Kilau Digital Permata Flobamora Siap Pasarkan Produk NTT Ke Mancanegara

Nusa Tenggara Timur atau NTT kini menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kekayaan alam, budaya menjadi daya tarik yang memikat sehingga menjadi mata pencaharian penduduk. Melihat potensi ini, pemerintah pun bersiap agar ekonomi bisa bangkit di saat pandemi. 


kilau permata flobamora


Sudah setahun terakhir pemerintah mengajak masyarakat untuk Bangga Buatan Indonesia supaya produksi UKM bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Salah satu produk yang layak untuk didukung secara nasional berasal dari daerah NTT.  Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengusung tema Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alor) akan menyelenggarakan puncakacaranya pada Jumat, 18 Juni 2021, pukul 08.00 WITA besok di Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT.


johny g plate



Acara puncak Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora tersebut akan dilaksanakan dalam bentuk forum tatap muka (offline) dan online melalui aplikasi Zoom dan akun YouTube Ditjen IKP Kominfo, serta disiarkan juga secara live di TVRI, Metro TV, iNews TV, dan radio RRI.

Beberapa tamu undangan VVIP yang akan hadir baik secara offline maupun online antara lain adalah Presiden Joko Widodo, Luhut Binsar Pandjaitan (Menkomarves), Johnny G. Plate (Menkominfo), Perry Warjiyo (Gubernur BI), Tito Karnavian (Mendagri), Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Sandiaga Uno (Menparekraf), Erick Thohir (MenBUMN), Teten Masduki (MenkopUKM), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), Ririek Adriansyah (Dirut Telkom), dan Edistasius Endi (Bupati Manggarai Barat).

Semua tamu undangan mendukung peresmian Kilau Digital Flobamora karena inilah saatnya kekayaan budaya dikenal luas karena jaringan 5G pun sudah diresmikan oleh Kemkominfo yang didukung beberapa operator seluler besar dalam negeri. Kemudahan ini tentu harus dimanfaatkan agar masyarakat sekitar Flores, Sumba, Tmor dan Alor bisa mendapatkan pengetahuan dan menjual produk kerajinan hingga ke berbagai tempat. Pemerintah juga terus memberikan pelatihan digitalisasi UMKM baik secara online maupun offlien dan kemudahan perizinan sehingga roda perekonomian masyarakat bisa terus berputar.

Acara peresmian Kilau Digital juga menampilkan Virtual Expo yang akan menampilkan secara virtual produk-produk UMKM yang telah dikurasi oleh mitra Top Brand seperti Telkom, Bank Indonesia, serta marketplace. Virtual Expo tersebut juga membuka kesempatan untuk seluruh masyarakat di Indonesia untuk membeli produk-produk dari para pelaku UMKM di NTT.

Dalam kesempatan tersebut para VVIP juga akan berbincang mengenai kemajuan UMKM di Indonesia, khususnya di NTT. Ada juga sesi talkshow bersama marketplace yang akan menghadirkan narasumber Ketua Umum idEA dan CEO Grab yang membahas peluang bisnis.

Keindahan tenun khas Flobamora NTT juga akan ditampilkan dalam acara fashion show yang akan dipimpin oleh Julie Laiskodat (Ketua Dekranasda Provinsi NTT). Selain itu akan ada hiburan musik dan juga Bazaar Expo produk-produk khas NTT dari UMKM.


website flobamora



Agar masyarakat luas bisa melihat keindahan alam dan budaya di NTT sekaligus membeli produk UKM bisa mengakses website https://www.kilaudigitalflobamora.id. Di website ini terdapat informasi antara lain Desa Wisata Go Digital, Pelatihan UMKM, Digital Produk dan Pameran Virtual. Jika ingin membeli produk tenun, bisa memilik pameran virtual lalu exhibition hall dan klik fashion. Nanti akan muncul beberapa pilihan toko di bawah yang dipilih lalu klik gambar keranjang akan muncul pilihan barang yang bisa dibeli. Pilihan pembayaran bisa ditransfer ke rekening BRI atau melalui barcode atau QRIS. 


produk fashion NTT


handbag dan topi NTT



Nah sekarang makin gampang belanja produk UKM asli dari NTT karena  sudah ada website yang membantu pengrajin memasarkan hingga ke berbagai kota atau negara. Yuk dukung produk NTT mendunia dengan Bangga Buatan Indonesia. 


pilihan pembayaran fashion NTT




















Comments

Popular posts from this blog

Kulit Sehat Dan Lembut Dengan Sabun Klorofil K-Link

ulasan film sokola rimba