penasaran seperti apa ya tempatnya?? enak gak ya buat ngumpul dan ngobrol bareng temen?? akhirnya penasaran itu terjawab ketika saya dan teman-teman blogger mendatangi Kedai Ketan Susu di Cilandak tanggal 19 April 2015. Tempat ini tidak jauh dari mall yang terletak di Jl. TB Simatupang yaitu Cilandak Town Square. Setelah berjalan lumayan jauh dan panas, akhirnya saya tiba sekitar jam 12.30. Menu yang saya pesan saat itu ialah jus lidah buaya, nasi dendeng balado dan ketan susu srikaya.





Sambil menunggu makanan dan minuman tiba, saya dan teman-teman blogger menyimak pengalaman pak Iman Julian Harahap dalam mengelola bisnis Kedai Ketan Susu Cilandak. Awalnya pak Iman memiliki hobi jalan-jalan dan mencicipi kuliner khas di negara atau tempat tertentu. Dari situlah muncul keinginan untuk membuka usaha yang bergerak di bidang kuliner dan menjual makanan khas Indonesia. Selama berkeliling dunia dan menuntut ilmu di Amerika, membuat pak Iman merasa rindu dengan makanan Indonesia. Karena itu ia terdorong untuk melestarikan dan mempopulerkan makanan dari Indonesia.

Setelah mengumpulkan keberanian dan konsep yang matang, maka di Februari 2011 dengan modal hanya 13 juta pak Iman memberanikan diri memulai bisnis restoran dengan konsep kedai. Suasana yang ingin diberikan ke pengunjung ialah suasana yang nyaman, bersih, fasilitas yang lengkap seperti musholla, toilet dan akses internet gratis. Kedai tersbut diberi nama Kedai Ketan Susu. Kenapa Ketan Susu? Jawabannya ialah karena ketan dan susu makanan yang sudah dikenal banyak orang selain itu hampir tiap daerah memiliki olahan ketan yang unik namun belum ada yang cocok di lidahnya.






Tak terasa pukul 13.00 makanan dan minuman pesanan saya pun tiba yaitu nasi dendeng balado dan jus lidah buaya. Begitu meminum jus lidah buaya, tenggorokan saya terasa segar karena cuaca saat itu sedang panas dan butuh minuman yang dingin dan menyegarkan. Kemudian saya menyantap nasi dendeng balado, awalnya saya sempat khawatir karena balado identik dengan rasa pedas sedangkan saya tidak terlalu suka pedas. Namun ketika saya memakannya rasa dendeng manis dan tidak terlalu pedas cocok dengan lidah saya yang menyukai makanan yang tidak terlalu pedas namun juga tidak terlalu manis.







Ketika saya memakan menu tersebut, saya merasa sejuk dengan angin semilir yang bertiup dari pohon di halaman Kedai Ketan Susu. Suasana yang membuat saya merasa nyaman karena saya lebih suka angin yang berasal dari udara terbuka dibandingkan penyejuk ruangan. Dalam Kedai Ketan Susu Cilandak terdapat pula halaman di sebelah kiri dan kanan seperti halaman di belakang rumah dan kolam tempat penyu bermain. Tempat yang cocok untuk keluarga berkumpul karena selain makanan yang enak, halaman yang luas dan rindang, terdapat kolam penyu yang bisa dinikmati anak-anak.





Jika saya suka kerepotan mencari musholla atau tempat ibadah di kafe atau restoran, ternyata hal itu tidak saya alami ketika berada di Kedai Ketan Susu Cilandak. Karena sang pemilik paham betul kalau tempat makan juga harus bisa memberikan kenyamanan dengan menyediakan tempat ibadah yang bersih dan rapi. Uniknya ketika saya mengambil air wudhu terdapat dua kran untuk tangan dan kaki dan air yang mengalir pun lancar sehingga mempermudah saya untuk beribadah. Seusai sholat, menu ketan susu yang saya tunggu pun tiba, ketan susu srikaya langsung saya coba. Rasanya enak dan manis cocok bagi penyuka makanan manis.






Seusai mendatangi Kedai Ketan Susu Cilandak, saya pun langsung merekomendasikan tempat ini karena tempat ini menyajikan kuliner enak dengan harga terjangkau dibawah 100 rb setiap menunya dan berada di lokasi yang strategis di Jakarta Selatan. Awal bulan Mei saya ingin kembali bersama teman saya untuk berkumpul dan ngobrol dengan suasana yang santai dan nyaman di Kedai Ketan Susu Cilandak dan menu yang bersahabat dengan kantong anak kost seperti saya.




Tempat ini bisa jadi referensi utama saya untuk mencicipi kuliner Jakarta Selatan bersama teman dan keluarga. Bagi yang suka ngumpul seharian sambil cari ide nulis atau kerjaan lainnya Kedai Ketan Susu Cilandak buka setiap hari dari jam 09.00 sampai jam 23.00 dan untuk alamat lengkap kedai ini berada di Jl. Cilandak Tengah No 3 Telp 021-96313585. Habis makan gak afdol kalau gak eksis di social media, bagi yang mau update status sambil upload foto bisa mention dan like facebook dan instagramnya yaitu : Kedai Ketan Susu Cilandak dan @ketansusu. 

Comments

  1. kapan-kapan kalau ke cilandak nyobain ahh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cobain aja mba enak loh makanan dan tempatnya :)

      Delete
  2. Aku sudah coba..sayang sewaktu kesana nasi burih dan juice lidah buayanya tidak tersedia padahal mupeng berat dgn nasi burihnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang banget ya coba dateng lagi aja mba biar bisa makan nasi burihnya :)

      Delete
  3. Kebayang-bayang ketupat sayur medan, nasi burih dan kopi susunya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jangan dibayangin Mba langsung dimakan aja hehehe :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

Dorong Motivasi Diri Untuk Memiliki Rumah Tanpa Hutang