Memeriahkan Hari Kartini Dengan Mengikuti Kelas Yoga

Bulan April lalu, diperingati sebagai hari Kartini yang mewakili emansipasi perempuan di Indonesia. Biasanya perayaan hari Kartini dimeriahkan dengan upacara, lomba,karnaval, atau kegiatan formal lainnya. Tahun ini saya mencoba melakukan hal yang berbeda namun masih berkaitan dengan semangat Kartini dalam membuat perubahan. 


Kegiatan pertama ialah menonton film "Kartini" yang disutradarai Hanung Bramantyo dengan sederet aktor dan aktris berprestasi. Dalam film tersebut digambarkan pemikiran dan semangat Kartini yang revolusioner di era yang penuh keterbatasan. Setelah menonton film tersebut saya pun bersyukur dilahirkan dalam keadaan lebih baik dan mendapatkan dukungan untuk berkembang menjadi lebih baik. 

Menurut saya saat ini banyak perempuan Indonesia yang berhasil menunjukkan prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Tuntutan peran terhadap perempuan pun menjadi lebih kompleks tidak sekedar ibu atau istri namun juga pencari nafkah dan pemimpin di sebuah perusahaan atau organisasi. Nah untuk menjalankan peran itu tentu tidak mudah. Butuh konsentrasi dan dukungan lingkungan sekitar agar bisa lebih optimal dalam menjalankan aktivitas dengan berbagai peran.


Kegiatan kedua yang saya ikuti ialah kelas yoga pada tanggal 26 April 2017 di hotel Best Western The Hive Hotel. Kenapa saya memilih yoga? karena saya menyadari sekarang jarang berolah raga di tengah berbagai aktivitas dan dengan yoga bisa menenangkan diri atau menambah konsentrasi. Walaupun datang terlambat, saya masih bisa mengikuti sesi yoga dari awal sampai selesai.

Kelas yoga diadakan bekerja sama dengan tabloid Wanita Indonesia dengan mengajak mba Ayu sebagai instruktur yoga. Sebelum mulai mba Ayu menjelaskan secara singkat bagaimana melakukan yoga dengan benar. Agar bisa melakukan gerakan yoga dibutuhkan konsentrasi, kesabaran, dan pernafasan. Memang tidak mudah untuk konsentrasi penuh namun bisa diusahakan dengan melupakan sejenak masalah rumah tangga atau pekerjaan.


Cara lainnya ialah dengan menjauhkan dari telepon selular saat melakukan yoga agar bisa konsentrasi saat melakukan gerakan yoga. Tak lama yoga pun dimulai dengan gerakan yang sederhana dan pernafasan yang pelan melalui hidung secara perlahan-lahan. Beberapa bagian tubuh terasa sedikit nyeri seperti punggung, paha, perut dan betis. Hal ini karena sudah lama saya tidak berolah raga sehingga otot terasa kaku.



Walaupun beberapa gerakan saya kurang tepat, namun mba Ayu dengan sabar mau mengoreksi dan memberikan contoh gerakan yang tepat. Dalam melakukan yoga tidak perlu memaksakan diri agar seperti orang lain karena kondisi tubuh setiap orang berbeda. Lakukan sesuai kemampuan dan pernafasan yang benar agar bisa merasakan manfaatnya.


Sekitar 45 menit yoga pun diakhiri dengan berbaring dengan iringan musik dan lampu dipadamkan agar tubuh bisa rileks dan menjadi segar. Begitu lampu dinyalakan dan duduk lega rasanya mengikuti yoga hingga selesai. Walaupun hanya sebentar namun bisa membantu menyegarkan pikiran dari rutinitas. Selesai yoga tabloid Wanita Indonesia memberikan beberapa hadiah bagi yang bisa yang bisa menjawab pertanyaan. Dengan sedikit keberanian saya menjawab pertanyaan akun dan mendapatkan hadiah tas yang keren dari Sophie Martin.



Senang bisa mengikuti kelas yoga karena saya bisa berolah raga dan merilekskan pikiran serta tubuh di hotel yang strategis. Hotel Best Western Premier The Hive merupakan bintang lima yang berlokasi di Jl. D.I Panjaitan Kav 3-4 Jakarta Timur yang dekat dengan tol sehingga strategis jika ingin ke Bekasi atau Jakarta. Dengan total 191 kamar hotel Best Western Premier memiliki fasilitas yang lengkap dari ruang meeting, tempat fitnes, kolam renang, restoran, spa dan laundry.

Semoga bisa datang kembali ke hotel ini untuk menginap bersama keluarga sehingga bisa merasakan fasilitas yang dimiliki dan bisa mengikuti kembali kegiatan Tabloid Wanita Indonesia secara rutin. Untuk info promo, kegiatan, atau fasilitas hotel Best Western Premier The Hive bisa follow akun sosial media instagram atau twitter @bwpthehive.

Comments

  1. Di sini juga ada, tapi bellydance. Jadinya senam sambil pakai kebaya. Hehehehe

    ReplyDelete
  2. Peringatan hari Kartini tahun ini memang meriah di mana2. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Liburan Akhir Pekan di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Bingung Mau Beli Makan Tapi Gak Bisa Delivery ?? Gojek Food Solusinya

ulasan film sokola rimba